Home » » 16 Dampak Negatif Dari Marah

16 Dampak Negatif Dari Marah





Spoiler for no repost

Quote:Quote:

Kemarahan adalah suatu emosi yang secara fisik mengakibatkan antara lain peningkatan denyut jantung, tekanan darah, serta tingkat adrenalin dan noradrenalin ane mau membahas efek buruk dari marah pada kesehatan agan Amarah bisa memakan sumber daya yang baik dari tubuh dan membuat kekurangan energi Apakah agan pernah merasakan pusing dan gangguan kesehatan lainnya saat emosi sedang tidak stabil, seperti marah misalnya Ternyata hal tersebut bukanlah sebuah kebetulan, emosi yang menyebabkan rasa marah juga bisa mengancam kesehatan agan
berikut ini merupakan beberapa risiko kesehatan saat agan tengah marah

Langsung aja ke TKP
16 Dampak Negatif dari Marah untuk Tubuh


Quote:Quote:1. Kemarahan dapat menyebabkan stres dan ketidakbahagiaan

Orang yang marah mungkin memiliki kecenderungan lebih stres dan jauh dari rasa bahagia dibandingkan dengan orang lain. Dari stres akibat rasa marah, hal tersebut dapat menimbulkan tekanan darah tinggi, tekanan mental dan emosi yang semakin tidak terkendali.

Quote:Quote:2. Kemarahan diketahui menyebabkan tekanan darah tinggi

Saat marah, sebenarnya seketika tekanan darah meningkat dan irama napas menjadi cepat. Pada beberapa kasus, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan sakit kepala mendadak.

Quote:Quote:3. Kemarahan dapat membuat agan rentan terhadap peradangan dan nyeri otot

Dalam ilmu kedokteran, pelepasan hormon yang disebut kortisol selama kemarahan diketahui menyebabkan otot untuk melenturkan dan menerima serangan energi dalam beberapa detik. Segingga pada akhirnya, pelepasan berulang Kortisol memiliki efek negatif seperti membuat tubuh rentan terhadap nyeri otot dalam jangka panjang.

Quote:Quote:4. Cepat letih

Ekspresi kemarahan tentu membutuhkan energi. Dalam proses itu, hormon stres akan meningkat dan pada akhirnya akan menguras habis energi tubuh.

Quote:Quote:5. Kesulitan untuk tidur

Pikiran negatif yang menguasai otak pastinya akan membuat si pemarah sulit untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Kerugian ini akan menyebabkan seseorang untuk lebih mudah terserang sakit kepala.

Quote:Quote:6. Kemarahan dapat melemahkan kekebalan tubuh

agan mungkin sering mendengar bahwa pikiran yang sehat adalah hati yang sehat. Kondisi mental seseorang memiliki dampak besar pada tingkat kekebalan tubuh.

Quote:Quote:7. Kemarahan dapat menyebabkan isolasi sosial

Selain efek samping medis, salah satu efek samping penting dari kemarahan bisa menjadi isolasi sosial. Tidak ada yang suka berada di sekitar marah, orang murung dan temperamental. Setelah agan mulai memiliki reputasi sebagai orang yang marah, kemungkinan orang menjauhkan diri dari agan.

Quote:Quote:8. Detak jantung yang lebih cepat

Orang yang sering marah dilaporkan juga memiliki detak jantung yang lebih cepat. Meski pasien tidak menunjukkan tanda-tanda cemas, sebenarnya tubuh mereka menunjukkan tanda-tanda ketakutan dan stres, seperti peningkatan hormon kortisol dan berkeringat.

Quote:Quote:9. Meningkatkan hormon stres

Ketika seseorang marah, maka salah satu bagian syaraf yakni hypotalamic pituitary menjadi hiperaktif. Bagian hormon inilah yang kemudian melepaskan hormon stres yang disbeut kortisol. Semakin banyak kortisol dikeluarkan, tekanan darah pun meningkat.

Quote:Quote:10. Stroke

Stroke otak terjadi ketika satu atau lebih pembuluh darah di otak pecah. Hal ini dapat terjadi ketika kemarahan membuat tekanan darah agan naik sangat tinggi. Stroke otak dapat membunuh agan atau melumpuhkan agan seketika.

Quote:Quote:11. Sakit kepala

Ketika agan marah, pembuluh darah di otak akan berdenyut liar. Hal ini dapat memicu rasa sakit di kepala. Cobalah untuk tenang segera, jika agan merasa nyeri di kepala agan karena dipicu oleh perasaan marah.

Quote:Quote:12. Masalah pernapasan

Marah juga dapat menyebabkan gangguan pernapasan seperti asma. Seseorang akan merasa sulit bernapas ketika ia marah. Kemarahan juga dapat memicu serangan asma dan membuat napas seseorang terengah-engah.

Quote:Quote:13. Sering sakit

Tahukah agan jika kita sering marah sistem imun kita akan menurun. Nah, jika sistem imun kita menurun otomatis penyakit pun akan lebih mudah menyerang kita.

Quote:Quote:14. Serangan cemas

Hal yang satu ini tentu bukan rahasia lagi. Akibat marah yang kita alami, dapat membuat perasaan cemas yang tak jelas terhadap berbagai hal. Kita pun akan menjadi lebih sensitif.

Quote:Quote:15. Depresi

Akibat stres berkepanjangan yang dialami pasca kita marah, ternyata dapat menimbulkan dampak lain yaitu depresi.

Quote:Quote:16. Gangguan pencernaan

Berbagai penyakit pencernaan seperti refluks asam, maag, atau sembelit akan muncul jika kita sering marah. Hal ini dikarenakan kadar asam lambung yang meningkat saat kita marah.


Quote:IBARAT api, marah bisa membakar seseorang dalam kondisi yang kian buruk. Tapi, semua orang bisa mengendalikannya dengan meningkatkan kemampuan menakar emosi yang dapat menjadi pemadam kebakaran paling efektif. รข€œSiapapun bisa marah. Marah itu mudah. Tetapi, marah pada orang yang tepat, dengan kadar yang sesuai, pada waktu yang tepat, demi tujuan yang benar, dan dengan cara yang baik, bukanlah hal mudah
Alangkah indahnya jika kita dapat menguasai diri dan menghidari kemarahan, sebab itu hanya akan merugikan diri sendiri dengan mengundang berbagai penyakit. maka dari itu kita lebih memilih untuk belajar sabar.


Quote:Tips Cara Mengendalikan Dan Menahan Amarah
1. Istirahat
Ketika Agan merasa marah, istirahat. Beri diri agan waktu untuk meredakan kemarahan agan. Pelan sedikit. Menjauh dari situasi atau orang yang yang membuat agan marah.

2. Ekspresikan kemarahan agan dengan benar
Setelah agan tenang dan berpikir jernih, ekspresikan kemarahan dengan cara yang asertif. Mengekspresikan frustrasi agan dengan berteriak. Nyatakan kebutuhan dan kekhawatiran agan secara jelas dan langsung tanpa menyakiti orang lain dan diri sendiri.

3. Latih tubuh agan
Jika masih sulit bagi agan untuk menenangkan diri dengan menjadi diam, mencoba berolahraga sebagai saluran untuk kemarahan agan. Sembuhkan kemarahan agan dengan berjalan-jalan.

4. Bersikaplah dewasa
Umumnya mereka yang dewasa secara akal, pikiran, dan lebih matang memiliki pengendalian diri yang baik. sebab dengan menahan diri untuk tidak marah agan merupakan seorang pria yang jantan karena bisa mengendalian amarah dan hawa nafsu yang bergejolak.

5. Pergi kekamar mandi kemudian cuci muka
Air dapat membersihakan kotoran dan mengalirkan segala sesutu. Jika agan sedang dalam keadaan marah sebaiknya lekaslah mengambil air.

6. Seringlah tertawa
Amarah dan humor memang tidak sama dan tak mungkin dalam satu waktu. Sehingga jika agan mau tertawa, dan tak ada salahnya agan menertawakan diri sendiri pada saat suasana mulai tidak mengenakkan hati maka amarah yang siap keluar bakal mereda.

7. Tingkatkan empati
Lihatlah situasinya menurut sudut pandang orang lain. Ini akan membuat agan menemukan kecakapan baru, bahwa agan bisa merasakan apa yang mereka rasakan. Maka, orang lain akan lebih menghargai agan.

8. Memaafkan
Betapa pun agan pernah luka di "hati" yang dalam membekas, cobalah untuk memaafkan...meskipun menurut agan hal itu tidak mungkin untuk dimaafkan. Cobalah melepaskan amarah dengan memaafkannya. Percayalah, agan akan merasakan "pelepasan beban" yang membuat hidup jauh lebih ringan untuk dijalani.

9. Toleransi
Belajar menerima orang lain seperti apa adanya, bukan ingin menjadikan mereka sesuai kehendak agan. Dengan sikap toleran ini, maka pada saat agan berbicara, itu akan lebih didengarkan oleh orang lain.

10. Berwudlu dan sholat
Berwudhu akan mengurangi panasnya "bara" amarah di dalam hati. Dan, sholat akan membuat pernafasan agan menjadi lebih pelan dan lebih rileks. Ini sebuah cara ampuh untuk menurunkan tekanan psikologis maupun stress.



Sekian Dulu Thread Dari Ane ini , Terima Kasih Banyak



TS sangat menyarankan


TS sangat mengharapkan


TS sangat menolak






Quote:
Bos Musuh Paling Sulit Dikalahkan dalam Dunia Game HT#1
Karakter Ninja di Mortal Kombat HT#2
Macam-Macam Racikan Kopi HT#3
Hansip masih ada ga sih gan jaman sekarang? HT#4
15 Cara Pekerjaan Kantor Merusak Tubuh Anda HT#5
Keterampilan Hidup Untuk Remaja (Life skills) HT#6
10 Cara Membuat Kopi Enak dan Mantap HT#7
17 Minuman TEH dan Manfaatnya Bagi Tubuh HT#8
Perkembangan Game Fifa dari Masa ke Masa HT#9
20 Karakter Video Game Paling Mengerikan HT#10
15 Soundtrack Musik Game Terbaik di Video Game HT#11
10 Jagoan Cewek Seksi Dalam Video Games HT#12
Mengenal Jenis-jenis Gula dan Kegunaannya HT#13
Mengenal Istilah dan Jenis-jenis Warna HT#14
10 Senjata Canggih yang Hanya Dimiliki AS HT#15
Mengenal Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI AU HT#16
13 Hal yang Kamu Rasakan dari Hubungan Lama HT#17
Manfaat Kantin Sekolah Selain Buat Tempat Jajan HT#18
10 Sosok Ibu Paling Memorable di Video Game HT#19

mengenal sudut pandang game ORI vs BAJAKAN dari seorang gamers
Tips Move On Dalam 60 Hari
Kerugian Jika Sayang Berlebihan Pada Sang Pacar
10 Jalur Kereta Api yang Menegangkan dan Menakutkan di Dunia
15 Alat Perang Berbahaya andalan ISIS
Fakta-Fakta Unik Tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia
[nostalgia] Anime Saint Seiya Yang Melegenda
Agan Pasti Terkejut Setelah Lihat 19 Foto Dari Jaman Dulu ini
16 Dampak Negatif dari Marah untuk Tubuh
Mau Sukses Jadi Marketing Lakukan 15 Langkah Jitu ini
WaGs Yang Dinantikan Kehadirannya di Tribun Penonton Piala Dunia Brasil

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/536f7109a4cb171d508b4810

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger