Home » » Kekayaan Indonesia yang Patut Menjadi Warisan Dunia

Kekayaan Indonesia yang Patut Menjadi Warisan Dunia

Proud to be Part of

Click Image to Visit Our Home


Kali ini TS mau sajikan tentative list, yaitu daftar kekayaan Indonesia yang diajukan untuk dapat diangkat menjadi warisan dunia. Banyak sekali kekayaan bangunan, alam, dan budaya yang dimiliki Indonesia. Beberapa diantaranya sudah diangkat menjadi World Heritage atau Warisan Dunia. Berikut kekayaan Indonesia yang diajukan untuk dijadikan World Heritage



Quote:Prologue
Sebuah Daftar Tentatif adalah daftar inventarisasi properti-properti yang dimiliki setiap Negara untuk dipertimbangkan menjadi nominasi sebagai warisan dunia selama tahun-tahun berikutnya. Negara-negara didorong untuk mengirimkan dalam Daftar Tentatif mereka, yaitu kekayaan yang memiliki sifat sebagai budaya dan/atau warisan alam dengan nilai universal yang luar biasa sehingga patut menjadi Daftar Warisan Dunia.




Langsung Ajah Disimak Kekayaan Indonesia yang Patut Menjadi Warisan Dunia


1. Banda Island, Maluku

Quote:Banda Neira atau Banda Naira adalah salah satu pulau di Kepulauan Banda yang merupakan pusat administratif Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Indonesia. Banda Neira pernah menjadi pusat perdagangan pala dan fuli dunia, karena Kep. Banda adalah satu-satunya sumber rempah-rempah yang bernilai tinggi itu hingga pertengahan abad ke-19.
Spoiler for BI
Quote:t="" />
Quote:
Quote:



2. Banten Ancient City, Banten

Quote:Kota Kuno Banten Lama adalah situs yang merupakan sisa kejayaan Kerajaan Banten. Di tempat ini terdapat banyak Situs peninggalan dari Kerajaan Banten, diantaranya, Istana Surosoan, Masjid Agung Banten, Situs Istana Kaibon, Benteng Spellwijk, Danau Tasikardi, Meriam Ki Amuk, Pelabuhan Karangantu, Vihara Avalokitesvara
Spoiler for banten
Quote:
Quote:
Quote:


3. Bawomataluo, Nias

Quote:Bawömataluo adalah salah satu desa di kecamatan Fanayama, Kabupaten Nias Selatan, provinsi Sumatera Utara.
Desa Bawömataluo terkenal sebagai desa budaya dan budaya yang terkenal di desa ini adalah tradisi "Lompat Batu"
Spoiler for bawoma
Quote:
Quote:
Quote:



4. Belgica Fort, Maluku

Quote:Benteng Belgica pada awalnya adalah sebuah benteng yang dibangun oleh bangsa Portugis pada abad 16 di Pulau Neira,Maluku. Benteng ini dibangun dengan tujuan untuk menghadapi perlawanan masyarakat Banda yang menentang monopoli perdagangan pala oleh VOC.
Spoiler for belgica
Quote:
Quote:
Quote:



5. Pura Besakih, Bali

Quote:Pura Besakih adalah sebuah komplek pura yang terletak di Desa Besakih, Kecamatan Rendang Kabupaten Karangasem, Bali, Indonesia. Komplek Pura Besakih terdiri dari 1 Pura Pusat (Pura Penataran Agung Besakih) dan 18 Pura Pendamping (1 Pura Basukian dan 17 Pura Lainnya). Di Pura Basukian, di areal inilah pertama kalinya tempat diterimanya wahyu Tuhan oleh Hyang Rsi Markendya, cikal bakal Agama Hindu Dharma sekarang di Bali, sebagai pusatnya.
Spoiler for besakih
Quote:
Quote:
Quote:



6. Betung Kerihun National Park, Kalbar

Quote:Taman Nasional Betung Kerihun (sebelumnya Gunung Bentuang) adalah taman nasional yang terletak di provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Taman nasional ini didirikan pada tahun 1992, dan memiliki wilayah seluas 8.000 km² (3.100 mil²).
Spoiler for kerihun
Quote:
Quote:
Quote:



7. Bunaken National Park, Sulut

Quote:Taman Nasional Bunaken adalah taman laut yang terletak di Sulawesi Utara, Indonesia. Taman ini terletak di Segitiga Terumbu Karang, menjadi habitat bagi 390 spesies terumbu karang dan juga berbagai spesies ikan, moluska, reptil dan mamalia laut. Taman Nasional Bunaken merupakan perwakilan ekosistem laut Indonesia, meliputi padang rumput laut, terumbu karang dan ekosistem pantai.
Taman nasional ini didirikan pada tahun 1991 dan meliputi wilayah seluas 890.65 km². 97% dari taman nasional ini merupakan habitat laut, sementara 3% sisanya merupakan daratan, meliputi lima pulau: Bunaken, Manado Tua, Mantehage, Naen dan Siladen.

Spoiler for buna
Quote:
Quote:
Quote:



8. Derawan Island, Berau, Kaltim

Quote:Pulau Derawan terletak di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur Satuan morfologi Pulau Derawan adalah dataran pantai bertopografi datar. Pantai pasir memiliki kemiringan lereng sekitar 7° - 11° dengan lebar 13,5 - 20 meter.
Spoiler for dera
Quote:
Quote:
Quote:



9. Elephant Cave, Bali

Quote:Goa Gajah adalah gua buatan yang berfungsi seperti tempat ibadah. Gua ini terletak di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatu, Kabupaten Gianyar, Bali. Berjarak kurang lebih 27 km dari Denpasar. UNESCO mencatat goa ini sebagai warisan dunia dalam daftar tentatif (menunggu kepastian) pada tanggal 19 Oktober 1995 dalam bidang kebudayaan
Spoiler for goga
Quote:
Quote:
Quote:



10. Great Mosque of Demak, Jawa Tengah

Quote:Masjid Agung Demak adalah salah satu mesjid tertua yang ada di Indonesia. Masjid ini terletak di desa Kauman, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.
Spoiler for demak
Quote:
Quote:
Quote:



11. Gunongan Historical Park, Aceh

Quote:Taman Putroe Phang (Taman Putri Pahang) adalah taman yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda (1607-1636) untuk permaisurinya Putroe Phang yang berasal dari Kerajaan Pahang. Taman ini dibangun karena sultan sangat mencintai Putri Pahang dan agar sang permaisuri tidak kesepian bila di tinggal sultan menjalankan pemerintahan.
Pembangunan taman dikisahkan merupakan permintaan dari Putroe Phang, putri raja yang dibawa ke Aceh oleh Sultan Iskandar Muda setelah kerajaan Pahang ditaklukan

Spoiler for gun
Quote:
Quote:
Quote:



12. Muara Takus Compound Site, Riau

Quote:Situs Candi Muara Takus adalah sebuah situs candi Buddha yang terletak di di desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto,Kabupaten Kampar, Riau, Indonesia. Situs ini berjarak kurang lebih 135 kilometer dari Kota Pekanbaru.
Situs Candi Muara Takus dikelilingi oleh tembok berukuran 74 x 74 meter, yang terbuat dari batu putih dengan tinggi tembok ± 80 cm, di luar arealnya terdapat pula tembok tanah berukuran 1,5 x 1,5 kilometer, mengelilingi kompleks ini sampal ke pinggir Sungai Kampar Kanan. Di dalam kompleks ini terdapat beberapa bangunan candi yang disebut dengan Candi sulung /tua, Candi Bungsu, Mahligai Stupa dan Palangka.

Spoiler for takus
Quote:
Quote:
Quote:



13. Muarajambi Temple Compound, Jambi

Quote:Situs Purbakala Kompleks Percandian Muaro Jambi adalah sebuah kompleks percandian agama Hindu-Buddha terluas di Indonesia yang kemungkinan besar merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu. Kompleks percandian ini terletak diKecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi, Indonesia, tepatnya di tepi Batang Hari, sekitar 26 kilometer arah timur Kota Jambi. Koordinat Selatan 01* 28'32" Timur 103* 40'04". Candi tersebut diperkirakakn berasal dari abad ke-11 M. Candi Muaro Jambi merupakan kompleks candi yang terbesar dan yang paling terawat di pulau Sumatera. Dan sejak tahun 2009 Kompleks Candi Muaro Jambi telah dicalonkan ke UNESCO untuk menjadi Situs Warisan Dunia.
Spoiler for jambi
Quote:
Quote:
Quote:



14. Ngada Traditional House and Megalithic Complex, Flores

Quote:Permukiman Ngada merupakan perkampungan megalitik kuno yang unik di Kabupaten Ngada. Di kampung ini suasana tradisional masih terasa saat memasuki perkampungan yang berjajar rapi dengan batu-batu menhir menjulang di antaranya. Para pria akan sibuk berkebun atau berburu sementara para wanita nampak sibuk menenun kain. Sangat aku rekomendasikan untuk dikunjungi
Spoiler for ngada
Quote:
Quote:
Quote:



15. Penataran Hindu Temple Complex, Jawa Timur

Quote:Candi Penataran, adalah sebuah candi berlatar belakang Hindu yang telah ada sejak kerajaan Kediri dan digunakan sampai era kerajaan Majapahit. Komplek candi Penataran ini merupakan komplek candi terbesar di Jawa Timur dan terletak di lereng barat daya Gunung Kelud. Terletak pada ketinggian 450 M dari permukaan laut, komplek candi Penataran ini terletak di desa Panataran, kecamatan Nglegok, Blitar
Spoiler for penataran
Quote:
Quote:
Quote:



Lanjut Dibawah Gan

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/536a2254fbca17de198b4744

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)