Home » » Perjuangan Indigo Mengharumkan Indonesia di Mata Dunia

Perjuangan Indigo Mengharumkan Indonesia di Mata Dunia




Salam kenal, nama ane Teuku Rusdy. Di kampus, ane biasa dipanggil Mr. Rusdy karena salah satu bidang yang ane geluti adalah mengabdi sebagai dosen muda disalah satu perguruan tinggi di Aceh. Dulu ane sangat introvert dan tidak suka exposure. Seorang teman menginspirasi ane, bahwa ane harus bisa lebih terbuka dan menginspirasi pemuda lain. Ok, kali ini ane tidak akan bercerita hal-hal yang berkaitan dengan keindigoan, visioner atau kemampuan memvisualisasi sesuatu seperti di thread ane sebelumnya.

Ini tentang pencapaian terbesar yang pernah ane raih. Demi mengharumkan bangsa di mata dunia. Serta perjuangan tanpa pamrih dengan tingkat kesulitan tinggi. Menghantarkan Indonesia sebagai negara paling berprestasi di dunia bidang pelatihan bahasa Inggris secara free dan komprehensif. Juga diakui sebagai pelatihan bahasa Inggris paling menakjubkan dan terbesar didunia.

Diawali tekad menjadikan bahasa internasional sebagai bahasa ke 2 di Indonesia. . Gagasan mencerdaskan/mempersatukan bangsa dalam satu proses belajar mengajar di alam, bahkan di stadiun raya melibatkan ribuan orang dari semua kalangan. Alur cerita ini terinspirasi dari tanggal kemerdekaan RI 17-8-45 dan diringkas dalam:

17 Perjuangan 8 Pencapaian 45 Pengakuan

Ane persembahkan bagi mereka yang punya kepekaan tinggi baik sosial atau intuisi…bagi siapapun yang pernah di bully atau diperlakukan tidak adil...bagi mereka yang introvert dan menutup diri karena alasan tertentu..bagi mereka yang terus berjuang menjadi diri mereka sendiri ...I’m with you

Ok, let’s enter the story tunnel of mine…



Quote:Spoiler for 17 PERJUANGAN1. Menyikapi tsunami
Dimulai dari hati yang terpanggil untuk kembali ke Aceh paska tsunami 26 Desember 2004 silam. Ane mengundurkan diri dari salah satu perusahaan penerjemahan di Jakarta, disaat karir ane sedang menanjak sebagai sworn authorized translator multi bahasa saat itu.
Spoiler for Sang Saka berkibar di masjid Baiturrahman saat tsunami

2. Melawan trauma
Di Aceh, ane diterima bekerja di salah satu LSM Internasional. Walau tidak menyaksikan tsunami langsung, tapi ane juga merasakan trauma karena banyak saudara ane di Aceh menjadi korban.
Spoiler for Ane (paling ujung kemeja putih), me-launching training pertama yang ane manage

3. Mendirikan komunitas
Setahun mengabdi di LSM tersebut, ane ditawarkan pekerjaan di lembaga kemanusiaan dunia ICMC, Swiss selama 2 tahun. Sesudahnya, ane mendirikan komunitas sosial pembelajar bahasa asing yang awalnya bernama English Germany Club, bidang training bahasa Inggris, Jerman dan Arab secara free. Ironisnya, di kota ane, masyarakat belum menaruh minat meskipun secara gratis.

4. Merubah pola pikir masyarakat
Ane berusaha mensosialisasikan pentingnya pendidikan bahasa asing. Termasuk dengan mempelopori konsep training bahasa asing di Aceh yang fokus praktek speaking di alam seperti pantai, taman dan tempat rekreasi dengan pendekatan fun.

5. Menghadapi lingkungan yang berubah
Tahun 2009, ketika banyak relawan internasional meninggalkan Aceh, terjadi ledakan penggangguran. Banyak yang menganggap bahasa asing tidak lagi penting. Ane harus berjuang agar komunitas yang ane dirikan bertahan. Sayangnya, komunitas harus vakum selama 2 tahun. Dan selama itu pula, ane kembali bekerja di lembaga internasional lainnya, seperti WHH Welt Hunger Hilfe Jerman dan GHD Swiss.

6. Menghidupkan komunitas yang redup
Tahun 2011, ane kembali menghidupkan komunitas sebelumnya. Mengganti nama menjadi Mister English Club (MEC). Fokus hanya di bahasa Inggris dan tetap bersifat sosial.

7. Merancang inovasi belajar efektif
Dengan upaya yang menguras pikiran, ane menciptakan sistem APPLE (Active Plus Practice Learning). Dengan 12 metode efektif pelatihan B. Inggris secara hypnoteaching.
Spoiler for Sistem inovatif penguasaan bahasa Inggris


8. Menyukseskan training bahasa Inggris terbesar Indonesia
Tidak mudah mengadakan training bahasa Inggris terbesar Indonesia. Melibatkan 2000 orang dan 100 trainer orang secara free.
Spoiler for Demi pendidikan, ane mengatur hampir 2000 kursi bersama tim dan trainer yang tetap semangat meski panas terik
Spoiler for Training bahasa Inggris terbesar Indonesia berjalan kondusif di tepi pantai Alun Alun

9. Pencapaian nasional.
Setelah perjuangan berat, ane didampingi Wakil Gubernur Aceh, Bpk. H. Muhammad Nazar menerima piagam MURI atas pencapaian mencerdaskan bangsa.
Spoiler for Bersama wagub dan komunitas
10. Follow up belajar berkelanjutan
Kegiatan training masih berlanjut, walau tidak lagi ditempat yang sama. Namun berpencar di beberapa tempat, berkelompok selama 6 bulan secara free.

11. Gagasan training bahasa Inggris terbesar dunia.
Enam bulan setelah follow up training bahasa Inggris terbesar Indonesia. Tahun 2012, ane mengembangkan sayap komunitas ke Banda Aceh untuk mengadakan training terbesar dunia.
Spoiler for Interview trainer


12. Memperbanyak sabar
Kesulitan tetap ada. Ane harus banyak bersabar ketika berurusan dengan birokrasi pemerintah daerah.

13. Menerima cibiran dan penolakan
Meski masih mendapat cibiran dari para dream killers yang menganggap Indonesia tidak akan mampu menghelat training sebesar yang ane gagas. Ane tetap 'struggle' dan mendapatkan dukungan dari sahabat intelektual dan cendekiawan. Salah satunya teman sesama aktivis pendidikan, Prof. Abraham Champ. Beliau ikut menjadi trainer dan menggunakan sistem APPLE yang ane pelopori.
Spoiler for Bersama Prof. Abraham Champ

14. Hampir putus asa

Ada kalanya semangat ane menurun karena cibiran orang yang ingin menjatuhkan. Juga karena ane kelelahan bolak balik Aceh-Jakarta untuk mencari dukungan dari dinas terkait, tapi hasilnya belum maksimal. Ane rela mengorbankan waktu, dana pribadi, bahkan air mata demi pendidikan.

Spoiler for Sad (Pic, taken from my video)

15. Menyukseskan training bahasa Inggris terbesar dunia
Kerja keras secara maksimal untuk menyukseskan training bahasa Inggris terbesar dunia. Semangat ini mencuri perhatian Guinness Royal World Records yang berpusat di Inggris dan Amazing World Records. Meskipun tujuan kegiatan ini bukan untuk memecahkan rekor, tapi untuk mencerdaskan bangsa secara long term.


16. Pencapaian dunia
Perjuangan mengharumkan Indonesia membuahkan hasil. Meski ane bukan pejabat/ anggota dewan. Penghargaan ini juga tidak terlepas dari dukungan komunitas. Ane juga berterima kasih kepada komunitas.
Spoiler for For Indonesia 1
Spoiler for For Indonesia 2
Spoiler for With Sir Ron & rectors
Spoiler for Inspired
Spoiler for Great book


17. Keberlanjutan.
Setelah belajar di stadiun, training berlanjut secara berpencar dan berkelompok selama 3 bulan. Setelahnya, masih berlanjut lagi dengan skill training, seminar, workshop, dan sosialisasi. Sampai saat ini, follow up jangka panjang masih berjalan.
Spoiler for LanjutSpoiler for Terus
Quote:Spoiler for 8 PENCAPAIANPrestasi terbesar adalah ketika menyaksikan piagam penghargaan dunia bertuliskan kata “for Indonesia”.
Spoiler for 2 for Indonesia6 Pencapaian Tertinggi Ane Lainnya:
Piagam penghargaan Royal World Records untuk penggagas, piagam Amazing World Records untuk penggagas, piagam MURI untuk komunitas, piagam MURI untuk daerah, plakat dunia World Amazing Records untuk penggagas, penghargaan Amazing World Records atas sistem APPLE dengan 12 metode paling efektif untuk speaking, dll. (Pic nya dibawah include dengan yang lainnya)
Banyak bagian dari komunitas yang ane dirikan berprestasi debat bahasa Inggris. Tahun ini, Aceh ditunjuk sebagai tuan rumah kompetisi debat bahasa Inggris tingkat nasional, berkat pencapaian selama ini.Quote:Spoiler for 45 PENGAKUAN*
Spoiler for Penghargaan/pengakuan lainnya atas kiprah TSSpoiler for Seluruh penghargaan TS di banyak bidang (dapat dibuktikan keabsahannya)
Spoiler for From nothing to something

Quote:Spoiler for MISCELLANEOUSSelain sebagai dosen muda, aktivis sosial dan volunteer. TS juga adalah seorang keynote speaker seminar, inovator program bisnis, konsultan relationship, pakar psychocybernatics, motivator, idea maker, jobtrainer, researcher, pelatih TOEFL, visioner, dan penulis book of idea.
Perampungan ‘Book of Idea’ sendiri masih tertunda karena kesibukan TS yang padat. Pembuatan buku ini juga memiliki tingkat kesulitan tinggi karena melalui banyak proses. Buku ini dipastikan launching awal tahun 2015 dalam 2 bahasa. Juga tentang‘How to be Leonardo Da Vinci of 21st Century’. Isi dari buku ini sendiri masih penulis rahasiakan dengan 200 ide mahal yang tidak untuk dikonteskan dalam ajang inovasi. Ide dilindungi oleh HAKI. Buku ini akan menjadi buku pertama dengan ide orisinil terbanyak di dunia tentang temuan, prototype & inovasi produk/jasa atas pemikiran author sendiri. Khusus untuk kaskuser, ini bocoran sinopsis dari isi buku tersebut
Spoiler for For Indonesia


TS juga unjuk sedikit kebolehan membuat video kreatif terkait prestasi ini. Karya ini juga dipersembahkan untuk Kaskus & Pertamina. Berjudul THE ACHIEVEMENT. Konsep video terinspirasi dari film GRAVITY dan KASKUS.
Spoiler for THE ACHIEVEMENT

Pencapaian ini juga diliput oleh TV nasional dan salah satunya masuk sebagai kegiatan belajar paling menakjubkan di dunia versi ON THE SP*T
Just check it out

Spoiler for Salah satunya masuk ON THE SP*T
Spoiler for Peace


Spoiler for Salah satu pemberitaan media



Sumber-sumber:
Sumber link pemberitaan media massa atas pencapaian TS
(TS rangkum menjadi 45 sumber sebagai angka tahun kemerdekaan RI).
Just check it out.

Kompas
Tempo
Republika
Okezone
Yahoo!News
The Globe Journal
Berita Online
Tribunnews
Seputar Aceh
Alabaspos
Unikdunia
Lintasnews
Klikunic
Djarumbeasiswaplus
Acehcybernews
Detik
Enakdibaca
Bangkapos
Antaranews
Indonesiaraya
Acehtourism
Kanal1web
Kedaulatan Rakyat
Warta Aceh
In seconds
English Community
Aceh lon sayang
Bangun pribadi emas
Fashingnet
Eyeonfans
Belajar Massal
Infonews
Pusatseo.com
Himipol.unimal
Biggest training
Mahasiswajkl
Article.worldnews
Unikgaul
Berita Edukasi
Indonesia Unik
Rekor Terunik
Dukung Belajar
Journeysliza
Serambinews
Debat Nasional

Spoiler for Dan masih banyak lagi :)

Photo kegiatan di thread ini orisinil dari dok.pribadi.
GIF bersumber dari link dibawah ini:
Birds Book
Tunnel
Single bird
Prolog
Mosque



Jika berkenan mohon di rate ya gan...Bagi yang ngasih cendol atau nge rate, semoga dilimpahkan percikan rejeki..


Spoiler for Syarat No. 8 dan 9

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53f92ffd0d8b46940f8b45ca

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger