Home » » Momen-Momen Bersejarah dalam Dunia Per-Selfie-an

Momen-Momen Bersejarah dalam Dunia Per-Selfie-an


Quote:
Kita hidup di era selfie â€" foto diri sendiri yang diambil instan dengan ponsel pintar atau kamera dan dibagi-bagikan ke publik lewat berbagai jejaring sosial yang ada. Walaupun selfie baru meraih puncak kepopuleran selama dua tahun belakangan, perjalanan foto diri ini udah dimulai dari ratusan tahun yang lalu, lho. Nah, sementara para pakar fotografi masih berdebat apakah selfie bisa menjadi salah satu genre fotografi sendiri (setara dengan still life, travel atau macro photography), yuk kita simak dulu gimana self-photograph berevolusi menjadi selfie!



Quote:

Tahun 1839: Foto Diri Pertama Dalam Sejarah


Tuh, gerakan memotret diri sendiri sebenarnya udah dimulai 175 tahun yang lalu. Robert Cornelius, seorang pionir teknologi fotografi di Amerika, menjepret dirinya sendiri menggunakan teknik daguerreotype. Potretnya tersebut kemudian dikenal sebagai potret diri pertama dalam sejarah. Karena proses daguerreotype butuh waktu yang lama buat menangkap gambar, Robert masih sempat mengeset kamera, membuka tutup lensa, lalu berlari ke depan kamera dan menahan pose. Setelah 1 menit (atau lebih) menahan posenya, dia kembali bergegas menutup lensa kamera. Haha, kalau buat selfie aja seribet ini, kamu bakal tetap mau selfie, nggak?




Quote:

1900-an: Kamera Kodak Brownie Muncul


Selfie 1900-an

Di bulan Februari 1900, Eastman Kodak memperkenalkan seri pertama kamera kotak Brownie. Bentuknya sangat sederhana: sebuah kotak berbahan kertas dus dengan lensa meniskus dan rol film 117. Kamera ini bikin memotret jadi lebih mudah dan murah, karena bentuknya yang simpel dan harganya yang terjangkau. Popularitas Brownie menyebabkan tren orang mengambil gambar dirinya sendiri. Namun karena kamera ini masih terlalu berat untuk diangkat tinggi-tinggi, ‘selfie’ dengan kamera Brownie lebih sering dilakukan di depan cermin, menggunakan penyangga.




Quote:

1960-an: Self-Photograph Makin Populer, Hingga Dilakukan di Luar Angkasa


Buzz Aldrin, selfie di luar angkasa gak sombong

Memasuki era 60-an, ukuran kamera semakin kecil dan harganya pun semakin terjangkau. Alhasil, kegiatan memotret diri jadi semakin populer.

Namun beda dengan selfie zaman sekarang, memotret diri pada tahun 60-an masih didasari oleh niat dokumentasi â€" menangkap momen penting tanpa ada tendensi buat pamer. Contoh ‘selfie’ yang terkenal dari dekade ini adalah yang dibuat oleh astronot Edwin “Buzz” Aldrin falam penjelajahan pesawat Apollo di luar angkasa. Ini sepenuhnya dilakukan untuk mengenang momen “lompatan besar bagi umat manusia” itu.




Quote:

2002: Istilah ‘Selfie’ Digunakan Untuk Pertama Kali


Sorry for disturbing image, tapi ini bibir Nathan Hope yang legendaris itu

Setidaknya, demikian klaim orang-orang Australia. Negeri Kangguru itu emang dikenal karena kebiasaan mereka menambahkan akhiran “-ie” atau “-y” di ujung sebuah kata benda: ‘Fire officer’ jadi ‘Firie’, ‘ear’ jadi ‘earie’, dan ‘self’ jadi ‘selfie’.

Tapi siapa sebenarnya yang mencetuskan istilah ini pertama kali? Pada 13 September 2002 dini hari, Nathan Hope (sebut saja Hopey, karena dia Aussie) mengeluhkan jahitan yang tersemat di bibirnya pada sebuah forum online. Dia bilang, jahitannya terasa “kering dan gak nyaman”. Ketika ditanya cerita di balik jahitan bibirnya, Hopey menjawab:

“Um, drunk at a mate’s 21st (birthday, red), I tripped ofer (sic) and landed lip first (with front teeth coming a very close second) on a set of steps. I had a hole about 1 cm long right through my bottom lip.”

Lalu dia mem-posting foto bibirnya yang terjahit. Memberi komentar pada foto dengan:

“And sorry about the focus, it was a selfie.“

Perlahan namun pasti, kata ‘selfie’ mulai menjadi populer di negara sebelah selatan Indonesia ini.




Quote:

2004-2009: #Selfie Mulai Diperkenalkan Flickr, Sementara Facebook Mengungguli MySpace


Selfie di flickr

Kalau orang Australia mengklaim bahwa ‘selfie’ berasal dari forum on-line di negeri mereka, orang Amerika menggadang situs berbagi gambar Flickr sebagai yang pertama yang mempopulerkan istilah tersebut. Flickr menggunakan istilah ‘selfie’ untuk mendeskripsikan foto diri yang di-posting para remaja putri, yang jumlahnya memang banyak di situs terbut.

Secara umum, perkembangan selfie pada masa-masa ini gak bisa dilepaskan dari laju pertumbuhan pengguna jejaring sosial. Awalnya, pengguna internet harus puas dengan MySpace Pic yang hamya bisa menampilkan foto beresolusi rendah. Kebanyakan gambar di MySpace pun buram dan silau karena flash yang berlebihan. Kemudian, Facebook muncul dan menawarkan pengalaman tampilan foto yang lebih baik. Hadirnya Facebook, diiringi meningkatnya kualitas kamera poket secara umum, pada akhirnya mendorong lebih banyak orang untuk bereksperimen dengan selfie.




Quote:

2010: Apple Merilis iPhone 4


Kamera depan bikin mudah selfie

Kualitas selfie semakin membaik di awal 2010-an, berkat manuver dari Apple. Bagaimana bisa iPhone 4 bisa mempengaruhi perkembangan selfie? Jadi, perusahaan inovasi Amerika ini mengadopsi teknologi kamera depan â€" yang udah duluan populer di ponsel buatan Jepang â€" dan menjadikan kamera ini sebagai alat bantu utama bagi penggunanya mengambil gambar selfie.

Pada bulan Oktober 2010, sebuah layanan berbagi foto secara instan diluncurkan. Situs ini nantinya akan menjadi sarang bagi foto selfie dari seluruh dunia.




Quote:

2013: ‘Selfie’ Word Of The Year versi Oxford Dictionary


Selfie: 2013 Word of the year

Walaupun istilah ini udah muncul lebih dari satu dekade yang lalu, baru ditahun 2012-2013 lah selfie mendapat perhatian secara global. Dalam satu tahun, penggunaan kata ‘selfie’ meningkat hingga 17.000%. Majalah TIME pun menyebut ‘selfie’ sebagai salah satu kata yang paling sering didengungkan tahun itu.

Berkat kecanggihan aplikasi ponsel pintar yang didukung kamera berkualitas, mengunggah selfie menjadi lebih mudah dan makin ‘enak dipandang mata’. Maka gak heran kalau Oxford Dictionary memasukkan selfie ke dalam kosakatanya, dan menyematkan predikat Word Of The Year kepada ‘Selfie’.




Quote:

2014: Instagram Menjadi Rumahnya ‘Selfie’


Saat ini, Instagram menjadi layanan favorit buat berbagi foto selfie. Aplikasi ini jadi sangat populer karena mengizinkan penngunanya untuk mengedit, memberi filter, dan mengunggah foto secara praktis. Instagram sendiri bertanggung jawab atas lahirnya iPhoneography. Sejak Januari 2013 foto bertagar #selfie digunakan sekitar 34 juta kali ke aplikasi ini. Ini belum termasuk tagar #selfies, #selfiesunday, #selfiesaturday dan selfie bla bla bla lainnya. Untuk kebutuhan impulsif selfie kamu, Instagram adalah pilihan yang paling tepat!



Tuh, semoga penjelasan singkat di atas bisa memperkaya pengetahuanmu tentang selfie, ya. Jangan cuma bisa selfie doang…kamu harus tahu sejarahnya juga!


sumber




Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/540660440f8b46101c8b456c

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger