Home » » Intip Rahasia NIK di KTP Elektronik Agan

Intip Rahasia NIK di KTP Elektronik Agan

Intip Rahasia NIK di KTP Elektronik

Sebelum lebih dalam


Dan klik emot untuk check NO REPOST





Indonesia memiliki penduduk lebih dari 260 juta jiwa yang menetap di antara 13.466 pulau yang ada di dalamnya. Tentunya dengan penduduk yang sangat banyak tersebut, Indonesia wajib memiliki satu sistem terbarui untuk identifikasi setiap penduduknya.
Pada tahun 2011 Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia mengawali peluncuran sebuah kartu yang ditanam chip untuk identifikasi secara masal dan dinamai E-KTP atau KTP Elektronik. Di setiap Kartu dibubuhi Foto, Identitas, Chip dan tentunya NIK atau Nomor Induk Kependudukan. Dan inilah rahasia di balik NIK yang terbubuh di E-KTP


Quote:Quote:1. FORMAT E-KTP
Struktur e-KTP terdiri dari sembilan layer yang akan meningkatkan pengamanan dari KTP konvensional. Chip ditanam di antara plastik putih dan transparan pada dua layer teratas. Chip ini memiliki antena didalamnya yang akan mengeluarkan gelombang jika digesek. Gelombang inilah yang akan dikenali oleh alat pendeteksi e-KTP sehingga dapat diketahui apakah KTP tersebut berada di tangan orang yang benar atau tidak.

Untuk menciptakan e-KTP dengan sembilan layer, tahap pembuatannya cukup banyak, diantaranya:
  • Hole punching, yaitu melubangi kartu sebagai tempat meletakkan chip
  • Pick and pressure, yaitu menempatkan chip di kartu
  • Implanter, yaitu pemasangan antenna (pola melingkar berulang menyerupai spiral)
  • Printing,yaitu pencetakan kartu
  • Spot welding, yaitu pengepresan kartu dengan aliran listrik
  • Laminating, yaitu penutupan kartu dengan plastik pengaman

  • e-KTP dilindungi dengan keamanan pencetakan seperti relief text, microtext, filter image, invisible ink dan warna yang berpendar di bawah sinar ultra violet serta anti copy design. Penyimpanan data di dalam chip sesuai dengan standar internasional NISTIR 7123 dan Machine Readable Travel Documents ICAO 9303 serta EU Passport Specification 2006. Bentuk KTP elektronik sesuai dengan ISO 7810 dengan format seukuran kartu kredit yaitu 53,98 mm x 85,60 mm.

    Quote:2. Nomor Induk Kependudukan
    Spoiler for E-KTP
    Quote:Nomor Induk Kependudukan yang dibubuhkan di laman belakang KTP adalah merupakan kombinasi unik yang dibuat oleh sistem komputerisasi. Mungkin agan-agan yang teliti, NIK ini berubah setelah agan menerima eKTP. NIK ini dibuat sedemikian mungkin tanpa mengurangi esensi keamanan serta sistem "Satu KTP, KTP Nasional. Satu KTP, Satu Identitas".
    Dan untuk mengetahui keunikannya agan harus tahu cara membacanya.
    Spoiler for Cara Membaca NIK
    Kenapa harus dibaca seperti diatas? Ini Infografisnya.
    Spoiler for Infografis

    Spoiler for FAQsFAQs
  • Gan, saya lahir tanggal 4 kok bukannya ditulis 04 kenapa malah jadi 44? Disini ada perbedan antara laki-laki dan wanita. Untuk tanggal lahir 01 - 31 adalah miliknya agan-agan. Kalau tanggal lahir untuk aganwati, ditulis dari angka 41 - 71. Kenapa? Karena khusus aganwati, tanggal lahir ditambah 40. Jadi kalau agan-agan merasa di eKTP NIKnya diatas 41, waaaaah patut dicurigai
  • Gan, Kode Provinsinya dapet darimana ya? Bakal dijelasin di Quote selanjutnya.
  • Gan, Nomor Komputerisasi itu apa? Jadi nomor komputerisasi itu nomor random yang memang sudah di atur oleh sistem komputer agar tidak ada nomor kembar. Entah gimana, kebetulan keluarga ane terdiri dari 5 anggota keluarga nah dari bokap, nyokap, kakak, ane, dan adek ane ujungnya berurutan. Jadi nomornya xx01, xx02, xx03, xx04, dan xx05. Coba agan check dah di Kartu Keluarga.
  • Pertanyaan lainnya silakan by komen aja ya agan-agan
  • .
    Spoiler for Kode Provinsi

    Kode ini didapat dari Badan Pusat Statistik. Dan telah diatur berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2013 Tentang Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan. Sumber Data dari Ditjen PUM Kemendagri. Disini bukan hanya tercantum Provinsi saja, tapi berisi Kota/Kabupaten serta Kecamatan yang melandasi digit-digit selanjutnya.



    Quote:Original Posted By acealert â–º
    gan TS, ane uda dpt e-ktp tp NIK nya sama kok, emang ada kaskuser lain yg berubah ya
    terus gan, mau ngejelasin lagi yg 4 digit belakang NIK kita nih. jadi itu adalah nomor urut kita saat kita buat ktp gan.. maksudnya gini, bisa aja kan ada lebih dari 1 orang yg lahir di tgl 11feb1990 (misal 110290). nah 17 taun kemudian, ada kemungkinan juga beberapa dari mereka tinggal di provinsi dan kecamatan yg sama (misal 337401).. nah disini fungsi yg berperan dari 4 digit belakang NIK kita.. kalo misal ternyata ada cowok si A yg ngedaftar buat ktp dulu, maka nik nya menjadi 33-74-01-11-02-90-0001.. kemudian cowok si B mendaftar setelahnya, nik nya menjadi 33-74-01-11-02-90-0002.. sistem ini jg berlaku u/ cewek cmiiw gan



    Masih ABU niiiih mungkin agan-agan rela menyumbang

    Lumayan nih gan auuuus.

    Quote:KUNJUNGI JUGA
    Inilah Prestasi Garuda Indonesia di Skytrax
    Negara Bebas Visa dan Visa on Arrival untuk Paspor Hijau Indonesia
    Yuk Kenali Tipe Obat dari Logo di Kemasannya
    Inilah 10 Paspor Terbaik dan 5 Paspor Terbawah di Dunia
    Perbedaan Namdaemun, Myeongdong, Dongdaemun dan Insadong Market Korea Selatan
    Fakta Indonesia yang Hampir Dilupakan
    Segel Kotamadya di Masa Hindia Belanda

    Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/540b20a7de2cf22a038b456a

    TryOut AAMAI

    Popular Posts

    Solusi WC Mampet Degra Simba

    Arsip Kaskus HT

     
    Template Created by Creating Website Published by Mas Template
    Proudly powered by Blogger
    close(x)