Home » » 2 Hal Krusial yang Dibutuhkan Demi Kelancaran Berlalu Lintas

2 Hal Krusial yang Dibutuhkan Demi Kelancaran Berlalu Lintas



QUOTE sepenggal Reffernce lagu dari Ahmad Albar :
" Memang susah jadi orang yang tak punya, kemanapun naik bis kota"

Mukadimah :
Banyak orang bilang Negara Indonesia, untuk kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Malang , Jogjakarta dan Kota-kota besar lainnya.
adalah Tempatnya Macet dengan Volume Kendaraan yang semakin hari semakin bertambah.
- Dengan demikian siapa yang salah ?
- Siapa yang disalahkan ?
- Apakah Pemerintah yang selalu memberikan ijin kepada para Distributor kendaraan ?

Beberapa pendapat dari masyarakat pro dan kontra, bahwa tingkat Ekonomi Negara Indonesia sekarang ini sangat Maju dan bisa dikatakan kesejahteraan sangat Meningkat.

Disisi lain dengan kenaikan BBM atau Bahan Bakar Minyak sangat Mahal, eits tunggu dulu setiap orang kini bisa memiliki kendaraan sendiri hanya dengan menyertakan kredit kepada pihak kedua dari distributor kendaraan.

Kenapa disisi lain BBM sangat mahal, masyarakat kita mengeluhkan hal tersebut ? Padahal tingat perekonomian sudah maju dengan alasan, setiap orang bisa mempunyai kendaraan pribadi sebagai alat transportasi tanpa harus menunggu Angkutan umum.

Apakah Pemerintah berarti sudah berhasil dalam hal ekonomi ini ?
Belum, karena secara tidak langsung Pemerintah belum memperhatikan Nasib para pengemudi atau sopir kendaraan umum.

Alasannya ?
Secara positif, masyarakat Indonesia sudah bisa disebut Maju
dengan pendapat yaitu, kendaraan sebagai alat transportasi.
Namun disisi negatif yaitu bagaimana Nasib para pengemudi kendaraan Umum

Jika Kita sebagai Pengguna Alat Transportasi menggunakan kendaraan Pribadi, terus siapa yang akan menggunakan Kendaraan atau Angkutan Umum ?

Mungkin beberapa pendapat juga melontarkan, ini salah Pemerintah, harusnya Pemerintah bisa Mengentaskan Kemiskinan, bukankah ini juga termasuk kesalahan kita ? sampai kapan kita saling menyalahkan

Bukankah mengentaskan Kemisikinan itu dari kesadaran diri kita sendiri dulu, yaitu saling membantu.

Sebagai contoh, sedikit cerita tanpa bermaksud memandang sebuah pekerjaan.
Saya mempunyai seorang kawan yang notabene dia adalah pengemudi
Mikrolet, setelah saya naik kendaraan dia, saya tidak diperkenankan untuk
membayar ongkos perjalanan saya dari Jalan Ahmad Yani Surabaya menuju
Terminal Purabaya atau biasa disebut Terminal Bungurasih, kebetulan saya domisili di Kediri Jawa Timur.

Karena dengan alasan dia segan menarik ongkos lantaran saya temannya.
Namun saya tetap memberikan sesuai tarif atau ongkos yang berlaku.
Saya berpikir dari sini, bahwa teman saya juga mencari Rejeki.
Apakah kita tetap akan menyalahkan Pemerintah ?

Sekarang mari kita analisa dari tingkat kemacetan Lalu Lintas, sebenarnya bisa ditepis ataucegah yaitu dengan cara kita sendiri, bagaimana caranya ?

01. Menggunakan Kendaraan Umum : AngkutanDarat ( Bus, Kereta Api, Mikrolet )
Spoiler for Ilustrasi
Jika jarak tempuh sekitar 100 KM dengan kecepatan rata-rata
100 KM/JAM mungkin hanya bisa ditempuh dengan waktu hanya 1 jam
Lha emang, jalan raya itu sirkuit balapan ? Jalannya Mbahmu ?
gak ada rambu-rambu, atau pengguna jalan yang lain ?
Untuk sekarang ini, beberapa armada dari angkutan umum sudah
baik, artinya nyaman untuk ditumpangi.

Kendaraan umum harusnya juga saling berbagi dengan kendaraan umum lainnya Misalnya, dari tempat anda menuju terminal, kan bisa memakai Taksi, Ojek, Mikrolet, becak
Jadi tidak menopoli angkutan, seperti Bis Patas masih menaikkan penumpang dijalan yang tidak seharusnya
Penumpang bisa memilih yang tanpa Patas atau Bis Cepat, karena Patas sifatnya dari Terminal utama menuju
Terminal Terakhir, jadi tidak ada alasan menaikkan penumpang dijalan.

02. Budayakan Antre saat perjalanan.
Spoiler for Ilustrasi
Jika anda kerap melalui jalan tersebut dengan Jam atau waktu seperti biasa yang ada lewati, pastinya anda akan melihat beberapa orang yang sama pula saat anda bertepatan dengan jam yang sama, misalnya anda beraktifitas sehari-hari berangkat kerja atau berangkat kepasar pokoknya beraktifitas, anda pasti ketemu dengan orang yang sama dengan waktu anda.

Kenapa harus Antre ? Antre disini bisa anda temukan disetiap perjalanan yang anda lalui pasti akan menjumpai yang namanya :

Perlintasan Kereta Api, misalnya jalur yang anda pakai adalah jalur dua arah,
anda pasti menemukan beberapa orang yang saling srobot untuk menduduki posisi depan, hingga biasanya dua arah yang tertutup oleh palang pintu rel kereta api, setelah kereta api lewat, maka kita akan saling mendahului, akhirnya bisa berakibat Macet karena jalan dua arah, yang semestinya untuk pengguna lawan arah, akan saling menutupi untuk lewat.
Sama halnya jika anda menemukan kejadian tersebut seperti saat anda berhenti di Traffic Light atau rambu-rambu lalu lintas atau mungkin Jembatan yang sedang dibangun.


03. Istirahat 5 sampai 10 menit
Spoiler for Ilustrasi
Tingkat fokus manusia rata-rata dalam perjalanan adalah hanya 60 menit atau sekitar 1 jam setelah makan. Jika jarak yang ditempuh memakan waktu sekitar 3 jam, maka sisa 2 jam dari 1 jam tingkat fokus manusia adalah Menghayal, Melamun atau Mengantuk akhirnya fokus terhadap jarak pandang akan melemah. Karena sebenarnya Nasi sebagai sumber karbohidrat bisa menyebabkan kantuk.

Ada baiknya jika anda menggunakan kendaraan pribadi, bawalah minimal ada dua orang sebagai pengganti mengemudi bisa teman, saudara atau siapapun dari orang yang anda kenal, atau berhenti sejenak untuk istirahat minimal 5 sampai 10 menit, karena sekitar 1 jam setelah melalui jarak yang ditempuh Jika anda Sendiri saat melakukan perjalanan jauh minimal dengan jarak tempuh yang memakan waktu sekitar 3 jam.
Pergunakanlan kendaraan Umum.

04. Kawan-kawan Komunitas Touring
Spoiler for Ilustrasi
Buat kawan-kawan yang hobi travelling khususnya buat para komunitas Touring, Ayolah jangan kenceng-kenceng saat dijalan dan pengguna jalan lain harus memberikan akses demi kawan-kawan.


[ Bonus Trit ] :
A. Hindari anak anda atau anak kecil untuk duduk didepan disela-sela Setir Motor.
Spoiler for Ilustrasi

Jangan menyalakan dahulu kendaraan atau motor khususnya motor matic, jika memang anda mau mengajak buah hati anda duduk disela sela kendaraan didepan.

Sedikit cerita dan ini kejadian nyata yang baru saya alami kemarin lusa
pertanggal 9 September 2014, Kami serombongan berangkat pagi akan menjalankan tugas dari sebuah pekerjaan menuju luar kota.
Mobil rombongan kami melaju sekitar 80 KM/Jam, tiba-tiba dari depan jarak pandang kami sekitar 50 Meter, ada seorang ibu muda keluar kejalan raya dengan menggunakan motor matic dan langsung jatuh dengan seorang anak kecil yang ditaruh didepan.

Kendaraan kami langsung mengerem mendadak disertai Hand Rem meskipun ban sudah berhenti berputar namun karet dari ban tersebut masih menyeret sekitar 3 meter dari posisi kedua orang tersebut baik anak kecil dan ibunya juga kendaraanya. Alhamdullillah kami serombongan, Ibu muda juga Buah hatinya masih dilindungi-NYA

Setelah kami berhenti dan menanyakan kejadian tersebut kepada ibu sibuah hati, kenapa kejadian sampai meloncat keluar itu motor, sang ibu menjawab begini :
"Motor saya sudah dalam keadaan menyala, anak saya akan naik disela-sela antara kemudi dan jok depan anak saya, langsung memegang tangan kanan saya untuk berpegangan untuk naik, tangan saya sudah pada posisi gas.
Maka yang terjadi, seolah reflek, tangan saya langsung menarik gas dan anak saya langsung jatuh sedangkan saya langsung terlempar sejauh 3 meter ditengah jalan raya".

Cerdasnya si buah hati, saat terjatuh dia langsung berdiri serambi lari kembali menuju pintu pagar untuk menepi, sedangkan si ibu masih jatuh tertimpa motornya sendiri, meskipun tidak ada yang terluka.


Bisa bayangkan bila mobil kami tidak berhenti melaju ?
1. Banting setir kekiri, ada anak kecil yang berlari
2. Banting kekanan, ada ibu yang masih jatuh
3. Jika ada pengendara lain menyalip kami dari kiri,
wow.... Alhamdullilah tidak ada
4. Jika ada pula pengendara yang menyalip kami dari kanan tanpa melihat didepannya, Huft... Alhamdullillah tidak ada yang menyalip


B. Tengoklah kekanan dahulu sebelum anda keluar dari rumah menuju jalan raya
Spoiler for Ilustrasi
Karena kejadian ini sering tidak disadari biasanya bagi Ibu-ibu atau adek adek yang baru bisa menaiki sepeda motor, mereka bisanya langsung keluar kejalan raya tanpa menengok kekanan

C. Sepiyon
Spoiler for Ilustrasi
Spion atau kaca pengganti leher kita tanpa harus menoleh kebelakang
Artinya pergunakan Spion ini untuk melihat kebelakang jangan dijadikan sebagai pelengkap kendaraan saja demi menghindari Tilang dari Pak Pulisi, khususnya untuk pengguna sepeda motor.
Pakailah standar spion yang berukuran atau berdiagonal 4 inch.

D. Pergunakan Bel atau tombol klakson
Spoiler for Ilustrasi
Jika anda berkecepatan tinggi untuk mendahului
atau menyalip pengendara didepan anda sekitar 50 sampai 100 meter sebelum anda melaluinya karena jika terlalu dekat anda menekan klakson, mungkin pengendara akan Kaget dan bisa berakibat fatal bisa saja anda akan diumpat habis-habisan, meskipun anda berhasil melaluinya dan orang tersebut tidak akan ada habisnya untuk mengumpat dengan kata-kata kotor, anda bisa melihat mimik bibir merekan dari Spion, meskipun anda tak bisa mendengarkan dari apa yang mereka umpat.

E. Orang paling berjasa atas apa yang anda gunakan sehari-hari sekarang ini mulai dari produk elektorik, kendaraan bermotor, baju dan sebagainya
Spoiler for Ilustrasi
Adalah Pengemudi atau Sopir Ekspedisi bisa juga Pak Kurir, Beliaulah yang sangat berjasa untuk membantu anda mendapatkan peralatan yang anda inginkan atau anda butuhkan.
Jadi bersyukurlah, nikmati keadaan karena Mereka pula-lah yang membantu kita selama ini.

F. Menghindari kecelakaan saat perjalanan :
Hati-hati, Tetap bersabar dan penuh kesadaran berkendara.

Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan,
Harap Maklum, Hormat Kami .......
Haiyah, kayak mau pamit gak masuk sekolah aje....


Oke deh Kawan-kawan Kaskuser itu aja kok opini beserta bonus trit dari ane
Mungkin dengan sedikit kesabaran dan kesadaran dari pribadi kita
tingkat kemacetan bisa dihindari.

Sedikit mengalah tidak apa-apa kok, demi kelancaran berkendara sebagai pengguna jalan. Dahulukan pengguna lain jika memang kendaraan tersebut membutuhkan ruang gerak yang sedikit lega seperti Truk Ekspedisi, Container, atau Kendaraan bermuatan yang memakan jalan.
Bagi pengguna sepeda motor, bisalah sedikit bersabar.

Silahkan tambahkan komentar yang cerdas sebagai pengguna jalan.
Komentar kawan-kawan kaskuser juga akan membentuk pribadi kawan-kawan sekalian

Sebelumnya makasih buat yang udah mampir, resepet, CTRL+D, Amankan
Semoga bermanfaat. Thanks Kaskus

Sumber :
Spoiler for LitelaturSaat perjalanan.

Spoiler for Thanks For RateQuote:Original Posted By Prihaâ–º
keren gan , emg harus ada sama pengertian sesama pengguna jalan, ane kadang mikir apa perlu negara ini menerapkan apa yang dilakuin sama Singapur yg seolah sebenarnya memaksa orang untuk ikt cara negara, pajak 2 kali lipat dari semula, ERP dimana2, tapi ditunjang dgn tingkat kuantitas sama kualitas dari armada transportasi publik jg

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/54119f63902cfe6a068b456a

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)