Home » » Tips Sebelum Putuskan Membeli Hewan Peliharaan

Tips Sebelum Putuskan Membeli Hewan Peliharaan




Quote:

Quote:INTERMEZZO






Quote:
Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan sebelum anda membeli binatang peliharaan? Pelihara binatang kesayangan dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi para pecinta binatang. Binatang kesayangan seringkali dapat membantu anda untuk menghindari stress, karena mereka dapat menjadi teman setia anda di rumah. Kelucuan serta loyalitas yang ditunjukkan oleh binatang peliharaan kesayangan anda dapat menjadi hiburan bagi keseharian yang menyenangkan dalam hidup anda.

Menurut penelitian dari University of Wisconsin, memelihara binatang ternyata dapat menurunkan risiko alergi pada anak sebesar 33 persen. Bahkan hebatnya, bukan tidak mungkin bahwa orang dewasa yang juga telah menderita alergi bertahun-tahun bisa sembuh dengan cara memelihara binatang.

Sebuah penelitian lain juga menyebutkan bahwa pemilik binatang peliharaan dapat membantu menciptakan kondisi jantung yang sehat. Sebab mereka yang memelihara binatang akan mengalami penurunan tekanan darah dan kolesterol yang menjadi pemicu utama serangan jantung. Dan bagi balita atau anak-anak, memelihara binatang dapat membantu balita dalam mengembangkan ketrampilan sosial.

Namun demikian, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum anda mengambil keputusan untuk menambah anggota keluarga anda dengan membeli binatang kesayangan.




Quote:

Quote:1. Pastikan Punya Waktu Yang Cukup.





Quote:
Apakah setiap anggota keluarga benar-benar setia dan bersedia meluangkan waktu untuk menjaga binatang peliharaan? Jika iya, maka anjing atau kucing bisa menjadi pilihan. Jika tidak, pelihara saja kura-kura.

Binatang peliharaan akan membutuhkan perhatian dari anda layaknya seperti manusia. Keseharian mereka membutuhkan uluran tangan kita sebagai pemiliknya. Untuk itulah anda perlu memastikan, bahwa anda punya waktu yang cukup untuk memperhatikan dan merawat binatang kesayangan anda, dari mulai memberi mereka makan dan minum, memandikan, mengajak bermain, hingga membersihkan kotoran mereka.




Quote:

Quote:2. Butuh Biaya Ekstra





Quote:
Pemeliharaan binatang juga memerlukan biaya. Cobalah bertanya kepada pemilik hewan lain, semisal anjing, tentang besarnya uang yang harus dikeluarkan selama sebulan untuk berbagai kebutuhan seperti makanan, obat dan lain-lain. Lalu, bandingkanlah dengan pendapatan Anda! Jika terlalu besar maka keinginan untuk memiliki hewan sebaiknya ditunda dulu.

Selain biaya untuk membeli binatang peliharaan, akan timbul biaya ekstra untuk merawat kecantikan binatang peliharaan anda. Siapkan dana lebih untuk membeli makanan, mainan, atau bahkan persiapan dana saat mereka sakit dibawa ke dokter hewan. Anda harus memberikan mereka tempat tinggal khusus bagi binatang-binatang yang membutuhkan tempat khusus untuk tempat tinggal mereka. Faktor higienis juga harus anda perhatikan dengan hadirnya mereka.




Quote:

Quote:3. Ketahui Alergi Anda atau Keluarga.





Quote:
Alergi menjadi persoalan yang sering dilupakan calon pemilik hewan. Sebelum membeli hewan tertentu, tanyakanlah kepada setiap anggota keluarga, apakah mereka alergi terhadap bulu binatang tertentu. Jika masih berminat juga, tanyakanlah kepada dokter keluarga agar alergi tak terus menerus menyerang.

Pastikan anda atau anggota keluarga anda tidak memiliki alergi terhadap binatang yang akan anda pelihara. Jangan paksakan keinginan anda untuk memelihara binatang kesayangan, jika anda atau salah satu anggota keluarga anda ternyata memiliki alergi. Kedua belah pihak, antara anda atau keluarga dengan binatang peliharaan, keduanya harus bisa memberikan dampak kesehatan, bukan malah justru menimbulkan bahaya bagi kesehatan.




Quote:

Quote:4. Pastikan Kondisi Binatang.






Quote:
Perhatikan kondisi fisik dan mental binatang, saat anda memilih dan membeli binatang peliharaan.

Jika binatang yang akan anda ambil masih kecil, itu berarti ia harus siap jauh terpisah dari induknya. Kenali juga jenis kelaminnya, apakah dia jantan atau betina. Karena terkadang, perilaku dan karakter mereka punya sedikit perbedaan diantara keduanya. Pastikan binatang yang akan anda jadikan hewan peliharaan juga dalam keadaan sehat, tidak berpenyakit.




Quote:

Quote:5. Berkomitmen dan Siap dengan Konsekuennya.





Quote:
Dan terakhir, berkomitmen pada keputusan anda saat membeli binatang peliharaan adalah hal penting. Dengan memutuskan untuk merawat mereka, berarti anda harus siap dengan segala konsukensinya, dari mulai masalah waktu hingga kasih sayang atau perhatian.

Pastikan anda juga memenuhi segala kebutuhan mereka. Saat mereka jadi binatang peliharaan, maka mereka tidak akan bebas lagi berkeliaran seperti sebelumnya saat mereka tak punya tuan. Maka seharusnya anda yang akan menyiapkan segala keperluan mereka.

Memelihara binatang kesayangan memang menyenangkan dan dapat menjadi teman setia saat anda merasa kesepian. Namun jangan lupa untuk memperhatikan kelima point diatas, untuk memastikan kesiapan anda untuk membeli binatang peliharaan di rumah. Sayangi binatang anda dengan sepenuh hati, karena konon katanya, mereka juga dapat memberikan loyalitas serta timbal balik rasa sayang kepada tuannya, jika anda memperlakukan mereka dengan baik.




Quote:

Quote:6. Perhatikan Lingkungan Sekitar





Quote:
Cobalah mengamati lingkungan tempat tinggal Anda. Apakah mereka bersahabat kepada hewan?

Semisal, ada beberapa tempat yang anti terhadap anjing. Perhatikan juga tingkat keamanannya. Burung jenis tertentu, anjing dan kucing ras rawan pencurian karena harganya yang mahal.




Quote:

Quote:7. Pilih Binatang yang Cocok dengan Anda





Quote:
Berikut adalah daftar hewan yang paling tepat untuk membangun kepribadian Anda. Setiap hewan di sini memiliki beberapa nilai khusus yang bisa dipelajari oleh Anda. Jadi, pilih hewan dengan kualitas yang unik dan dapat membantu Anda tumbuh menjadi seseorang yang peduli dan menjadi individu yang bertanggung jawab.


Quote:

Spoiler for Anjing
1. Anjing
Anak anjing yang lucu dan suka diemong adalah hewan peliharaan yang ideal untuk anak. Meskipun anak anjing menuntut banyak waktu, usaha dan perawatan; anjing dapat menanamkan ajaran kebajikan penerimaan pada anak-anak. Anjing dengan cepat memahami ketika pemiliknya sedang sedih dan kesepian. Dengan memiliki anjing sejak usia dini, anak-anak juga bisa belajar menjadi lebih sensitif terhadap perasaan orang lain.




Quote:

Spoiler for Kucing
2. Kucing
Terkenal jahil, pemalu, dan elegan; kucing membutuhkan lebih sedikit perhatian dibandingkan dengan anjing. Mereka menerapkan contoh 'melakukan apapun sendiri' dengan sangat baik. Membawa pulang anak kucing yang berbulu mungkin akan membuat anak Anda meniru ketenangannya, kemanjaannya dan kenakalan mereka yang tidak berbahaya.




Quote:

Spoiler for Ikan
3. Ikan
Seekor ikan melambangkan kebijaksanaan, keberuntungan dan anugerah. Namun, memilih ikan yang tepat sangat penting. Walaupun ikan mas mungkin terkenal dan sejuk untuk dimiliki, ikan mas memiliki umur yang tidak terduga. Jadi, jika anak Anda sensitif, ia mungkin akan benar-benar terpengaruh jika hewan peliharaan kesayangannya mati tiba-tiba. Ikan mengajar anak-anak untuk memikul tanggung jawab karena ikan memerlukan perawatan seperti pembersihan dan pemberian makan secara teratur.




Quote:

Spoiler for Marmut
4. Marmut
Makhluk yang berukuran rata-rata ini dapat menjadi teman terbaik anak Anda. Marmut merupakan binatang yang ramah dan lembut. Marmut adalah hewan yang sabar, yang dapat menjadi bonus bagi seorang anak untuk memulai perawatan hewan peliharaan. Dapatkan hewan-hewan kecil yang suka diemong untuk anak Anda dan lihat seberapa baik ia belajar untuk peduli dan penuh kasih.




Quote:

Spoiler for Kelinci
5. Kelinci
Kelinci dapat menjadi hewan yang sangat cerdas. Kelinci sangat menghibur dan cerdas. Sebagai permulaan, dapatkan kelinci yang lebih kecil untuk anak Anda. Dia akan belajar untuk menangani mereka lebih baik. Namun pastikan bahwa Anda mengawasi semua interaksi anak dengan hewan peliharaan karena kelinci bisa menjadi agresif jika tidak ditangani dengan benar.



Quote:

Spoiler for Burung Kakaktua
6. Burung Kakatua
Meskipun sedikit mahal, kakatua bisa menjadi hewan peliharaan yang sangat baik untuk anak-anak. Kakatua adalah binatang yang tenang, ramah dan menyenangkan. Anak-anak bisa belajar untuk mengurus hewan peliharaan dengan merawat kakatua. Kedewasaan, perhatian dan memiliki gerakan yang cepat adalah ciri khas dari kakatua.




Quote:

Spoiler for Hamster
7. Tikus atau hamster
Tikus putih kecil atau tikus abu-abu keduanya merupakan hewan peliharaan yang sempurna untuk anak muda, anak-anak yang belum matang. Tikus mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan apapun. Anak-anak dapat belajar banyak dari makhluk-makhluk kecil. Nilai-nilai seperti kemampuan adaptasi, komitmen dan sikap yang santai yang dimiliki oleh tikus dapat dipelajari oleh anak Anda.




Quote:

Spoiler for Kura-kura
8. Kura-kura
Reptil berkaki pendek ini memiliki umur yang sangat panjang. Kura-kura juga melambangkan ketekunan dan keuletan. Kura-kura Rusia pemakan tumbuhan bisa menjadi hewan peliharaan yang sangat baik untuk anak-anak. Kura-kura mungkin tidak hangat dan berbulu halus seperti mamalia lainnya. tetapi kura-kura bisa memiliki umur yang panjang.







Quote:

Quote:
Spoiler for Sumber
|1||2|3|4|


Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53c0635d620881c85c8b4570

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)