Home » » Perbedaan Bilangan, Angka, dan Nomor

Perbedaan Bilangan, Angka, dan Nomor



SELAYANG PANDANG
Quote:Thread ini adalah murni susunan ane sendiri yang ane buat dari berbagai sumber. Jika ada kesamaan dalam judul, isi tulisan, gambar, dan sebagainya (alias repost) baik sebagian ataupun keseluruhan, itu hanyalah suatu ketidaksengajaan yang tidak direkayasa.
Selamat membaca!

Tentu kita semua sudah mendengar “bilangan”, “angka”, dan “nomor”. Mungkin sebagian dari kita menganggap bahwa ketiganya sama saja, tapi ternyata ketiganya mempunyai perbedaan lho???
Spoiler for Lihat
Sekedar mau berbagi aja nih, ane mau ngebahas tentang perbedaan ketiganya. Ingat ya, ane cuma berbagi bagi yang mau dibagi, bagi yang nggak mau nggak papa, tapi ane nggak menerima kata terserah, masa bodoh, nggak mau mikirin, au ah gelap, atau lainnya lho, wkwkwkwk.... becanda gan.

Secara matematis (mungkin dari sudut pandang lain beda) bilangan, angka, dan nomor memiliki perbedaan yang mendasar.

Bilangan
Quote:Spoiler for Lihat
Bilangan adalah suatu konsep matematika yang digunakan untuk pencacahan dan pengukuran. Dalam matematika, konsep bilangan selama bertahun-tahun lamanya telah diperluas. Bilangan yang paling luas disebut bilangan kompleks, yang dapat dibagi menjadi bilangan-bilangan yang ditunjukkan pada bagan berikut.
Spoiler for Lihat
Contoh macam bilangan:
Bilangan Bulat = { ..., -2, -1, 0, 1, 2,... }
Bilangan Cacah = { 0, 1, 2, 3, ... }
Bilangan Asli = { 1, 2, 3, ... }
Bilangan Prima = { 2, 3, 5, 7, 11, 13, ...}
Bilangan Genap = { 2, 4, 6, ... }
dll.

Angka
Quote:Spoiler for Lihat
Angka adalah suatu tanda atau lambang yang digunakan untuk melambangkan bilangan. Misalnya, bilangan sepuluh dapat dilambangkan menggunakan angka Hindu-Arab "10" (sistem angka berbasis 10/desimal), menggunakan angka Romawi 'X', atau angka lainnya. Lambang "1", "0", dan "X" yang digunakan untuk melambangkan bilangan sepuluh disebut sebagai angka.
Arti kata ‘angka’ lebih mendekati arti kata ‘digit’ dalam bahasa Inggris. Nampaknya belum ada kata dalam bahasa Indonesia yang merupakan terjemahan secara tepat dari ‘digit’. Dalam hal ini, sebuah atau beberapa angka lebih berperan sebagai lambang tertulis atau terketik dari sebuah bilangan. Sesuai dengan arti kata ‘digit’, lebih baik pengertian angka dibakukan dengan batasan agar hanya ada sepuluh angka yang berbeda, yaitu 0, 1, 2 …, 9.

Nomor
Quote:Spoiler for Lihat
Nomor biasanya menunjuk pada satu atau lebih angka yang melambangkan sebuah bilangan bulat dalam suatu barisan bilangan bulat yang berurutan. Misalnya kata 'nomor 2' menunjuk salah satu posisi urutan dalam barisan bilangan-bilangan 1, 2, 3, 4, ..., dst. Kata "nomor" sangat erat terkait dengan pengertian urutan. Misalnya Rino ditanya dia anak keberapa? Dan dia menjawab “Saya anak kedua”. Berarti Rino itu anak dari kedua orang tuanya dalam urutan yang kedua. Dan ingat angka 0 bukan termasuk nomor karena nomor hanya istilah untuk Bilangan Asli.


Untuk lebih jelasnya tentang perbedaan bilangan, angka, dan nomor, perhatikan contoh penjelasan berikut!
Misal ane punya ini
Quote:135
Hayo mana yang dimaksud angka dan mana yang dimaksud bilangan?
Pada “135″ terdapat tiga angka, yaitu angka 1, angka 3, dan angka 5. “135” merupakan bilangan yang melambangkan suatu kuantitas (misal: panjang, berat, umur, dan lain-lain). Sedangkan 1″ ,”3”, dan “5″ merupakan angka-angka yang digunakan untuk melambangkan bilangan “135″. “1” menempati angka ratusan, “3” menempati angka puluhan, dan “5” menempati angka satuan.
Angka-angka 1, 3, dan 5 juga dapat digunakan untuk melambangkan bilangan-bilangan yang lain tergantung dari banyaknya angka yang digunakan dan juga tergantung posisi peletakan angka-angka tersebut. Seperti itulah mengapa 135, 315, 513 merupakan bilangan yang berbeda meskipun ditulis dengan angka-angka yang sama.
Sedangkan jika 135 menunjukkan suatu urutan, maka 135 disebut sebagai nomor. Misalnya jika merupakan nomor rumah (urutan rumah ke-135), nomor pendaftaran (pendaftar ke-135), dan lain-lain.

Tapi sekali lagi ane jelasin, ini secara matematis (konsep matematika). Dalam kehidupan sehari-hari, mungkin hal yang berbeda yang kita temui. Contohnya nomor telepon/hp. Angka-angka ini dinamakan nomor meskipun bukan merupakan urutan (nggak ada kan nomor telepon/hp 1 atau 2 atau 3).
Kadang pembacaan bilangan pun disamakan dengan angka. Misalnya dari mengukur panjang sebuah meja diperoleh hasil 95 cm. Secara matematis harusnya dibaca “sembilan puluh lima” sentimeter, tapi pembacaan “sembilan lima” sentimeter masih bisa diterima dan hal itu tidak menimbulkan salah arti antara pembicara dan pendengarnya.

Sumber
Quote:Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3
Sumber 4


Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/543899330d8b46964b8b4570

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)