Home » » Kata-kata Terpanjang dari Beberapa Bahasa di Dunia

Kata-kata Terpanjang dari Beberapa Bahasa di Dunia



Spoiler for cek repost
Judul boleh sama, tapi isi harus beda

Selamat datang agan-agan di thread ane. Kalau di thread sebelah agan ditantang untuk membaca nama tempat terpanjang, kali ini ane tantang agan-agan untuk membaca kata dari beberapa bahasa di dunia. Sebelum membaca thread ini, pastikan anda tidak sedang makan/minum karena dikhawatirkan akan terjadi hujan yang tidak diinginkan . Okelah gan, langsung saja baca beberapa kata di bawah (spoiler) ini :

Spoiler for Danish Language


Bahasa yang digunakan di Denmark dan sekitarnya ini memunyai beberapa kata terpanjang. Namun yang terpanjang memiliki 51 huruf, yaitu Speciallægepraksisplanlægningsstabiliseringsperiode yang berarti Period of plan stabilising for a specialist doctor's practice dalam Bahasa Inggris (apa ya Indonesianya? ada yang bisa terjemahkan?)


Spoiler for Estonia Language


Bahasa Estonia memunyai kata dengan 31 huruf, yaitu uusaastaöövastuvõtuhommikuidüll yang berarti untuk menyatakan pagi yang idealistis setelah tahun baru. Agan yang mau ngucapin natal bisa menggunakan kalimat ini Maalilist jõuluööeelootusaega ja illuminaarses aoõhetuses uusaastaöövastuvõtuhommikuidülli (buat nge-troll-in orang ) yang berarti "merry christmas and happy new year. Ada juga kata terpanjang yang unik, yaitu kuulilennuteetunneliluuk yang bisa dibaca dari kiri maupun kanan dan artinya "the hatch a bullet flies out of when exiting a tunnel" dalam Bahasa Inggris (yang ini ane benar-benar bingung mau nerjemahin )

Spoiler for Finnish Language


Bahasa yang datang dari salah satu negara paling Utara Bumi memiliki kata dengan 61 huruf. lentokonesuihkuturbiinimoottoriapumekaanikkoaliupseerioppilas
yang berarti "airplane jet turbine engine auxiliary mechanic non-commissioned officer student" dalam Bahasa Inggris

Spoiler for Germany Language

siebenhundertsiebenundsiebzigtausendsiebenhundertsiebenundsiebzig merupakan kata terpanjang dalam Bahasa Jerman dan terdapat 65 huruf di dalamnya . Artinyapun simple, cuma 777.777 (baca sendiri ya).
Quote:Original Posted By inayram â–º
bahasajerman ada yang lebih panjang dari itu gan

siebenhundertsiebenundsiebzigmillionsiebenhundertsiebenundsiebzigtausendsie benhundertsiebenundsiebzig

artinya 777.777.777
jumlah hurufnya hitung sendiri ya



Spoiler for Russian Language


Bahasa Rusia yang mungkin dianggap sulit dibaca oleh agan-agan (padahal nggak juga sih ) juga ada sebagian kata panjang. Kata yang paling panjang, yaitu ТысячевосьмисотвосьмидесятидевятимикрР¾Ð¼ÐµÑ‚ровый (baca : Tysyachevosmisotvosmidesyatidevyatimikrometrovy) yang merupakan adjektiva dengan 46 huruf. Artinya "1889-mikrometer"

Spoiler for Swedish Language

Tata Bahasa Swedia memungkinkan adanya kata yang sangat panjang, salah satunya yaitu Spårvagnsaktiebolagsskensmutsskjutarefackföreningspersonalbeklädnadsmaga sinsförrådsförvaltarens terdiri dari 95 huruf dan berarti "[belonging to] The manager of the depot for the supply of uniforms to the personnel of the track cleaners' union of the tramway company" dalam Bahasa Inggris

Spoiler for Arabic Language

Salah satu bahasa tersulit di dunia, yaitu Bahasa Arab juga ada kata terpanjang (walaupun nggak kelihatan panjang sih). فسيكفيكهم (baca : fasayakfikahumu) merupakan yang terpanjang dalam Al Qur'an tapi bukan yang terpanjang dalam Bahasa Arab. أفاستسقيناكموها (baca : afastasqaynakumuha) terdiri dari 20 huruf (termasuk huruf vokal) dan berart "did we ask you to give it to us to drink" dalam Bahasa Inggris

Spoiler for Hebrew Language

Bahasa yang digunakan kaum Yahudi ini memunyai kata וכשלאנציקלופ×"יותינו (baca : u'chshelentsiklopedioténu) yang terdiri dari 19 huruf (termasuk vokal). Artinya "dan apabila ensiklopedia kami akan memunyai..."

Spoiler for Indonesian Language

Eittss.....jangan dikira kita nggak punya kata terpanjang. Mempertanggungjawabkannyalah merupakan kata terpanjang dalam Bahasa Indonesia dengan 28 huruf (kebanyakan afiksasi nih ). Yang artinya ....... (terjemahin sendiri lah )

Spoiler for Turkish Language

Bahasa yang dulunya dipakai di Ottoman juga ada kata yang bikin pusing bacanya. MuvaffakiyetsizleÅŸtiricileÅŸtiriveremeyebileceklerimizdenmiÅŸsinizcesineyk en terdiri dari 74 huruf dan berarti "When as if you would be from those we can not easily/quickly make a maker of unsuccessful ones" dalam Bahasa Inggris (ada yang bisa menerjemahkan?)

dan yang terpanjang adalah..............

Spoiler for Sanskrit Language

Bahasa yang digunakan di Nepal ini memunyai kata terpanjang di dunia, yaitu निरन्तरान्धकारिता-दिगन्तर-कन्दलदमन्द-सुधारस-बिन्दु-सान्द्रतर-घनाघन-वृन्द-सन्देहकर-स्यन्दमान-मकरन्द-बिन्दु-बन्धुरतर-माकन्द-तरु-कुल-तल्प-कल्प-मृदुल-सिकता-जाल-जटिल-मूल-तल-मरुवक-मिलदलघु-लघु-लय-कलित-रमणीय-पानीय-शालिका-बालिका-करार-विन्द-गलन्तिका-गलदेला-लवङ्ग-पाटल-घनसार-कस्तूरिकातिसौरभ-मेदुर-लघुतर-मधुर-शीतलतर-सलिलधारा-निराकरिष्णु-तदीय-विमल-विलोचन-मयूख-रेखापसारित-पिपासायास-पथिक-लोकान् (baca : nirantarāndhakāritā-digantara-kandaladamanda-sudhārasa-bindu-sāndratara-ghanāghana-vr̥nda-sandehakara-syandamāna-makaranda-bindu-bandhuratara-mākanda-taru-kula-talpa-kalpa-mr̥dula-sikatā-jāla-jaṭila-mūla-tala-maruvaka-miladalaghu-laghu-laya-kalita-ramaṇīya-pānīya-śālikā-bālikā-karāra-vinda-galantikā-galadelā-lavaṅga-pāṭala-ghanasāra-kastūrikātisaurabha-medura-laghutara-madhura-śītalatara-saliladhārā-nirākariṣṇu-tadīya-vimala-vilocana-mayūkha-rekhāpasārita-pipāsāyāsa-pathika-lokān). Jangan heran gan jika setelah ditransliterasikan ada 431 huruf di dalamnya . Artinya "In it, the distress, caused by thirst, to travellers, was alleviated by clusters of rays of the bright eyes of the girls; the rays that were shaming the currents of light, sweet and cold water charged with the strong fragrance of cardamom, clove, saffron, camphor and musk and flowing out of the pitchers (held in) the lotus-like hands of maidens (seated in) the beautiful water-sheds, made of the thick roots of vetiver mixed with marjoram, (and built near) the foot, covered with heaps of couch-like soft sand, of the clusters of newly sprouting mango trees, which constantly darkened the intermediate space of the quarters, and which looked all the more charming on account of the trickling drops of the floral juice, which thus caused the delusion of a row of thick rainy clouds, densely filled with abundant nectar." (terjemahin sendiri ya) . Ati-ati ya gan, jangan ampe muncrat bacanya

<==============UPDATE 1, 21/12/2014===============>

Spoiler for very longest in the worldAda yang bilang nama asli protein-lah yang terpanjang. Walaupun bukan termasuk kata di kamus (CMIIW) ane tambahin aja sekalian. Inget gan, tulisan ini ada 189.819 (seratus delapan puluh sembilan ribu delapan ratus sembilan belas) huruf. Karena terlalu panjang dan kalau ditaruh di kaskus bisa jadi kurang lebih 10 post, jadi ane kasih linknya aja ya
link : http://pastebin.com/wkKH8xD8# no jebmen


Mungkin agan-agan ada yang bilang "itu kan sama aja kayak kalimat, bukan kata". Ingat gan, tata bahasa setiap bahasa di dunia berbeda-beda. Ada konjungasi kata kerja, kasus kata benda, gender kata benda, dll. Ane ambil contoh kata dari Bahasa Turki, "kalbimdesin" kalo di Bahasa Turki bisa disebut kata, kalo di-Bahasa Indonesia-kan bisa menjadi kalimat (kau di hatiku). Kalb = hati, Kalbim = hatiku, kalbimde = di hatiku, kalbimdesin = kau di hatiku (CMIIW). Semoga agan tau maksud ane Terima kasih sudah berkunjunng ya gan.

Spoiler for SUMBERSUMBER


pic from www.itisgoodtoknow.com

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/54969c7812e257c2648b4569

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger