Home » » Etika Olahraga Lari di Tempat Umum

Etika Olahraga Lari di Tempat Umum

Berlari dan Lari Yoyoiii Fenomena olahraga lari memang sedang menjadi trendi gaya hidup sehat masa kini, tak jarang kita melihat hampir di setiap bulan tiap kota terdapat perlombaan lari. baik 5km, 10 km hingga marathon disisi lain kita juga sering melihat hampir tiap pagi, sore bahkan malam sekalipun terdapat sekelompok pelari yang sedang berlari dijalan raya atau di tempat-tempat umum hal ini musti maklumi karena mengingat pemerintah belum bisa menyediakan sarana dan prasarana olahraga atau venue olahraga yang baik untuk olahraga ini sehingga terkadang di jalan dan tempat umum lainya menjadi tempat berlari
semuanya itu tidak bermasalah asalkan ketertiban dan etika itu bisa di jaga untuk tidak mengangu aktifitas pengguna jalan atau tempat umum lainya

Quote:WARNING
Untuk itu disini TS mencoba mensahre Etika atau Rules yang menurut TS harus diperhatikan baik itu oleh TS sendiri maupun kaskuser sekalian yang mempunyai Hobby berlari, terutama yang olahraga lari biasanya berlari di tempat umum atau di jalan raya

Yoii kawan kaskuser, meski olahraga lari itu baik untuk kesehatan kita, di tengah maju pesatnya teknolgi dan permainan modern yang memanjakan orang untuk malas beraktifitas olahraga, olahraga lari itu baik untuk kesehatan kalau tujuan kita berlari untuk sekedar kesehatan untuk menghindari serangan penyakit Hipokinetik (kurang gerak). untuk itu ketika sedang berolahraga di tempat-tempat umum sebaiknya jangan lupa memperhatikan etika olahraga di tempat umum agar tidak mengangu aktifitas yang sedang berlansung di tempat-tempat tersebut ada baiknya perhatikan hal-hal berikut ini meski bukan Rules umum dalam olahraga lari di tempat umum tapi sebaiknya di perhatikan yah
Jangan sampai olahraga yang seharusnya bisa menumbykan rasa jiwa sehat jasmani dan jiwa sosial ini menimbulkan kesan-kesan kurang baik di masyakat umum

Quote: Yoyoiiii Lansung saja di simak
etika-etika olahraga lari di tempat umum berikut ini :

Quote:Jangan Mengambil Seluruh Sisi Jalan


Quote:Jika kamu berlari dalam grup, usahakan jangan berlari melebihi dua baris kesamping agar orang-orang lain memiliki kesempatan untuk melewatimu. Jangan mendorong pelari lain, pesepeda, dan pejalan kaki keluar jalur. Ketika berlari dalam kelompok di rute yang ramai, larilah dalam satu baris lurus.

Berlari Melawan Arus Lalu Lintas/Searah Lalu Lintas



Quote:Untuk menghindari tertabrak dari belakang, berlarilah melawan arah arus lalu lintas. Dengan demikian kamu bisa melihat dengan jelas setiap kendaraan dan pengguna jalan lain yang bergerak kearahmu, dan mereka juga bisa melihat kamu berlari. Hal ini terutama penting bila kamu berlari di malam hari atau di waktu subuh ketika matahari belum sepenuhnya terbit. Bagi yang berlari searah atau melawan arah di haruskan berlari dalam satu/dua barisan bisa di kondisikan biasanya untuk komunitas lari yang sering mengadakan lari sehat bersama
Jangan Berbunyi

Quote:Sebisa mungkin jangan membawa uang receh atau gantungan kunci di kantong. Suara yang mereka hasilkan ketika kamu berlari akan mengganggu pelari lain disekitarmu.
Jangan Berhenti Mendadak


Quote:Jika kamu harus berhenti untuk mengikat tali sepatu atau untuk melakukan perenggangan, pindahlah ke pinggir sisi jalan terlebih dahulu. Pastikan keberadaan orang lain di belakangmu ketika hendak menepi agar tidak memotong jalur mereka.
Ikuti Aturan Trek


Quote:Patuhi aturan dari lokasi dimana kamu berlari, baik itu di jalan raya maupun di lapangan trek. Jangan melanggar aturan mengenai arah jalan, atau sisi jalan khusus pelari atau khusus pesepeda. Bila tidak terpasang tanda aturan, bertanyalah pada pelari lain di lokasi tersebut atau ikuti gerak gerik mereka jika kamu tidak yakin apa yang harus dilakukan.
Pasang Kuping


Quote:Kamu harus bisa mendengar peringatan verbal pengguna jalan lain, “Hati-hati di kiri!” atau “Awas ada mobil!” Jadi penggunaan headphone untuk mendengar musik ketika berlari di jalanan tidak disarankan. Jika benar-benar harus mendengarkan musik, kecilkan volume dan hanya pasang headphone di satu telinga.
Lihat Ke Segala Arah


Quote:Selalu lihat ke kiri, kanan, depan dan belakang sebelum memasuki atau keluar dari suatu jalur, ketika di persimpangan jalan, dan ketika hendak menghampiri tempat minum. Hal ini penting terutama di saat lomba dimana keadaan water station biasanya kacau dan ramai.
Jaga Kebersihan


Quote:Jangan membuang sampah sembarangan. Botol air mineral kosong, bungkus camilan, atau sampah apapun, selalu buanglah pada tempatnya. Bila tidak ada tempat sampah di dekatmu, pegang atau kantongi sampai kamu menemukan tempat sampah.

Ini yang musti di perhatikan Apalagi di beberapa kota di indonesia seperti bandung mulai hari ini 1 desember telah berlaku PERDA PEMKOT Bandung tentang Denda bagi yang membuang sampah sembarangan jadi jangan hanya karena ingin berlari sehat dan murah hanya karena membuang sampah sembarangan bisa berakibat fatal, tujuan lari untuk kesehatan baik untuk diri sendiri juga untuk orang lain, jadi buanglah bekas minuman mineral yang di pegang saat berlari dibuang pada tempatnya
Quote:Quote:
Tata Tertib Trek

Trek merupakan salah satu alternatif ideal bagi pelari dari lari di jalanan karena kita tidak perlu khawatir mengenai bahaya lalu lintas. Alas permukaan trek yang lebih fleksibel juga lebih aman bagi sendi dibanding aspal dan beton. Selain itu, adanya penanda jarak di jalur trek memudahkan kita dalam menghitung jumlah kilometer (1 putaran/lap = 400 meter). Namun ada beberapa aturan yang sebaiknya dipatuhi bila kita hendak berlatih di lapangan trek.
Berlari Sesuai Arah

Quote:
Pada umumnya haluan lari di jalur trek adalah melawan arah jarum jam tapi tiap lapangan trek mungkin memiliki aturan yang berbeda. Cari papan peraturan yang mencantumkan arah lari atau bertanya pada petugas yang berwenang. Alternatif lainnya adalah mengamati dan mengikuti panduan pelari lain.
Berlari Sesuai Jalur

Quote:Jika kamu berencana melakukan latihan lari ringan, berlarilah di jalur paling luar. Jalur sisi dalam biasanya diperuntukan bagi pelari cepat atau mereka yang sedang melakukan latihan kecepatan.

Menyusul Dari Kanan


Ukuran Trek Sesuai Standarisasi International Association of Athletics Federations
Quote:Etiket di lapangan trek menghimbau kita untuk menyusul pelari lain dari arah kanan jika sedang berlari di trek dengan haluan lari yang melawan arah jarum jam. Bila berlari sesuai arah jarum jam, sebaiknya menyusul dari arah kiri.
Berhati-hati Dengan Musik

Quote:
Sama seperti ketika berlari di jalanan atau di jalur trail, mendengarkan musik di trek harus dilakukan dengan hati-hati. Pastikan volume kecil dan hanya memakai headphone di satu telinga agar kamu dapat mendengar peringatan verbal dari pelari lain.
Perhatikan Jam Operasi Lapangan


Quote:Sebagian besar lapangan trek memiliki jam operasional dan juga periode dimana lapangan ditutup untuk umum, seperti saat pertemuan acara atletis atau perlombaan tertentu. Bila ragu, bertanyalah pada petugas yang berwenang mengenai peraturan ini.


Sumber: diolah dari beberapa artikel dan tambahn dari ts
1II

Quote:

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/547c41860d8b46ff1e8b4571

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)