Home » » Tips Untuk Membangunkan Orang Pingsan

Tips Untuk Membangunkan Orang Pingsan

WELCOME TO MY THREAD
Spoiler for Semoga tidak

Quote:
Pingsan adalah suatu keadaan tidak sadarkan diri seperti orang tidur pada seseorang akibat sakit, kecelakaan, kekurangan oksigen, kekurangan darah, keracunan, terkejut/kaget, lapar/haus, kondisi fisik lemah, dan lain sebagainya.

Pada umumnya orang yang jatuh pingsan pada muka / wajah akan terlihat pucat pasih. Orang yang pingsan butuh oksigen dan tempat teduh terlindung dari terik sinar matahari. Oleh sebab itu amankan penderita pingsan ke tempat yang teduh dan tidak kerumuni orang banyak yang menonton saja.

Quote:Macam- macam pingsan
1. Pingsan karena sinar matahari
Gejalanya : Penghentian keringat secara tiba- tiba, badan lemas, sakit kepala, tidak dapat berjalan tegak, suhu tubuh 40- 41 0 C, pernapasan cepat dan tidak teratur.
2. Pingsan karena kelelahan atau kelaparan
Gejalanya : Kedinginan dan berkeringat, lemas, pandangan berkunang â€" kunang, kesadaran menurun.
3. Pingsan karena sakit jantung


Tips mengatasi orang pingsan sebagai berikut :

Quote:- Untuk mengembalikan kesadaran orang pingsan dapat menggunakan bau-bauan yang menyengat dan merangsang seperti minyak wangi, minyak nyong-nyong, anomiak, durian , bawang putih dan lain-lain.
Spoiler for Minyak kayu putih


Quote:- Jika wajah orang pingsan itu pucat karena kelelahan atau kelaparan maka sebaiknya baringkan di tempat datar, letakkan kepala lebih rendah dari kaki agar darah dapat mengalir ke kepala korban pingsan tersebut.
Spoiler for "http://kkcdn-static.kaskus.co.id/images/2013/03/11/5082445_20130311110852.jpg" border="0" alt="" />


Quote:- Jika pingsan karena sengatan matahari, baringkan di tempat yang teduh dan banyak angin, kompres seluruh badan dengan air dingin, usahakan jangan sampai menggigil dengan memijat kaki dan tangan.
Spoiler for teduh


Quote:- Jika muka orang yang pingsan itu merah maka sangga kepalanya dengan bantal atau sesuatu agar darah di kepalanya bisa mengalir ke tubuhnya secara normal.
Spoiler for


Quote:- Apabila si korban pingsan tadi muntah, maka sebaiknya miringkan kepalanya agar muntah orang itu bisa keluar dengan mudah sehingga jalur penapasan orang itu bisa lancar kembali.
Spoiler for Miring


Quote:- Bila pakaian atau aksesoris yang dipakai di tubuh terlalu ketat maka kita bisa mengendurkan agar darah dapat mudah mengalir dan korban mudah bernafas serta udara bisa menyegarkannya.
Spoiler for ketat gan


Quote:- Jika orang yang pingsan sudah siuman maka bisa diberi minum air gula atau teh manis hangat. Jika orangnya diabetes jangan diberi gula dan jika orangnya masih belum kuat memegang gelas atau minum sendiri dengan tangannya harap jangan diberi dulu agar tidak tersedak.
Spoiler for teh manis


Quote:- berikan pijatan pada sekitar dagu dan di bagian antara hidung dan mulut.


Quote:-Apabila orang tersebut pingsan karena serangan jantung baru kita berikan nafas buatan. tapi jangan sembarangan kasih nafas buatan ya gan. karena emang harus bener gan.

Spoiler for CPR


Quote:- Apabila orang itu tidak sadar-sadar maka sebaiknya hubungi ambulan atau dibawa ke pusat kesehatan terdekat seperti puskesmas, klinik, dokter, rumahsakit, agar mendapatkan perawatan yang lebih baik.
Spoiler for Ambulans


Quote:- Perhatikan orang lain di sekitar korban, jangan sampai harta benda milik orang yang jatuh pingsan tersebut raib diambil copet yang senang beraksi dikala orang lain sengsara. Perhatikan pula orang lain yang membantu atau menonton korban, jangan sampai mereka kecopetan saat serius membantu korban atau asyik melihat kejadian.

Spoiler for ada tambahanQuote:Original Posted By karoeanâ–º
sebenernya buat pingsan sendiri gan yang paling penting sebagai penolong adalah mengecek kesadaran nah gimana caranya?? caranya adalah bisa di teriakin dulu menggunakan rangsang dengar... kalau diteriakin gk bangung boleh di gerak-gerakin atau diberikan rangsang sakit...
tapi harus diliat apakah korban itu ada luka atau lebam di bagian tertentu misal doinya kecelakaan yah jangan di goyang-goyang gan cukup di pencet bagian antara hidung sama bibir (coba agan pencet pasti sakit) nah trus bisa lagi diantara kedua pentil/mamae itu agan tarik garis trus cari ditengahnya pas diiganya agan jari tengahnya setengah F finger trus diteken si korbannya agan bisa coba ini agak sakit tapi heheh.... nah kalau engk ada respon yang harus agan lakukan sebagai orang awam adalah minta tolong ke orang lain untuk menghubungi ambulan btw kan udah terkoordinasi dengan 119 sekarang (untuk dijakarta) nah trus agan cek dia di dalam mulutnya ada darah gk? kalau ada dimiringkan.... ada sumbatan gk? kalau bisa dikeluarkan semua sumbatannya... selanjutnya agan bisa memberi BLS/bantuan hidup dasar.... dengan cara CAB atau dulu ABC (airway breath circulation)

nah untuk yang kepanasan ada 2 teori gan... yang namanya heat cramp sama heat stroke

heat cramp itu kayak kalau anak-anak upacara pingsun... nah dia masih sadar tapi udah lemes segala macem masih keringetan itu karena suhu dia aja panas gan temperaturnya juga... dan caranya udah bener di taro tempat adem kasih yang dingin-dingin untuk mengurangi penguapan air dari dia kalau sadar yah kasih minum gan...

tapi kalau heat stroke ini udah pingsan gk sadar keringet kering gan... nah ini karena emang dia udah dehidrasi berat gan karena panas sehingga tubuh gk kuat... nah ini biasanya pasien dah gk sadar jadi langsung telpon ambulan gan karena takutnya adalah doi udah kehilangan mineral/air cukup banyak dan doi gk bisa ada asupan air karena doi pingsan jadi perlu di inpus....

nah untuk di baringkan itu sebenernya tujuannya adalah agar posisi jantung diatas dari otak nah soalnya otak itu sangat sensitif gan... kurang oksigen beberapa menit sel otak bakal mati kalau udah mati pengobatannya masih sulit gan oleh karena itu dibaringkan agar otak mendapat suplai darah tercukupi,,, maksudnya gini gan mending agan kehilangan jari kaki daripada kehilangan otak begituuu gan....

*ijin share ilmu dikit*

Sekian tips untuk mengobati orang pingsan gan.
Semoga bermanfaat.

Spoiler for ada-ada saja coment agan n sistaQuote:Original Posted By fadhilpradityaâ–º
kalo temen ane yang pingsan pernah ane pukulin gan, trus pas bangun dia merasa bingung
btw nais trit lanjutkan
Quote:Original Posted By uled_bulu â–º
yang pake bau bau menyengat itu gak begitu dianjurkan gan, coz orang pingsan butuh asupan oksigen banyak. klo dikasi bau bauan gitu jadi asupan oksigennya terganggu. terus jangan dikerubutin kalo bisa dibawa ketempat yang lega atau luas. kalo bisa mah digeber2 aja.

kalo yang pingsannya ce, wajib daleman ce dicopot dulu biar badannya rileks..tapi yang nyopotnya ce juga yah gan.

Quote:Original Posted By budihk â–º
kalo yang pingsan cewe mending kasih napas buatan gan heheehe

Quote:Original Posted By okkydookky â–º
Ada lg gan tambahan dari ane, kibas2in pake duit cepean gan biar kerangsang supaya siuman

Quote:Original Posted By lelaki.sehat â–º
Ada cara yg lebih simple gan:
Pegang jari telunjuk tangannya, kemudian masukkan telunjuknya itu ke dalam anusnya secara perlahan. Setelah itu masukkan telunjuknya tadi ke dalam lubang hidung atau mulutnya.

NB:
Cara ini juga ampuh untuk menguji seseorang yg pura2 pingsan tanpa harus menyakitinya

Selamat mencoba

Sumber : pakde ane n thanks.

Spoiler for buka ganyang coment ane doain biar masuk surga.
yang ngasih cendol ane doain semoga bahagia dunia dan akhirat

Quote:Spoiler for bila berkenan di hati agan2 sekalian
Spoiler for ane cuma pengin
Spoiler for jangan berikan

Quote:ane nerima saran & kritik membangun dari agan2 sepuh sekalian untuk lebih bisa menyempurnakan thread selanjutnya.

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/513d624748ba54311a000005

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)