Home » » Cuma Para Pencinta Sepeda Tua yang Merasakan Hal-Hal Ini

Cuma Para Pencinta Sepeda Tua yang Merasakan Hal-Hal Ini




Quote:MUKADDIMAH


(Koleksi Pribadi)
Onthelis adalah sebutan bagi Pencinta Sepeda Onthel, atau orang biasanya menyebutnya dengan sepeda tua atau sepeda kebo. Ane termasuk salah seorang diantaranya yang sudah sejak lama suka dengan sepeda tua tersebut, kebetulan ane punya sebuah sepeda yang ane beli dari seorang petani di kampung ane sendiri. Bersama beberapa orang teman sesama pencinta sepeda tua di kampung, sejak tahun 2007 ane mendirikan sebuah perkumpulan pencinta sepeda tua sebagai wadah berkumpulnya Onthelis di daerah ane, banyak suka dan duka yang ane dan teman-teman alami selama mengayuh sepeda tua ini. Ane yakin dan percaya bahwa apa yang ane alami dan rasakan dialami dan dirasakan juga oleh Onthelis lainnya di Negara ini. Dalam Thread sederhana ini ane akan sedikit memberikan gambaran seperti apa rasanya menjadi seorang Onthelis.

Semoga thread sederhana ini bisa Bermanfaat




Quote:Suara Hati Onthelis Dalam Tiap Kayuhan Sepeda Tuanya….

Quote:Cibiran itu Pasti Ada


(Koleksi Pribadi)

Yang namanya kita hidup, pasti lah ada yang suka dan tidak suka dengan apa yang kita lakukan, demikian juga halnya dengan hobby mengendarai sepeda tua, tidak jarang ane dan teman-teman sering mendapatkan cibiran dari orang-orang yang melihat, itu semua bukan lah sebuah masalah karena setiap orang berhak untuk memberikan penilaian masing-masing, terkadang kami dianggap sok, cari perhatian, kurang kerjaan, penyebab macet, kolot dan berbagai macam cibiran lainnya, melawan dengan senyuman adalah cara terbaik, karena jika kami membalas, itu sama saja artinya dengan menanamkan benih permusuhan.

Quote:Tidak Sedikit Juga yang Memberikan Apresiasi


(Koleksi Pribadi)

Meskipun yang mencibir banyak, namun tidak sedikit juga yang merasa salut dengan hobby kami tersebut, ada yang bilang unik, kreatif, antik dan sebagainya, Terhadap mereka yang memberikan kesan positif kami selalu mengucapkan terima kasih, tujuan kami bukanlah untuk itu, kami hanya menyalurkan rasa cinta terhadap sesuatu yang kami anggap baik, selain kegiatan itu menyehatkan, kami bisa menambah banyak teman dan saling berinteraksi dengan sesama serta memberikan dampak yang baik terhadap lingkungan. Alhamdulillah……

Quote:Mempertahankan Keaslian Sepeda Itu yang Utama


(Koleksi Pribadi)

Ada berbagai macam merk dan jenis sepeda tua yang ada di Negara ini, salah satu kebiasaan yang kami lakukan adalah merawat dan tetap mempertahankan keaslian sepeda tersebut, ketika kami “berburu” sepeda, hal yang utama dicari adalah kelengkapan dari sepeda tersebut, kalaupun ada kekurangan, mungkin hanya sedikit dan bisa diganti oleh onderdil yang masih banyak diperjual belikan, mempunyai sepeda dengan perlengkapan dan aksesoris aslinya adalah sebuah kebanggan tersendiri bagi para pencinta sepeda tua.

Quote:Modifikasi ? Siapa Takut….!!!


(Koleksi Pribadi)

Meskipun yang utama adalah mempertahankan keaslian sepeda tua, namun tidak sedikit pula dari para onthelis yang melakukan modifikasi terhadap sepedanya, biasanya yang dimodifikasi itu adalah sepeda tua jenis rakitan dan tidak mempunyai merk, yang paling sering dilakukan adalah menambahkan aksesoris tambahan, mengecat rangka dengan berbagai macam warna yang mencolok serta menambahkan barang-barang lain yang dianggap perlu dan mendukung, jadi jangan heran jika suatu saat agan menemukan sepeda tua dengan tampilan yang modern.

Quote:Tiap Sepeda Memiliki Cerita


(Koleksi Pribadi)

Untuk mendapatkan sepeda tua tentu saja yang paling mudah dengan membeli, banyak sekali ditemukan di situs-situs penjualan online orang menjual sepeda tua dengan berbagai macam merk dan variasi harga, namun tidak semua sepeda yang dimiliki oleh onthelis itu adalah hasil jual beli, ada juga yang merupakan “warisan” dari orang tua atau kerabat. Tempat paling banyak bisa menemukan sepeda tua ini adalah di wilayah pedesaan, harganya pun cukup miring, biasanya memang para kolektor dan pencinta sepeda tua akan “berburu” sampai ke pelosok negri untuk mendapatkan apa yang dicari. Bahkan itu bisa menjadi sebuah usaha, membeli murah kemudian dijual mahal kepada para kolektor.

Quote:Berkumpul dengan Sesama Onthelis Itu Menyenangkan


(Koleksi Pribadi)

Salah satu kebiasaan dari para Onthelis adalah berkumpul dengan sesama pencinta sepeda tua, biasanya diikuti dengan acara ngonthel bareng, bahkan sampai mengadakan touring. Tentu saja hal itu merupakan sebuah kegiatan positif dan juga menyehatkan. Sekedar berkumpul saja dan bertukar fikiran serta informasi sudah sangat menyenangkan, suasana penuh dengan keakraban dan rasa persaudaraan yang tinggi, bertemu dengan onthelis lain pada sebuah perjalanan juga menjadi hal yang menyenangkan.

Quote:Sering Mendapatkan Undangan


(Koleksi Pribadi)

Jika sebuah perkumpulan Onthel itu sudah dikenal oleh perkumpulan yang lain dan lebih besar, biasanya jika ada sebuah acara maka secara otomatis perkumpulan tersebut akan diundang juga, kebetulan ane dan teman-teman sering mendapatkan undangan, paling banyak dari luar daerah. Namun tidak hanya sesama perkumpulan Onthel saja yang sering mengundang, bahkan Instansi Pemerintah dan swasta pun sering mengundang untuk memeriahkan jika mereka sedang mengadakan sebuah acara. Tentu saja undangan itu kami tanggapi dengan baik dan jika kebetulan ada waktu dan kesempatan kami akan berusaha untuk menghadirinya.

Quote:Menjadi Onthelis itu Spesial


(Koleksi Pribadi)

Mungkin kesannya sedikit membanggakan diri, namun memang begitulah kenyataannya, pada zaman dulu, onthel itu hanya dimiliki oleh para bangsawan atau orang-orang kaya dan sekarang pun tidak semua orang bisa memiliki onthel, hanya orang tertentu saja yang mau meluangkan waktu serta biaya untuk memilikinya. Sepeda onthel barangkali hanyalah sebuah sarana transportasi masa lalu. Meskipun begitu, peranan yang mampu diberikannya rasanya tak berhenti sebatas itu, karena ternyata begitu banyak nilai yang mampu dihadirkan oleh sepeda onthel, di antaranya adalah nilai persahabatan tanpa mengenal perbedaan diantara sesama pengendaranya sampai saat ini, mulai dari yang tua sampai yang muda, laki dan perempuan semua menyatu dalam sebuah rasa cinta dan dipersatukan oleh jiwa dan pemikiran yang sama. Kami sangat bersyukur bahwa di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, masih banyak kami lihat para pecinta sepeda tua diberbagai tempat di Negara ini, semoga tetap abadi selamanya.

"SALAM SAUDARA SEKAYUH"




Quote:
PENGALAMAN PRIBADI


Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/543fdbc312e25760648b4570

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)