Home » » Benarkah Ear Candle Itu Berbahaya?

Benarkah Ear Candle Itu Berbahaya?

Quote:Ear Candle / lilin pembersih telinga? Bikin Sehat atau SEBENARNYA Bahaya?? BENERAN bikin bersih atau CUMA HOAX???



Siapa sih yg belom pernah tau atau denger ear candle atau lilin yg dibilang bisa bersihin kotoran di dalam telinga dengan sangat luar biasa seperti ini???


selain itu ear candle di klaim dapat memberikan banyak efek positif seperti ini:
  • Sebagai terapi menghilangkan stress sehingga mudah tidur.
  • Relaksasi (menenangkan syaraf-syaraf/ syaraf kendur).
  • Menghilangkan jerawat.
  • Membersihkan telinga dari kotoran serta toksin.
  • Menjaga kecantikan dari dalam (soul) karena terasa nyaman bebas gelisah.
  • Meningkatkan ketahanan tubuh.

Tapi BENARKAH dengan menggunakan / dengan teraphy ear candle kita bisa mendapatkan manfaat waw diatas?? okey kita bahas bareng2 yah

tidak hanya bisa di dapatkan melalui perawatan atau teraphy di salon kini ear candle pun banyak dijual offline maupun online, hal ini memperluas kemungkinan keluarga / teman / orang yang kita kenal menggunakannya dengan mudah.. oke oke cherry nggak bakalan banyak teori bla bla bla disini, cherry kasi liat langsung beberapa percobaan hoax tidaknya ear candle tersebut.. setelah membaca dan melihat beberapa fakta ini, terserah pada agan dan sista masih percaya dengan manfaat ear candle yang ajaib atau sadar tentang apa itu ear candle yg SEBENARNYA




Quote:dikutip dari dillaardasy
Bulan kemarin kupingku mengalami sedikit gangguan. Rasanya seperti bindeng kalo kita berada didaratan tinggi atau seperti habis naik pesawat. Benar2 menderita deh, kuping bagian dalam terasa jadi lebih tebal, dan pendengarannya jadi terganggu.

Datenglah aku ke dokter tht di rspp jakarta. Setelah test pendengaran, alhamdulillah tidak masalah, alhamdulillah tidak budek juga. Gendang telinga juga bagus, alhamdulillah tidak pecah, dan yg paling melegakan : tidak ada kotoran yg menumpuk.

Setelah coba runut peristiwa... setelah diingat2, beberapa hari sebelumnya aku therapy ear candle. Hadu.. Sejak peristiwa itu aku gak lagi2 deh mau di therapy ear candle. Bukan salah therapystnya, bukan salah tempat reflexynya, tapi emang therapy ear candle tidak disarankan untuk dilakukan.


Aku dapet fakta bahwa www.wikimu.com : Sebuah pendataan pada tahun 1996 terhadap 144 dokter THT menemukan bahwa 14 di antaranya didatangi oleh pasien yang terluka oleh 'terapi' lilin. Termasuk -setidaknya- 13 kasus luka bakar luar, 7 kasus liang telinga yang tersumbat lelehan lilin, dan 1 kasus gendang telinga yang rusak (bolong, perforated).


Quote: dikutip dari: bearear
saya membeli dari 2 orang berbeda dikarenakan harganya bervariasi
kebetulan barang yang saya dapat beda merk
merk I dan merek L

betapa kagetnya saya ketika melihat harganya bervariasi

ternyata didominasi merk yang sama, tetapi harganya berbeda-beda
kalau begitu apa bedanya?
1. Harga membeli satuan dan borongan berbeda jauh, sehingga harganya menjadi bervariasi.
2. Ada yang berkata bahwa harga berbeda-beda dan kualitas juga berbeda-beda, mungkin yang dimaksud merk berbeda.
poin no 1 dan 2, saya melihat bervariasinya harga, padahal merknya sama.
Hal tersebut juga bisa dikarenakan penjual yang banyak dan berbeda dalam memberi harga(mencari laba).

kemudian sayapun mencobanya
merk yg 1 cepat habis terbakar, asapnya banyak, abunya cepat hancur dan bertebaran dimana-mana
merk yg 2 lama habis terbakar, asapnya dikit, abunya tidak mudah hancur

saya mencoba masing-masing merk tersebut di kuping yang berbeda
untuk apa? untuk melihat perbedaan dalam "membersihkan" kuping
karena salah satu fungsi earcandle adalah membersihkan kuping

inti terapi ear candle adalah masuknya asap ke telinga
1. terapi terjadi dengan asap lilin memasuki kuping
2. kotoran di ear candle adalah hasil pembakaran, bukan kotoran telinga!!!

Jadi sekali lagi saya jelaskan, adalah salah paham menganggap hasil pembakaran ear candle merupakan kotoran telinga dan jamur telinga
(tidak mungkin kotoran dan jamur ditelinga sebanyak itu)

saya sendiri juga mengadakan penelitian yang mirip
1. tabung kecil pengganti kuping
2. earcandle dengan sekelilingnya dilapisi tisue supaya ear candle menyumbat tisue (saya beri celah sedikit, sebagai sirkulasi udara)
3. didasar tabung saya kasih serpihan sepihan kecil tisue, anggap sebagai kotoran telinga

Hasil pembakaran:
1. sama seperti diatas, saya mendapatkan kotoran di ear candle, kesimpulan: kotoran tersebut adalah hasil pembakaran ear candle bukan kotoran kuping
2. serpihan serpihan kecil tisue TIDAK tersedot kedalam ear candle, pertanda efek vakum yang menyedot kotoran telingan oleh earcandle tidaklah benar
3. dari dasar tabung , terdapat lapisan kotor, semacam lapisan lilin, itu adalah sisa sisa asap yang mengalir dari ear candle

Kesimpulan:
1. ear candle tidak membersihkan telinga
2. ear candle merupakan terapi, bukan untuk membersihkan telinga
3. sisa asap dikuping dapat meninggalkan bekas
4. kotoran di ear candle adalah sisa pembakaran ear candle (lilin), BUKAN KOTORAN TELINGA!!!
5. beberapa ear candle memiliki fungsi sebagai aroma terapi, didalamnya tidak tertulis sebagai "pembersih kuping"

Quote:dikutip dari: hutomo999
Dilaporkan oleh The London Free Press, harian Kanada. Seorang perempuan yang mengalami penyumbatan di hidung dan sakit telinga saat melakukan scuba diving pergi ke sebuah toko 'makanan kesehatan' dan dirujuk ke seorang praktisi candling yang 'diakui'.

Selama 'perawatan', ia merasakan sensasi terbakar yang kuat di telinganya. Di ruang rawat gawat darurat, usaha untuk menyingkirkan tetesan wax yang menempel di gendang telinganya mengalami kegagalan. Operasi dilakukan, dan ditemukan sebuah lubang di gendang telinganya, yang kemungkinan besar terjadi akibat candling.

Untungnya, perempuan tersebut pulih secara penuh dan pendengarannya normal kembali. Praktisi ear candling tersebut meminta maaf, memberikan kompensasi, dan berhenti melakukan praktik ear candling.

Sebagai penutup, inilah penjelasan dari Sandra Yemm, seorang praktisi ear candling, ketika ditanyakan tentang kasus rusaknya gendang telinga yang saya sebutkan tadi: Ear candling doesn't remove the wax from one's ears. But she says that's not the point: "It doesn't matter whether it's being removed or not because you're going to get some harmony through the changing of the energies and perhaps that's all that's needed."

Masih banyak cerita tentang bahaya ear candle yang ada mungkin agan dan sista bisa browsing untuk menambah informasi tentang bahaya ear candle ini.. untuk agan dan sista yang memiliki pengalaman menggunakan ear candle, cherry akan sanagat seneng jika agan dan sista mau berbagi pengalaman tersebut untuk ane taruh di page one



boleh bagi gan jika berkenan..
atau boleh bantu ane untuk menghargai TS



Sumber:Spoiler for tulisan ts sendiri dan sumber kutipan sudah disertakan

Pengalaman asli dan tambahan kaskuser
Quote:Original Posted By nakasaki â–º
wah jadi dugaan ane bener ni, kotoran yg di ear candle bukan kotoran kuping melainkan lilin sisa pembakaran. pantesan ane buka & ane ndus ndus kok gak ada bau khas kotoran telinga sama sekali.
pake ini ear candle juga bahaya ternyata. kemaren ane coba2 terapiin sendiri adek ane. corong yang buat dimasukkin ke telinga terlalu masuk ke dalam walhasil malah lepas dari lilinnya dan nyangkut di lubang telinga. untung bisa diambil setelah lubang telinganya diolesin minyak telon & dicabut pake cabutan bulu ketek
Quote:Original Posted By raveflyingheart â–º
Ini gan ada video dokter THT yg membersihkan sisa wax di telinga pasien yg sdh ada komplikasi infeksi telinga

Quote:Original Posted By 11rinx â–º
oke ane setuju banget ...ane pernah nyoba ear candle gitu tapi ga didalem kuping .. pas udah dikit trus ane buka eh didalemnya banyak semacam kotoran gitu Quote:Original Posted By amnessterz â–º
Temen ane pernah coba dan kebetulan ane sendiri yg bantu dia pegangin lilin nya. Setelah tuh lilin abis, kita penasaran n bongkar tuh lilin yg tinggal sepotong kecil. Positif, kita langsung yakin kalo macam kotoran / yg di kira kotoran itu adalah lilin. Pegang aja, cuma lilin. Quote:Original Posted By ardyG10 â–º
anak ane pernah dicoba pakei ear candle sm saudara,
katanya liat hasilnya banyak jamurnya,tp sudah bersih krn ear candle,
gak lama stelah terapi anak ane bilang telinganya gatel minta diliat ane,
ane senterin dan coba bersihin pake cotton bud ternyata masih kotor & kuning,
ane tanyain sm saudara ane knapa masih kotor,ndak bisa jawab sodara anenya ..

Cherrylie STK #90

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/548e6a3c902cfe44488b4574

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger