Home » » Jangan Takut Kalau Ditunjuk Sebagai MC Gan

Jangan Takut Kalau Ditunjuk Sebagai MC Gan



Selamat jam segini penghuni setia dimanapun anda berada..
Salam Kalong..
Pastinya pada sehat dong ya..
Mumpung masih diatas bisa di gan
Ane mau coba share aja nih beberapa ilmu yang menurut ane lumayan bisa menambah pengetahuan soal Master Ceremony aka MC atau soal public speaking..
Ane udah ijin sama Bang Alpha aka Sang Idola buat share ini ke Kaskus, dan beliau tidak mempermasalahkan...
Monggo di cekidot gan..

Spoiler for Cek Repsol

Berani Bicara Di Depan Publik

(dokumentasi pribadi Sang Idola MC acara Otobursa 2014)
Quote:Berbicara, adalah satu hal alamiah yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa kepada kita umat Manusia. Jadi sudah seharusnya semua Manusia mempunyai keberanian untuk berBicara / Menyampaikan.

Dalam Sharing ini saya akan share tentang Keberanian Berbicara di depan Publik; yang notabene tentunya anda tidak harus menjadi seorang Pembicara Publik / Public Speaker untuk dapat berani berBicara / Menyampaikan (",)

Di lingkup sebuah Keluarga yang adalah lingkup terkecil dari Public Speaking World; anda dan saya diTuntut minimal dapat menyampaikan sesuatu kepada salah satu anggota Keluarga kita ==> Contoh : Ayah berbicara kepada Anaknya; Ibu berbicara kepada Anaknya; Suami berbicara kepada Istrinya; Istri berbicara kepada Suaminya. Ini adalah contoh termudah dari keseluruhan Public Speaking World yang sangat Complicated.

Artinya begini, ketika anda dan saya melakukan suatu komunikasi searah kepada salah seorang dari anggota Keluarga ==> Itu berarti anda dan saya sudah melakukan peran sebagai Pembicara Publik / Public Speaker (",) ==> Ya benar, karena anda dan saya sudah berBicara / Menyampaikan dan ada orang yang mendengarkan.

Secara global saya akan Share bahwa keBeranian untuk anda dan saya dapat menjadi Berani untuk berBicara di depan Publik, adalah dengan memulainya dari keluarga anda dan saya sebagai lingkup terkecil dari masyarakat sosial yang amat sangat luas dengan tanpa adanya sangsi moral yang berlaku. Dan sangsi moral mungkin akan ada jika anda mulai meluaskan konsep Berani Bicara Di Depan Publik ini.

Saya akan tetap menulis dengan konsep Sharing dan BUKAN Teaching sesuai dengan pengalaman saya di Public Speaking World ini tentunya dengan Sharing Title yang berbeda (",)

Microphone

(gambar diambil dari dokumentasi pribadi Sang Idola MC)
Quote:Seorang MC / Host seyogyanya paham dengan kata Microphone atau Mikrofon ini. Seorang MC / Host jika memungkinkan lebih baik memiliki Microphone pribadi.

Bedakan Microphone untuk Bicara dan Menyanyi karena memang Microphonenya berbeda. Pilih Merek / Microphone Brand yang memang sudah tidak asing lagi yang biasa digunakan untuk Berbicara.

Disetiap Event sudah seharusnya Panitia / Klien / EO menyediakan Microphone untuk MC / Hostnya. Seorang MC / Host dapat membawa Microphone pribadi jika mau dan memilikinya. Sebatang Microphone adalah "Senjata Utama" untuk MC atau Host; karena itu adalah aset yang lumayan mahal; jadi jaga baik keberadaannya.

Disetiap Event pihak panitia Pasti (dan seHarusnya) menyediakan Microphone (karena tidak semua MC / Host memiliki Microphone pribadi). Jika memungkinkan request merek Microphone tertentu yang akan mendukung performance anda dan saya sebagai MC / Host.

FYI ==> Ada 2 type Microphone : 1. Wire (dengan Kabel); & 2. Wireless (tanpa Kabel).

Berdasarkan pengalaman, saya lebih memilih menggunakan Microphone Wireless Type. Kenapa ? Karena lebih memudahkan saya dalam mobilisasi di Stage, juga memudahkan saya untuk berinteraksi dengan Audience ==> Karena tidak dihambat oleh Wire / Kabel.

Menggunakan Microphone Wireless Type juga akan memudahkan anda jika harus Mingle (Berbaur dengan Audience). Saat ini "Mingle Concept" menjadi Trend & banyak diminati Klien. Kuncinya : Gunakan Microphone Wireless Type.

Microphone Wire Type lebih baik digunakan; jika sebagai MC / Host anda dan saya tidak terlalu banyak gerak. Wire Type ini lebih cocok digunakan untuk acara Formal, contoh : RUPS, atau Talkshow.

Untuk Outdoors Event atau Event santai; saya selalu menggunakan Microphone Wireless Type. Bagaimana dgn anda ??.

Selalu ingatkan Panitia dalam hal ini Soundman / Operator untuk menyediakan Battery cadangan untuk Microphone yang anda dan saya gunakan. Jika anda membawa Microphone pribadi, tentunya masalah Battery cadangan adalah hal yang harus anda persiapkan juga.

Seorang MC / Host seyogyanya dapat memperkirakan berapa Watt yang diperlukan untuk kebutuhan Microphonenya; dengan mendiskusikannya pada Klien / Panitia. Masukan saja : Outdoors Event diperlukan sekitar minimal 10.000 Watt (atau lebih). Music Event diperlukan minimal 10.000 Watt (atau lebih) ==> Lihat Skala Event juga siapa Band Group yang akan perform. Indoors Event minimal diperlukan 5.000 Watt dengan persiapan minimal 8.000 Watt - 10.000 Watt. Untuk perform anda di Mention / Hotel Ballroom diperlukan minimal 10.000 Watt (atau lebih), tanyakan pada pihak Hotel Banquet berapa biasa Watt yang diperlukan / digunakan.

Saya akan tetap menulis dengan konsep Sharing dan BUKAN Teaching sesuai dengan pengalaman saya di Public Speaking World ini tentunya dengan Sharing Title yang berbeda (",)

Harapan saya Sharing ini dapat bermanfaat bagi anda (",) #Microphone

Indoors Event

(gambar diambil dari dokumentasi pribadi Sang Idola MC)
Quote: Dari kalimat Indoors Event kita tahu pasti bahwa acara diselenggarakan di Area Tertutup (Gedung; Mention; Hal; dll). Indoors Event bisa acara Formal atau Informal. Faktor cuaca tidak terlalu mengganggu untuk Lancar & Suksesnya acara.

Usahakan jangan salah kostum, terutama Sepatu : Cari tahu apakah Event Formal / Informal. Kadang beberapa acara yg BerGenre Otomotif (Premium) mengusung konsep Indoors Event ini.

Kebanyakan Event Formal mengusung Konsep IndoorsEvent ini; karena Aman & Nyaman. Beberapa Event tidak jarang memadukan antara ke 2 Konsep ini, yaitu Indoors Event dan Outdoors Event.

DAN harus menjadi perhatian & pertanyaan anda dan saya juga; Apakah acara akan berlangsung dengan Konsep Indoors Event atau Outdoors Event ?.

Pakailah Busana yang sesuai untuk Konsep Indoors Event ini. Usahakan Pakaian yang anda pakai TIDAK membuat anda & saya gerah serta sulit / ribet untuk (dalam) bergerak.

Keuntungan anda dan saya perform di Indoors Event; salah satunya adalah terlindung dari cuaca diluar area Event, perform anda dan saya HARUSnya dapat lebih maksimal.

SIMAK Bawalah & Kunyah Permen untuk mengantisipasi napas kurang segar (Pilih permen yang anda dan saya suka DAN tentunya tidak membuat suara menjadi parau).

PAKAILAH PARFUM Ingat anda perform di Indoors Event; jangan sampai bau badan anda dan saya mengganggu Audience.

Saya akan tetap menulis dengan konsep Sharing dan BUKAN Teaching sesuai dengan pengalaman saya di Public Speaking World ini tentunya dengan Sharing Title yang berbeda (",)

Outdoors Event

(gambar diambil dari dokumentasi pribadi Sang Idola MC)
Quote:Dari kalimat Outdoors Event kita tahu pasti bahwa acara diselenggarakan di Area Terbuka (Sarnafil / Tenda). Bisa acara Formal atau Informal.

Faktor Cuaca & Listrik menjadi salah satu bagian penting dari suksesnya acara. Perhatikan lokasi acaranya, terutama area pijakan : Tanah ?; Semen ?; dll. Untuk apa ? Untuk menyesuaikan Sepatu apa yang akan anda gunakan pada saat anda perform. Tetap usahakan jangan salah kostum, terutama Sepatu.

Beberapa acara yang Bergenre Otomotif biasanya sudah pasti, adalah Outdoors Event. Dan tidak sedikit juga acara Formal yang mengusung Konsep Outdoors Event ini. Beberapa Event kadang memadukan antara 2 Konsep Outdoors Event & Indoors Event ini.

Dan harus menjadi perhatian & pertanyaan anda dan saya juga, Acara akan berlangsung dengan Konsep apa ? Outdoors Event atau Indoors Event ?.

Jika anda tidak mendapat Busana Event dari Klien / EO, pakailah Busana Pribadi anda yang sesuai dan usahakan berwarna gelap #OutdoorsEvent #TanahMerah.

Usahakan Busana / Pakaian yang anda pakai TIDAK membuat anda kesulitan dalam bergerak.

Saya akan tetap menulis dengan konsep Sharing dan BUKAN Teaching sesuai dengan pengalaman saya di Public Speaking World ini tentunya dengan Sharing Title yang berbeda (",)

Busana/Pakaian Perform

(gambar diambil dari dokumentasi pribadi Sang Idola MC)
Quote: Pilih Busana / Pakaian sesuai dengan Tema Acara. Outdoors Event biasanya ada Kemeja / Kaos Eventnya. Kadang Klien memberi Kemeja atau Kaos untuk Eventnya.... Take It & Wear It !!

Indoors Event tidak selalu ada Kemeja / Kaos Eventnya. Kadang harus memakai Busana koleksi Pribadi. Outdoors Event biasanya bersifat Non Formal, & seharusnya disediakan Kemeja / Kaos Event untuk Hostnya.

Kadang Klien tidak Koperatif soal Busana apa yang harus kita pakai pada saat Perform.

INGAT !!!! Jangan sampai anda Salah Kostum !!! Dan pasti anda akan disalahkan oleh Klien. Tanyakan soal Busana ini saat anda telah menerima Pekerjaan dari Klien (MoU; Anda Berhak Bertanya).

Jika anda mendapat Busana Event dari Klien, ada beberapa hal yang harus anda tanyakan :
1. Apa yang akan anda dapat ? Kemeja ? Kaos Oblong ? Polo Shirt ? Atau apa ?;
2. Mintalah Size Busana Event yang sesuai dengan tubuh anda;
3. Tanyakan apa warna Busana Event yang akan anda dapat. Kenapa anda harus menanyakan warna Busana Event yang akan anda dapat ? Supaya anda dapat menyesuaikan dengan warna bawahan (Celana / Rok), juga warna Sepatu anda. Jangan sampai karena anda tidak menanyakan warnanya, pada hari H anda akan terlihat Norak, karena hal sepele....hehe..... Warna Busana Event yang anda dapat BERTUBRUKAN dengan warna bawahan yang anda pakai (Tidak Profesional).
4. Untuk Outdoors Event tanyakan Apakah ada tambahan Busana Event untuk mengganti Busana Event anda yang basah karena / oleh Keringat atau Hujan ?;
5. Jika anda membawa asisten, tanyakan Apakah asisten anda juga akan bisa mendapatkan Busana Event ?

Jika Klien meminta anda memakai Busana koleksi Pribadi, sebenarnya itu adalah sangat menguntungkan anda. Koq ?? Karena anda dapat dengan bebas / leluasa menentukan Busana apa yang akan anda pakai untuk disesuaikan dengan Konsep acaranya Klien.

Sudah seharusnya seorang MC mempunyai koleksi Pakaian dan Sepatu untuk Berbagai Acara. Pemilihan Busana Perform yang sesuai; menunjukkan Profesionalisme anda dalam bekerja (Smart).

Jika diperlukan, gunakan Pewangi Busana (Parfum) secukupnya (Bau Badan; Jangan Over Confidence)

SIMAK & CATAT !!! Jangan pernah menggunakan Sandal saat Perform ! Sesuaikan SEPATU yang akan anda pakai dengan Busana anda.

Sharing Busana / Pakaian Perform ini berbicara Atasan (Pakaian), Bawahan (Celana/ Rok), dan Alas Kaki (Sepatu) yang akan anda kenakan yang Harus sesuai dengan Tema Acara dimana anda dipercaya sebagai Hostnya.

Saya akan tetap menulis dengan konsep Sharing dan BUKAN Teaching sesuai dengan pengalaman saya di Public Speaking World ini tentunya dengan Sharing Title yang berbeda (",)

Yakin - Pasti Bisa Bicara

(gambar diambil dari dokumentasi pribadi Sang Idola MC)
Quote: Arti / Maksud kata YAKIN pada sharing ini, adalah YAKIN pada semua persiapan yang harus dilakukan sebelum hari H sampai menjelang saat perform yaitu Opening.

Apa saja yang termasuk dalam kategori persiapan dari kata "YAKIN" ini ? ==>
1. Yakin akan Kemampuan Diri Sendiri untuk membawakan acara yang akan dipercayakan pada anda dan saya sebagai MC / Hostnya;
2. Yakin telah Menguasai Materi Acara dari acara yang akan anda dan saya bawaan;
3. Yakin bahwa Busana Perform sudah diSiapkan dengan Baik dan tidak akan Salah Kostum untuk acara yang akan anda dan saya bawakan;
4. Yakin bahwa Klien / EO sudah menyiapkan Event Support dengan baik;
5. Yakin akan keadaan Lalu Lintas dan Cuaca yang tidak akan membuat anda dan saya Terlambat Tiba di Event Venue;
6. Yakin dan Komitmen untuk Tiba di Event Venue Minimal 2 jam sebelum Acara diMulai; dan terakhir…..
7. Yakinlah bahwa Anda dan Saya adalah MC / Host yang dapat diPercaya untuk meRunning acara Klien / EO dengan Baik / Lancar, dan Acara akan Happy Ending (",).

Saya akan tetap menulis dengan konsep Sharing dan BUKAN Teaching sesuai dengan pengalaman saya di Public Speaking World ini tentunya dengan Sharing Title yang berbeda (",)

Eye To Eye Contact

(gambar diambil dari dokumentasi pribadi Sang Idola MC)
Quote: Ya benar, Kontak Mata (",) Maksudnya anda / saya sebagai MC harus melakukan Blocking menyeluruh kepada Audience. Simpelnya anda / saya harus melakukan Komunikasi Mata dengan Audience.

Tapi jika anda / saya tidak berani berbicara Eye to Eye Contact dengan Audience; itu sama saja dengan tidak menganggap Audience sebagai Rekan Kerja. Koq Audience dianggap sebagai Rekan Kerja ? Iya !! Karena perform anda / saya tidak ada artinya tanpa kehadiran Audience.

Mungkin anda berpikir bahwa anda / saya adalah seorang Radio Announcer ?? Hahaha.... #Miris #KasihanSekali. Atau mungkin anda / saya berpikir adalah seorang TV Presenter ?? Yang Notabene Audiencenya adalah Kamera Video LoL. Please...... Down to Earth dong....hehehehe..... Anda dan saya adalah MC Off Air.... Remind Well….. (",).

Jadi karena anda dan saya adalah seorang MC Off Air sudah seyogyanya Audience harus diajak serta saat perform.

Selain Audience sebagai Rekan Kerja; Audience juga adalah sebagai Juri untuk Perform kita. Mau tidak mau, suka tidak suka kita memerlukan Audience untuk mendengarkan apa yang kita sampaikan saat perform. Artinya kita harus pandai - pandai menarik perhatian Audience, salah satunya dengan Eye to Eye Contact ini. Sebagai Juri; Audience akan menilai kita. Ingat perform kita pasti selalu dinilai oleh semua yang hadir.

Dengan Eye to Eye Contact akan membuat Audience feel Hommy. Ya karena Audience jadi merasa dihargai ===> Karena merasa diajak bicara; karena MATA kita berbicara.

Intermezzo saja ==> Ingat bahwa mata kita adalah pelita hati. Mata berbicara saat kita senang, saat kita sedih, saat kita marah, saat kita khawatir, dll - Anda ingat ?.

CATAT !! Jangan pernah mengabaikan Audience. Lakukan Eye to Eye Contact dengan Audience. Lakukan Blocking Eye to Eye Contact dengan Audience sesering mungkin. Rubah MindSet sekarang juga !! Audience adalah Rekan Kerja anda dan saya.

SEKARANG JUGA ==> Ambil langkah untuk mulai melakukan perubahan menuju ke arah yang lebih baik dalam karir anda / saya.

Tidak ada alasan bahwa anda / saya tidak berani melakukan Eye to Eye Contact ini !!!! Anda dan saya adalah Public Speaker. Anda / saya harus berani untuk melakukan Eye to Eye Contact ini sebagai bagian dari Profesionalisme Profesi. Anda / saya HARUS & WAJIB untuk melakukan Eye to Eye Contact ini dalam setiap perform !!. Audience berada jauh atau dekat dengan anda / saya; TETAP lakukan Eye to Eye Contact ini.

FAKTA ==> Anda / saya sebagai MC Off Air PASTI akan berhadapan langsung dengan Audience (Tidak Dapat DiHindari).

Saya akan tetap menulis dengan konsep Sharing dan BUKAN Teaching sesuai dengan pengalaman saya di Public Speaking World ini tentunya dengan Sharing Title yang berbeda (",)

Spoiler for Sang Idola MC Perform :

(Bareng Komeng 13 Januari 2012)


(With Max Biaggi 29 Oktober 2014)


(MotorExpertz.com Booth Bosjak 2014)


(JP JPR Helmet Booth Bosjak 2014)


(Jakarta Roadshow 2014 Stout Out Loud By Anker Stout)

Sumber :
Sang Idola Official Blog
Bagi agan/aganwati yang mau sharing/tanya jawab
bisa langsung ke Official Sang Idola MC :
Facebook
Twitter

Quote:This Thread Supported By :

KLIK BANNER TO VISIT KALONG MALAM BASE CAMP

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/545c8922148b46d94d8b4567

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger