Home » » 6 Tips Sukses Menjalani Perkuliahan Pada Semester Pertama

6 Tips Sukses Menjalani Perkuliahan Pada Semester Pertama









Quote:

Agan atau salah satu anggota keluarga Agan merupakan mahasiswa baru yang baru saja memulai perkuliahan di semester pertama? Bagi mahasiswa baru, kehidupan di dunia universitas di semester pertama adalah hal baru yang dapat menjadi menantang, mengasyikkan atau justru menakutkan.

Segala hal yang berbeda dengan yang terdapat di bangku sekolah menengah atas tentu menjadi hal-hal baru yang harus dialami dan menjadi tantangan baru bagi mereka.

Nah, bagaimana cara agar sukses menjalani masa perkuliahan di semester awal sebagai mahasiswa baru? Ini dia tipsnya :





Quote:Quote: Jangan Takut Keluar Dari Zona Aman



Quote: Bagi mahasiswa baru, mungkin masa-masa sebagai mahasiswa baru adalah masa-masa yang dianggap sebagai awal baru kebebasan karena tentu pada masa ini, mereka lebih tidak dibatasi oleh peraturan-peraturan yang lebih mengikat seperti di masa sekolah.

Namun tak jarang hal ini merupakan zona nyaman yang justru membuat Agan terlena untuk bersenang-senang saja. Padahal, di masa kuliah, Agan justru memiliki tanggung jawab yang lebih besar.

Oleh sebab itu, janganlah takut untuk keluar dari zona nyaman Agan dan melakukan hal-hal baru yang lebih menantang dan tentu bermanfaat bagi nilai akademis Agan.


Quote:Quote: Jangan Takut Untuk Meminta Bantuan



Quote: Mahasiswa baru tentu memiliki banyak tugas yang dirasa asing dan tidak mudah. Oleh sebab itu janganlah takut dan ragu untuk meminta bantuan baik kepada anggota keluarga maupun mahasiswa senior jika Agan memerlukannya.

Selain menambah teman baru, Agan juga dapat terbantu dalam tugas-tugas kuliah Agan. Siapa tahu Agan lebih mudah dalam menyerap materi perkuliahan karena telah mendapat pengetahuan sebelumnya..


Quote:Quote: Atur Waktu Agan



Quote: Tak jarang mahasiswa baru mengisi kegiatasnnya dengan hal-hal yang kurang bermanfaat seperti bersenang-senang saja. Tak ada salahnya memang, namun Agan harus mulai mengatur dan menghabiskan waktu Agan dengan lebih baik dan positif.

Hal ini karena tugas-tugas di awal perkuliahan tidaklah sedikit dan tak jarang Agan juga mengikuti kegiatan tambahan lainnya yang lebih banyak menyita waktu Agan.

Bagilah waktu bermain dan belajar Agan dengan baik sehingga keduanya dapat berjalan secara seimbang.


Quote:Quote: Manfaatkan Perpustakaan Kampus



Quote: Jika Agan merasa kesulitan dalam menyerap materi kuliah dan terkadang berat untuk memenuhi kebutuhan membeli buku-buku kuliah yang tidak murah, Agan dapat memanfaatkn sumber pengetahuan lainnya yang tersedia.

Mengapa tidak memanfaatkan perpustakaan kampus? Selain lebih terjangkau bahkan gratis, Agan dapat membaca banyak buku yang tersedia di sana.

Agan juga dapat memanfaatkan perpustakaan kampus lain hingga beberapa fasilitas umum yang terdapat di kota tempat Agan menuntut ilmu.

Sekarang juga terdapat sumber ilmu dan materi perkuliahan yang tidak terbatas yang dapat Agan akses melalui berbagai perangkat digital dan online.


Quote:Quote: Mengatur Prioritas Utama



Quote: Sejak awal perkuliahan, sebaiknya Agan sudah mengatur prioritas pertama Agan, seperti nilai akademis yang memuaskan misalnya. Hal ini akan membuat Agan lebih fokus dan termotivasi dari masa awal perkuliahan.


Quote:Quote: Cari Kegiatan Positif Lainnya



Quote: Dunia perkuliahan sangatlah luas dan lebih dari sekedar urusan dalam kampus. Agan juga dapat menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan positif lainnya seperti ekstrakulikuler kampus maupun pekerjaan magang yang juga dapat menambah pengalaman Agan.

Sibukkan diri dengan tetap memprioritaskan kualitas akademis Agan di kampus.


Quote:Itulah tips sukses menjalani masa perkuliahan sebagai mahasiswa baru. Tetaplah fokus pada cita-cita Agan karena semua itu bisa saja dipengaruhi oleh kualitas perkuliahan Agan di semester awal.

Semoga Sukses!



Quote:sumber


Quote:Demikian Thread Sederhana Ane
Terimakasih Telah Mampir di Thread Ane


Untuk Mampir Ke Thread Ane Yang Lain




Quote: Mampir Gan


Resep Berbagai Olahan Es Krim Berbahan Pisang
Mengintip Keindahan Wisata di Sikka



Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/541478da98e31bf04e8b4571

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger