Home » » Berbagai Macam Masalah Kulit Pada Orang Dewasa

Berbagai Macam Masalah Kulit Pada Orang Dewasa



Kulit merupakan organ terluas pada tubuh manusia. Kulit berfungsi sebagai pertahanan terluar yang diciptakan untuk mencegah benda asing dari lingkungan luar, masuk ke dalam tubuh. Kulit terdiri dari beragam kelenjar, jaringan saraf, dan pembuluh darah, yang berperan penting untuk mempertahankan fungsi normal tubuh. Berikut akan dipaparkan beberapa penyakit kulit yang dapat kita alami

Quote:1. Herpes Zoster
Spoiler for
Penyakit ini disebabkan oleh kembalinya infeksi virus cacar (Chikenpox) dari masa latentnya. Gejala yang ditimbulkan berupa sensasi nyeri yang hebat tanpa adanya riwayat trauma sebelumnya. Kelainan yang muncul berupa kulit kemerahan, berbintil, dan melepuh yang ditemukan hanya pada satu sisi tubuh.


Quote:2. Urtikaria (Biduran)
Spoiler for
Merupakan penyakit kulit yang sering terjadi. Kelainan yang muncul diakibatkan oleh suatu alergi. Ditandai dengan kulit kemerahan dengan onset mendadak, dan agak meninggi dibandingkan kulit yang normal. Bisa muncul pada sebagian tubuh ataupun seluruh tubuh.


Quote:3. Psoriasis
Spoiler for
Merupakan penyakit radang kulit kronis, karena pengaruh genetis. Ditandai dengan munculnya bercak-bercak kemerahan, disertai sisik tebal. Dapat terjadi pada semua bagian tubuh, terutama pada kulit kepala, siku dan lutut.


Quote:4. Dermatitis seboroik
Spoiler for
Penyakit ini sering dijumpai pada usia dewasa. Ditandai dengan bercak merah keemasan, disertai sisik halus. Biasanya menyerang daerah berambut, seperti kepala, belakang telinga, dll. Pada kulit kepala, penyakit ini akan menyebabkan ketombe yang berlebihan.


Quote:5. Eksema
Spoiler for
Eksema atau Dermatitis Atopik, adalah penyakit keturunan. Biasanya sudah dialami sejak kecil. Kelainan kulit yang muncul dapat beragam, disertai gejala gatal dan berair. Lokasinya terutama pada bagian lipatan seperti leher, lipat siku maupun lipatan lutut. Penderita eksema biasanya juga memilki riwayat Asma ataupun Bersin berulang (Rinitis Alergi)


Quote:6. Akne Vulgaris (Jerawat)
Spoiler for
Jerawat merupakan erupsi noninfeksi dari papul maupun pustul pada wajah, kadang terdapat pada leher maupun punggung. Jerawat umumnya terjadi pada masa remaja, terutama saat pubertas. Pada pemeriksaan, untuk membedakan jerawat dengan penyakit kulit wajah lainnya, yaitu pada jerawat akan dijumpai adanya komedo.


Quote:7. Rosasea
Spoiler for
Merupakan penyakit kulit kronis menyerupai jerawat, dengan karakteristik kemerahan, bengkak kecil (papul), kadang bernanah (pustul), dan terdapat pelebaran pembuluh darah sekitar. Lokasinya terutama sekitar hidung.


Quote:8. Plan Rashes
Spoiler for
Ruam tanaman merupakan penyakit yang terjadi akibat alergi terhadap suatu racun tanaman. Biasanya gejala muncul 24-48 jam setelah terpapar dengan tanaman tersebut.


Quote:9. Razor Bumps
Spoiler for
Merupakan salah satu bentuk dari radang folikel rambut. Penyakit ini disebabkan akibat prilaku mencukur yang salah, dimana penderita mencukur area berambut, seperti jenggot terlalu ke pangkal atau juga karena di cabut.


Quote:10. Skin Tags
Spoiler for
Skin tags umumnya berupa tonjolan daging kecil, bertangkai dan sering tumbuh pada bagian leher maupun ketiak. Biasanya tidak menimbulkan keluhan kecuali masalah kosmetik.


Quote:11. Kutil
Spoiler for
Berbeda dengan skin tags, kutil merupakan tumor keratosis kecil yang disebabkan oleh infeksi Human Papiloma Virus (HPV).

Quote:12. Tinea Pedis (Athlete├ó€™s Foot / Kaki Atlit)
Spoiler for
Penyakit ini disebabkan akibat infeksi jamur pada kulit permukaan yang disebut Jamur Dermatofita. Gejala yang ditimbulkan berupa kulit sedikit terkelupas, kering, dan cukup gatal. Sering dijumpai pada atlit, hal ini mungkin dikarenakan penularan penyakit akibat seringnya berjalan tanpa alas kaki pada ruang ganti baju.

Quote:13. Moles (tahi lalat)
Spoiler for
Tahi lalat terjadi akibat penumpukan sel yang memproduksi pigmen kulit yang disebut Melanosit. Secara umum tahi lalat memiliki bentuk yang beragam, baik dari segi warna maupun ukuran.

Quote:14. Pityriasis Rosea
Spoiler for
Kelainan kulit ini biasanya muncul pada usia dewasa muda. Awalnya ditandai dengan sebuah bercak kemerahan pada bagian dada, sehingga disebut bercak medali (medalion lesion). Kemudian bercak bertambah banyak, dapat menyebar ke seluruh tubuh dengan bentuk yang oval.


Quote:15. Melasma
Spoiler for
Merupakan bercak kecoklatan/kehitaman yang biasanya muncul pada perempuan usia produktif, dapat juga disebabkan oleh hormon kehamilan maupun penggunaan pil kontrasepsi oral.


--UPDATE--
Quote:16. Pityriasis Versicolor (Panu)
Spoiler for
Pityriasis versicolor atau yang lebih dikenal dengan sebutan panu merupakan salah satu kelainan kulit yang diakibatkan oleh jamur. Biasanya ditandai dengan bercak keputihan agak bersisik. Lokasinya terutama pada bagian punggung, dan dapat disertai keluhan gatal.


Demikian beberapa kelainan kulit yang dapat dialami pada usia dewasa. Mengenai pengobatan sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu gejala yang dialami kepada Dokter, sehingga dapat ditegakkan diagnosis yang tepat.

sumber 1
sumber 2

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53266441a3cb1777148b45ac

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)