Home » » Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

Quote:Cara Membedakan MADU Asli Dan Palsu

Cara pertama:

Spoiler for Tuangkan sedikit madu kedalam gelas yang berisi air putih bening, coba perhatikan dengan seksama. apabila madu tersebut mengendap dan terpisah dengan air tanpa mengeruhkan air maka madu tersebut dipastikan murni, sebaliknya jika madu tersebut bercampur baur sehingga air tersebut mengeruh maka madu tersebut dipastikan palsu.

Cara kedua:

Spoiler for Dengan meneteskan madu di air di atas piring beling putih. Ketika piring digoyang ke kiri dan ke kanan, maka sebelum madu itu bercampur dengan akan membentuk segi enam atau sarang lebah. Semakin lama bentuk segi enam itu bertahan, berarti semakin baik nutrisi yang terkandung dalam madu tersebut alias Madu Asli. Semakin cepat bentuk segi enam itu memudar, maka jelaslah itu madu campuran, karena nutrisinya sudah jauh berkurang.

Spoiler for Videonya
Beberapa Video dari hasil searching:




Spoiler for rujukanSumber : http://on.fb.me/1eYmyIN

Ada cara lain?
Share di marih

Quote:F A Q

Quote:Original Posted By asuraimucok â–º
gan
kalo madu yang ada sisa tawonnya gimana tuh gan

atu asli apa nggak.?

maksudnya yang dijual keliling itu? not recomended gan, bukan merendahkan hanya saja harganya itu lho yang membuat ragu..

kalau untuk sisa tawon, pada saat kita beli madu curah dalam skala besar juga terkadang ada sisa tawonnya, tapi kemudian di saring (disaring, bukan dicampur bahan lain) dan dikemas maka tinggal madu bersih saja.
Madunya asli selama penjual madu nya agan percaya. menjual madu = menjual kepercayaan.

Quote:Original Posted By asiamastravel â–º
perasaan ada cara yg dibakar deh gan. tp lupa ane cara ngliatnya gmn tuh. dlu sih nyokap ane gitu gan

dengan cara korek api dimasukkan madu itu kan gan, ane gak percaya gan, hanya mitos.

Quote:Original Posted By 12dewa12iblis â–º
madu asli ga disemutin gan

Quote:Original Posted By Centriga â–º
kalo madu asli gak bakalan dikrubung ama semut gan
kalo palsu udah pasti dikrubungin semut

tidak mutlak juga gan kalau hanya dengan uji semut datang ke madu.

Penjelasannya begini,
pada saat madu masih di sarang/di pohon maka madu terlindungi oleh lapisan lilin yang tidak memungkinkan bagi semut untuk mendatanginya, pahit kali ya rasanya, sudah sunnatullah begitu. Kemudian ketika di panen, lapisan lilin itu disisir dan yang tersisa adalah madunya saja.
Nah, ketika tinggal madunya saja, meskipun gula madu berbeda dengan gula tebu dan gula lainnya, tapi tidak kemudian tidak ada semut yang akan datang, karena ternyata ada satu jenis semut yang masih mau manis gula, yaitu semut yang berkaki hitam, bukan rangrang ya, apa namanya ane gak tahu gan

Ringkasnya begitu gan. Intinya cari penjual yang agan percaya aja deh, yang tahu orang per orang sampai ke petani madunya, insya Allah itu madu asli.

Quote:Original Posted By auditor999 â–º
kalo setau ane, :
1. Madu aseli ga bakal membatu biar ditaruh di freezer selama apapun.
2. Madu aseli ga bakalan disemutin.
3. Kalo mau beli madu aseli, saran ane ya ente liat dulu yg jual madu tu punya peternakan madu segede apa? matching ga sama hasil madu yg dia jual gitu. tapi kalo beli madu di perhutani atau perusahaan resmi kayak 'madu pramuka' biasanya uda jelas kandungan madunya berapa di komposisinya.
4. Kalo ga yakin sama keaslian madu yg ente taksir, ya mendingan jangan coba2 beli.

sekian,


Ane jawab semampu ane ya
1. Madu di taruh di Freezer.

Agan bilang membatu, yang bener gan: membatu, mengental atau mengkristal? Beda ya antara ketiganya. Kalau madu mengkristal itu biasa gan, masih mungkin madu itu asli, hanya saja kadar airnya kebanyakan, mungkin panen pas musim hujan dan sebagainya.

2. Madu asli tidak disemutin?

Sudah ane jawab pada komentar sebelumnya.

3. liat dulu yg jual madu tu punya peternakan madu segede apa?

Setuju gan, ane lebih mengedepankan kepercayaan penjual madu itu dengan apakah ia mempunyai jalur/kenal/tahu orangnya sampai ke petani madunya, itu penting gan..

4. Kalo ga yakin sama keaslian madu yg ente taksir, ya mendingan jangan coba2 beli.

sama dong dengan no 3

Terimakasih.

[Quote:Original Posted By wh. â–º
waktu itu ane ke Thailand diajarin sama pakarnya gan

ambil sesendok madu
tuang kemana aja suka2
setinggi apapun ente nuang itu madu, aliran nya ga bakalan putus

kalo soal disemutin ato ga itu salah kata pakar disana

madu asli ga boleh disimpen di kulkas
minum madu jangan pake sendok stainless
pake sendok plastik ato melamin



Mantap gan, tambahan yang bagus. Ada benarnya, TAPI untuk aliran putus itu tergantung kadar airnya juga sih, kalau madu asli dipanen tapi kadar airnya melebihi batas (>22-25) maka tidak akan terjadi aliran madu seperti itu, pasti akan putus-putus nantinya, ingat ya, madu ini asli juga.

Ane juga gak merekomendasikan madu untuk disimpan di kulkas, karena kemungkinan akan merusak kandungan madunya, sebagaimana madu dipanaskan. semua itu tidak disarankan.

Minum madu dengan loga? jangan gan, berbahaya. karena terbukti ketika madu bersentuhan dengan logam maka kandungan zat dalam logam akan bisa ikut dalam madu yang kita minum dan itu berbahaya bagi tubuh kita. sebaiknya minum dengan sendok plastik atau melamin, itu lebih bagus.

Quote:Original Posted By pamungkas31 â–º
lebih kentel madu asli kan

Yang ini juga bukan yang utama gan, madu berbeda kadar airnya pada setiap panennya. Disebabkan perbedaan nektar bunga yang dihisap lebah, cuaca, jenis lebah juga menentukan, dan lain-lainnya.

Quote:Original Posted By kingsoul â–º
Ane pernah dengar gan, katanya kalo asli di kocok dlm botol kaca gk meletup
Cmiiw

Betul gan, itu juga salah satu trik untuk menguji keaslian Madu
Ujian keaslian dapat dilakukan dengan cara mengocok madu dalam botol pengemasnya. Madu asli biasanya setelah mengalami proses pengocokan akan mengeluarkan buih, sedangkan madu palsu tidak. Karenanya saat madu asli dalam botol, ia akan menekan tutup botol sehingga ketika tutup botol dibuka, maka akan terdengar suara letupan kecil.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa pengujian-pengujian diatas sangat berpengaruh terhadap geografis, bunga-bunga, iklim, nektar serta suhu setempat. Bila ada beberapa ketidakcocokan dalam hasil pengujian diatas itu disebabkan letak geografis yang menghasilkan madu berbeda-beda, akan tetapi pengujian yang terbaik masih pada pengujian laboratorium.

Quote:Original Posted By reversalchaos â–º
jadi klo di tes pake api ato tes dirubung semut gak valid ya gan..?

Valid pada beberapa jenis madu, maksudnya dari beberapa madu dari jenis nektar bunga yang dihisap lebah. Jangan digeneralisasi.

Quote:Original Posted By Monkii1 â–º
boleh tips nya gan,,, ada juga kata orang kalo asli ditaruh dikertas tipis,madunya g nyerap ke kertas,,,

Penjelasannya begini:
Uji keaslian dapat juga dilakukan dengan cara meneteskan madu pada selembar kertas. Madu yang berkategori palsu biasanya akan lebih mudah diserap oleh kertas karena kadar air yang dikandungnya lebih tinggi dibanding madu asli. Selain itu intensitas rasa manis madu palsu akan terasa lebih "lengket" di lidah. Sebaliknya pada madu asli, selain rasa manis akan ditemukan pula rasa asam mengingat madu asli memiliki tingkat keasaman (pH) sekitar 3,4 - 6,1.

Quote:Original Posted By SKenz â–º
ada madu palsu yang ga di semutin, itu apa pake bahan kimia ?

indikator palsunya darimana? jangan asal vonis lho, banyak teman ane yang membuang madu yang masih banyak isinya hanya karena mitos-mitos yang tak pasti. setelah ane tanya ia bilang madu merk ini dan ini, padahal setahu ane sebagai penjual madu merek yang ia sebut ane kenal pengemasnya dan asal madunya. nyesel deh dianya.

Kemudian, madu dengan bahan kimia, memang ada, dan menakjubkan, bahkan uji manual seperti uji-uji yang telah kita kenal itupun bisa lolos, uji lab kadar air juga lolos, tapi untuk kandungan madunya semisal enzim yang terkandung itu yang dinyatakan sebagai madu palsu.

Kalau ente malas ke lab uji madu sendiri, ada cara mudah mengetahui keaslian madu yang kita beli setelah diuji manual, yaitu dengan merasakan reaksi di tubuh kita setelah mengkonsumsi madu. Biasanya setelah mengkonsumsi madu murni dan asli, badan agak lebih ringan, dan rasa lapar agak sedikit hilang untuk sementara waktu.
Semoga membantu. Terimakasih.

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5237de12bfcb175022000002

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)