Home » » Legenda Rakyat Dunia Menyangkut Bulan

Legenda Rakyat Dunia Menyangkut Bulan

Selamat Datang


Mohon dibantu Rate gan

Jika agan berkenan Rekomendasikan jadi HT

Pertama-tama cek Repost dulu gan
Spoiler for Repost?

Sumber Thread ini didapat atas Artikel yang ditulis di http://kathrynvercillo.hubpages.com

Bulan adalah ciptaaan Tuhan yang Indah. Ketika menatap nya kau merasa terpesona dan terpukau akan keindahan dan aroma mistik nya, tak ada yang bisa menyangkal itu bukan? Bahkan bulan sudah menjadi pusat perhatian diseluruh dunia dari dulu. Karena banyak nya manusia yang terpikat akan bulan, akhirnya melahirkan bermacam-macam legenda tentang bulan.
Dibawah ini adalah beberapa legenda dan mitos rakyat dari belahan dunia tentang bulan.
Happy reading


Quote:1. Chang'eQuote:Ada sebuah kisah atau legenda terkenal Tiongkok tentang seorang gadis yang dikisahkan tinggal di bulan. Terdapat banyak macam alur cerita dikisah ini, tapi inti dari kisah ini adalah bercerita tentang sepasang suami istri yang dulunya Abadi dibuat menjadi tak abadi karena kelakuan buruk mereka. Karena nya, mereka mencoba menjadi Abadi lagi dengan menggunakan sebuah Pil, tapi sayangnya Chang'e menjadi serakah dan menggunakan terlalu banyak Pil untuk menjadi abadi. Sehingga pada akhirnya Chang'e terangkat ke bulan, dan tak dapat turun lagi ke bumi.

Quote:2. Moon Rabbit
Quote:Mitos ini cukup menarik untuk dibahas, karena mitos ini menjadi kisah dari beberapa Negara. Kelinci bulan dikisahkan sebagai salah satu teman Chang'e ketika berada di bulan. Dan juga Kelinci bulan merupakan simbol yang sering muncul di mitos Jepang dan Korea.

Quote:3. Selene / LunaQuote:Ini adalah nama dari Dewi Bulan dari legenda Yunani dan Roman. Di legenda ini bercerita bahwa Selena adalah adik dari Dewa Matahari Helios. Helios bertugas untuk menjelajah dunia pada siang hari, sedangkan Selena bertugas untuk Berjalan pada malam hari. Dia diceritakan sebagai Dewi yang memiliki banyak kisah cinta dan pasangan. Sebelum akhirnya berakhir dengan Endymion.

Quote:4. Tecciztecatl
Quote:Setelah Dewa Matahari ke-empat hilang. Suku Aztecs percaya para dewa-dewi berkumpul untuk memilih siapa dewa selanjutnya yang akan menjadi Matahari selanjutnya. Mereka membuat api unggun untuk ritual pengorbanan pemilihan Matahari selanjutnya. Dua dewa, Nanauatl dan Tecciztecatl mendapat kehormatan. Nanauatl dewa yang miskin dipilih untuk menjadi matahari selanjutnya. Tecciztecatl yang sombong memaksa untuk mendapat kehormatan itu, namun ketika dimomen terakhir menjadi ragu. Nanauatl menunjukkan keberanian lebih dan melompat kedalam api. Tecciztecatl mendapat kan kembali keberaniannya dan langsung melompat kedalam api unggun mengikuti Nanauatl, terbentuk lah dua matahari di langit. Para dewa yang terdiri dari orang kaya, menjadi marah karena Tecciztecatl yang mana seorang kaya juga malah memilih mengikuti Nanauatl yang miskin. Maka mereka melempar kelinci kepada Tecciztecatl, sehingga meniggalkan bekas lebam berbentuk kelinci pada nya, itu juga menyebabkan cahaya Tecciztecatl memudar, sehingga dia hanya bisa dilihat pada malam hari.
Sumber Wikipedia


Quote:5. AnninganQuote:Suku Inuit dari alaska dan Greenland memiliki cerita yang cukup mengerikan tentang Bulan. Mereka percaya bahwa Anningan, dewa bulan, memperkosa saudara perempuannya, Dewi Matahari. Mereka percaya sampai sekarang Anningan masih mengejar saudaranya itu untuk dapat memilikinya. Itulah sebabnya dia terus mengikuti matahari tiap harinya. Perubahan bentuk bulan dikisahkan karena Anningan terus menerus mengejar matahari, sampai dia kelaparan dan menghilang sementara untuk mencari makanan, agar punya tenaga untuk mengejar matahari lagi.

Quote:6. MawuQuote:Kisah ini lebih bahagia dari pada cerita Anningan. Legenda ini berasal dari Africa yang bercerita tentang Mawu dewa bulan yang selamanya terikat dengan dewi matahari Liza. Dipercaya bahwa gerhana bulan dan matahari dikarena kan mereka sedang bercinta di langit. Mitos ini jelas bercerita tentang kekuatan Bulan, Matahari, Langit, Cinta dan Keinginan.

Quote:7. RonaQuote:Legenda ini berasal dari suku Maori di New Zealand. Legenda ini bercerita tentang wanita muda bernama Rona yang membuat kesal bulan. Karena marah, bulan meraih Rona dan membawanya kebulan. Di legenda tersebut, Rona mencoba menggengam pohon, namun tetap tidak berpengaruh. Sehingga dia membawa pohon itu bersamanya ke Bulan.

Quote:8. Nini Anteh
Quote:Original Posted By cocacola â–º
Jangan lupakan juga yang dari Indonesia, Legenda Nini Anteh, Penunggu Bulan...
Quote:Jadi, sebenarnya Nini Anteh merupakan tokoh imajiner yang dibuat masyarakat Sunda zaman dulu di kala mereka melihat bulan purnama. Nah, kalau Sobat Djadoel perhatikan bulan pada saat bulan purnama, Sobat Djadoel akan melihat bercak hitam yang mirip dengan pulau yang ada di bumi pada bulan tersebut. Terkadang, bercak hitam itu pun menyerupai seorang nenek-nenek yang sedang menenun sambil seekor kucing.. Dan sebagian masyarakat Sunda zaman dulu meyakini bercak hitam itu sebagai sosok Nini Anteh.
Sumber Djamandoeloe

Baiklah sekian dari ane, Terima kasih telah membaca trit sederhana ane ini.
Mohon di koment, agar tercipta diskusi. dan Jangan lupa tambahan dari agan, ntar ane taruh di pejkwan.
Kalau berkenan bagi ane
Mohon bantu Rate juga

Jika agan berkenan Rekomendasikan jadi HT

Spoiler for SUMBERArtikel ini diolah ke bahasa Indonesia oleh TS pribadi. Jadi jika ada kalimat yang kurang pas tolong beritahu ke TS.
Gambar di comot diGoogle

[Mari berkunjung ke Thread ane yang lain
Quote:Kutipan Paling Memorable dari Tokoh AnimeHT #1
Anime & Manga dan Pelajaran kehidupan darinya
7 Alasan Seseorang menjadi Penggemar Anime HT #2
Sial Moment Itu....
Manusia dan Penjelajahan Luar Angkasa
Apasih yang paling Kamu takutkan?
Cerita Dibalik Ide Pembuatan Manga
kumpulan Meme mereka yang gagal dalam pekerjaannya.
Scene Memorable di Anime
Kumpulan Foto Mereka yang Gagal sebagai Orang Tua.
Foto yang Menunjukkan bahwa Afghanistan Negara yang Damai sebelum Perang
Potret Kesamaan Genetic dalam Keluarga


Terimakasih yang telah memberi Cendol dan Abu nya ke Ane..

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/545c848560e24bd8438b456b

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger