Home » » Bedanya Pembuatan SIM di Indonesia dengan Malaysia

Bedanya Pembuatan SIM di Indonesia dengan Malaysia



Harus diakui, proses pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di dalam negeri memang masih jauh dari sempurna. Aturan yang dibuat untuk dipatuhi nyatanya bisa melunak dengan iming-iming materi.

Namun, berkaca dari hal tersebut, bagaimana sebenarnya kondisi yang ada di negara tetangga? Apakah terdapat perbedaan mencolok soal proses pembuatan SIM di Indonesia dengan negara tetangga seperti Malaysia? Lebih tertib, transparan atau sebaliknya?

Adi Lazardi seorang warga Indonesia yang lama bekerja di Negeri Jiran, Malaysia, punya cerita seabrek seputar pengurusan SIM di Malaysia.

Melalui sambungan telepon, Adi yang juga berprofesi sebagai pewarta nasional itu menuturkan, untuk membuat lisensi mengemudi di Malaysia, seseorang pemohon diwajibkan memiliki kendaraan.

Quote:"Di sana harus punya mobil untuk buat SIM. Kalau tidak ya nggak boleh dan tidak dilayani petugas. Nama STNK harus sesuai dengan nama pemohon," terang dia kepada Liputan6.com pada Kamis (11/9/2014).

Setelah itu, urai Adi, seperti halnya pembuatan SIM di Indonesia, pemohon harus memenuhi sejumlah berkas yang diperlukan. Sementara untuk warga asing, diminta untuk melampirkan surat izin kerja.

Quote:"Sebenarnya SIM yang diterbitkan di kawasan ASEAN bisa digunakan di seluruh negara ASEAN. Hanya saja, bila tinggal dan bekerja lebih dari satu tahun, Anda dianjurkan untuk mengkonversi SIM Indonesia ke Malaysia," jelas Adi lebih lanjut.

Kemudian, tak seperti proses pembuatan SIM di Indonesia yang 'sehari jadi'. Di Malaysia, prosesnya memakan waktu lama, sekitar dua pekan. Itupun dengan catatan pemohon lulus di sejumlah tes yang nyaris tak memungkinkan terjadinya proses sogok menyogok.

Quote:"Kalau prosedurnya sih pasti ada tes tertulis dan praktik," imbuhnya.
r /> Bedanya yang paling mencolok dengan Indonesia, selepas sukses mengantongi SIM di Malaysia, kepolisian setempat tak terkesan 'lepas tangan'. Adi menuturkan, setelah mendapatkan SIM, lanjut Adi, mobil si pemohon akan ditempeli stiker pada bagian kaca depan dan belakang. Fungsinya, katanya, sebagai kontrol bagi pengemudi.

Quote:"Biasanya pengemudi pemula yang ditempeli stiker selama satu tahun. Kalau pada masa itu melanggar, maka SIM secara otomatis akan dicabut," tuntasnya.

Sumur

Thanks dah mampir di thread ane gan
Ane lebih menghargai seorang junker yang meninggalkan jejak
Daripada seorang silent rider yang cuman jadi tukang intip
Hargailah hasil karya TS yang sudah susah payah membuat thread Dengan meninggalkan jejak walau cuman 1 kata

sekian thread dari saya semoga bermanfaat bagi agan semua, jangan lupa tinggalkan jejak ..

Quote:Original Posted By desserf â–º
baru aja kemaren ane bikin sim gan, kerasa banget gampangnya kalo disini mah. kebetulan ane gagal pas praktek gan, padahal tinggal keluar aja dari angka 8 malah kaki kebawah-_- abis itu ditanya "mau ngulang aja atau gimana?" yaa tau lah gimana gan

Quote:Original Posted By mteruspmundur â–º
ketat itu bagus gan, jadi engga sembarang orang yg memiliki SIM dan mengurangi angka kecelakan dijalan beda hanya di indonesia memiliki SIM sama saja kita membeli permen diwarung, sangat mudah, makanya bnyak kecelakaan lalu lintas karena mereka sebenernya blum paham tntang rambu dan tata cara mengendarai

Quote:Original Posted By fangazette â–º
dipantau selama setahun?
wah boleh juga tuh, jadi jelas bahwa pengemudi layak menggunakan kendaraannya.
langgar peraturan lalu lintas atau membahayakan pengguna jalan lain "cabut SIM", patut ditiru sih.

Quote:Original Posted By MerizzUchiha â–º
ane ada cerita kocak nih tadi siang
ane kan abis dari juanda (depok)
nah ane mo jalan pulang ke simpangan tapi iseng tuh lewat samsat depok yg ada dijalan merdeka
ane kebetulan aus akhirnya berentiin deh motor ane disebelah tukang es cincau
tapi namanya ga sengaja yaa, ane malah parkirnya di sebelah jalan masuk ke parkiran orang yg pada mau bikin sim C
eehh tau tau ada 2 calo yg nawarin ane buat bikin sim
mana nawarinnya terang"an lagi, ane jawab aje lagi numpang parkir mo beli cincau
tapi kayaknya tuh calo kagak takut ditangkep polkis soalnya terang"an banget nawarin jasa bikin simnya
pasti dia ada orang dalem
kalo ga, ga mungkin dia berani tereak" dipinggir jalan nawarin jasa bikin sim C

Quote:Original Posted By falah55 â–º
Bikin SIM di indo pada nembak semua

Quote:Original Posted By Sendal..Butut â–º
Baru Jum'at lalu bikin SIM, 2 malah sekaligus A dan C ..

Gampang banget gan

" mau bikin sim baru apa perpanjang ? " tanya tukang parkir .

" sim baru pak !! " ane
" sini ktp nya,kamu tunggu aja di sini " jwb tukang parkir
" okeh !! " kata ane sambil nyerahin ktp

Ane duduk ,ngopi,buka Kaskus ..
Sejam kemudian,dapet 2 SIM sekaligus

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/54118d1d60e24ba3308b4574

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)