Home » » Melihat Indahnya Pesona Kabupaten Kuningan di Timur Jawa Barat

Melihat Indahnya Pesona Kabupaten Kuningan di Timur Jawa Barat

Quote:



Quote:




Quote:

Tugu kuda di taman kota Kuningan


Quote:Kalo aganwati tanya ane berasal dari mana? 100% ane orang Pandeglang, Banten. Tapi ane punya keturunan darah Kuningan juga....Campur-campurlah. Itulah salah satu alasan kenapa ane bikin thread ini semata karena ane juga merasa memiliki Kabupaten Kuningan yang indah itu.

Dan tak lupa minimal setahun 2 kali ane selalu menyempatkan diri untuk berkunjung kesana. Sekedar untuk bersilaturahmi sekaligus berlibur sejenak untuk menikmati indahnya panorama gunung Ciremai yang terlihat gagah persis di depan "villa" ane di desa Ciniru, Jalaksana, Kab. Kuningan.



Sekilas tentang Kuningan

Quote:
Selain Ciamis dan Cirebon, Kuningan adalah salah satu kabupaten yang terletak di paling timur Jawa Barat. Berbatasan langsung dengan Kab. Cirebon, Kab. Brebes (Jateng), Kab. Majalengka, dan Kab. Ciamis di selatan.

Sebagai salah satu Kabupaten yang terus membangun di segala sektor, Kuningan boleh disebut sebagai Kabupaten yang relatif pesat dalam kontek pembangunan. Baik itu pembangunan sumber daya alam maupun SDM nya.

Buat agan agan yang ingin berkunjung atau pertama kali datang ke Kuningan, maka pertama kali yang akan agan lihat adalah gunung Ciremai. Gunung tertinggi di Jawa Barat inilah salah satu "tuan rumah" yang akan menyambut kedatangan agan agan disana.

Keindahan Ciremai sudah bisa agan saksikan ketika agan masih berada di wilayah Cirebon dan Brebes, atau di Majalengka dan Ciamis. Gunung Ciremai seolah ingin mengatakan "Selamat datang di Kuningan" kepada para tamunya yang datang.

Note : Sepanjang perjalanan agan di Kuningan, agan mungkin tidak akan menemukan jalanan yang rusak apalagi hancur lebur seperti di tanah Banten. Dan itu akan agan nikmati sepanjang jalan di Kuningan, bahkan hingga ke ke pelosok pelosok kampung. Kalopun ada sedikit bolong itu bisa dihitung dengan jari.

Spoiler for









Posisi geografis puncaknya terletak pada 6° 53' 30" LS dan 108° 24' 00" BT, dengan ketinggian 3.078 m di atas permukaan laut. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat.

Gunung ini memiliki kawah ganda. Kawah barat yang beradius 400 m terpotong oleh kawah timur yang beradius 600 m. Pada ketinggian sekitar 2.900 m dpl di lereng selatan terdapat bekas titik letusan yang dinamakan Gowa Walet.

Kini G. Ciremai termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), yang memiliki luas total sekitar 15.000 hektare.


Ada apa saja di Kuningan?

Quote:

Linggar Jati - Kuningan

Beberapa kilometer sebelum agan sampai di pusat kota Kuningan, ada baiknya agan mampir dulu ke Linggar Jati (di Kec. Cilimus). Sebab boleh dibilang Linggar Jati juga merupakan salah satu objek wisata terbaik yang berada di Kab. Kuningan.

Disana agan bisa menyaksikan indahnya panorama gunung Ciremai dengan hutan pinusnya yanga asri dan sejuk. Ada juga lokasi outbound, kolam renang, dan bumi perkemahan. Sebagai wisata pendidikan Linggar Jati juga terkenal sebagai lokasi sejarah berlangsungnya perundingan Linggar Jati antara pihak Indonesia dengan Belanda pada tanggal 11 November 1946.

Alamat: Jl.Linggarjati No.04 Desa Linggasana Kec.Cigandamekar - Kuningan
Telp/Fax: ( 0232 ) - 613188

Alamat: Jl. Naskah Linggajati Np.106 Linggajati Kec. Cilimus - kuningan
Telp/Fax: (0232) 615379

Spoiler for











Quote:

Sangkanhurip - Kuningan
Setelah menikmati segala keindahan yang ada di Linggar Jati kini saatnya agan berpindah ke Sangkanurip. Sangkanurip adalah salah satu lokasi wisata yang terkenal dengan pemandian air panasnya. Disana juga banyak sekali hotel-hotel dan penginapan, mulai dari kelas melati hingga hotel berbintang.

Di Sangkanhurip ada beberapa kolam renang air panas yang terbuka maupun yang berupa kamar kamar yang tertutup. Sumber air panas ini diambil langsung dari gunung Ciremai. Dan cocok sekali untuk relaksasi tubuh yang lelah.

Alamat: Jl.Pemandian Air Panas Sangkanhurip No.210 Desa Sangkanhurip Kec.Cigandamekar
Telp/Fax: ( 0232 )613142

Spoiler for







Quote:

Curug Sidomba - Kuningan

Curug Sidomba letaknya tidak jauh dari lokasi wisata Sangkanhurip yang mungkin baru saja agan kunjungi (kurang lebih sekitar 4 kilo saja dari Sangkanhurip). Di sana agan bisa menyaksikan bukan hanya panorama indahnya gunung Ciremai dari dekat. Melainkan juga agan bisa berwisata bersama keluarga untuk melihat sejuknya air terjun Sidomba di tengah lembah.

Masih di Curug Sidomba, agan agan bisa melihat beberapa ekor domba yang memiliki keunikan dengan tanduknya. termasuk beberapa hewan lainnya. Atau bisa berkeliling dengan mobil khas Sidomba untuk melihat lihat suasana keindahan alam di sana.

Alamat: Jl.Sidomba No.1 Desa Peusing Kec.Jalaksana - Kuningan
Telp/Fax: (0232)9144117 / (0232)613320

Spoiler for











Quote:

Cibulan - Kuningan

Ini adalah salah satu wisata renang favorite ane waktu kecil dan hingga hari ini. Cibulan yang terletak di Kec. Manis Kidul, Kab. Kuningan ini merupakan salah satu lokasi wisata yang di dalamnya terdapat beberapa kolam renang besar yang airnya sangat dingin. Kesegaran akan terasa ketika agan memasukan kaki dan tubuh agan ke dalam air Cibulan yang terkenal dengan ikan dewa nya tersebut.

Beberapa stasiun televisi nasional pernah meliput tentang keanehan seputar ikan dewa yang terdapat di kolam renang Cibulan. Dan ane pernah melihat sendiri ikan ikan tersebut hilang entah kemana ketika kolam renang ini disurutkan untuk dikuras dan dibersihkan. Tapi kemudian ikan itu hadir lagi setelah airnya kembali penuh. Percaya atau tidak, semua terserah anda.

Alamat: Desa Manis Kidul Kec.Jalaksana Kab.Kuningan
Telp/Fax: (0232)614045

Spoiler for










Quote:

Palutungan

Palutungan & Curug Putri adalah salah satu objek wisata alam di Kabupaten Kuningan. Palutungan & Curug Putri merupakan sebuah kawasan hutan dan air terjun yang terletak di kaki gunung Ciremai tepatnya di Kecamatan Cigugur, berjarak ±10 km dari pusat kota Kuningan.

Palutungan & Curug Putri merupakan perpaduan antara pesona alam pergunungan hutan serta air terjun yang jernih, didukung udara pergunungan yang sejuk menantang untuk berwana wisata menguak misteri hutan. Fasilitas yang tersedia adalah rafting, camping area, saung, pos jaga, pondok kerja, papan petunjuk, instalasi air bersih, shelter, tempat sampah, bangku, MCK dan musholla. Ditempat ini dapat pula bersantai dan menikmati jajanan yang tersedia.
Source

Alamat : Desa Cisantana Kec. Cigugur - Kuningan
Telp/Fax: -

Spoiler for







Quote:

Waduk Darma

Waduk Darma adalah sebuah waduk yang terletak di sebelah barat daya dari kota Kuningan, tepatnya di desa Jagara- Kecamatan Darma dan pada lintasan jalan raya Cirebon-Kuningan-Ciamis. Menempati areal seluas ± 425 ha, dikelilingi oleh bukit dan lembah serta pemandangan yang indah dengan udara yang sejuk. Kapasitas genangan air maksimal ± 39.000.000 m3. Jarak obyek wisata ini adalah ± 12 km dari kota Kuningan dan dari ± 37 km dari kota Cirebon .

Waduk ini selain berfungsi sebagai penampungan air untuk pengairan dan perikanan juga dapat dijadikan sarana rekreasi dan olahraga. Apalagi diwaktu senja hari di Waduk Darma. Fasilitas yang tersedia : • Areal kemping • Kolam Renang Anak-anak • Perahu Motor • Cottage, dll.
Source

Spoiler for







Quote:

Talagaremis

Talaga Remis adalah salah satu objek wisata alam di Kabupaten Kuningan. Talaga Remis merupakan sebuah danau yang terletak di kaki gunung Ciremai tepatnya di Desa Kaduela, Kuningan, Kecamatan Mandirancan, berjarak ±37 km dari pusat kota Kuningan

Hutan wisata Talaga Remis mempunyai luas areal kurang Iebih 13 Ha. Sedangkan luas danaunya 3,25 Ha, yang dikelola oleh Perum Kehutanan Kabupaten Kuningan. Terdapat 8 telaga yaitu : Telaga Leat, Telaga Nilem, Telaga Deleg, Situ Ayu Salintang, Telaga Leutik, Telaga Buruy, Telaga Tespong, dan Sumur Jalatunda. Hutan wisata Talaga Remis menyimpan keanekaragaman flora dan fauna, terdapat kurang lebih 160 jenis tumbuhan di antaranya sonokeling, malaka, kosambi dan lain-lain. Salah satu daya tarik tempat ini adalah adanya satu jenis tumbuhan langka yaitu Pisang Hyang.

Alamat : Desa Kaduela Kec. Paswahan - Kuningan
Telp/Fax: -

Source

Spoiler for







Quote:

Kota Kuningan

Setiap kota mempunyai ciri khasnya masing-masing begitu juga dengan kota Kuningan. Menurut ane kota Kuningan itu relatif kecil, namun meskipun kecil kota Kuningan boleh dibilang sebagai salah satu kota dengan pembangunan infrastruktur yang cepat dan modern.

Ada banyak hotel berfasilitas lengkap di pusat kota, Masjid agung Syiarul Islam yang megah, taman kota Kuningan yang cukup lumayan indah yang terletak tepat di pusat kota. Sarana dan prasarana pusat olahraga dari berbagai macam cabang. Belum lagi pertokoan yang berderet rapih serta beberapa pusat perbelanjaan dan kuliner khas Kuningan yang hampir tersebar di pelosok kota.

Sehingga kebutuhan masyarakat baik itu ekonomi, sosial, dan budaya semua nyaris terfasilitasi dengan baik. Dan hal ini sangat jauh bila dibandingkan dengan beberapa Kabupaten di Provinsi Banten khususnya Kabupaten Pandeglang, kota kelahiran ane tercinta. Dan ane terima itu dengan ikhlas jika akhirnya Kab. Pandeglang disebut sebagai kota paling ketinggalan jaman se Indonesia...Karena memang begitulah faktanya.

Spoiler for



















Kuliner dan oleh-oleh apa yang ada di Kuningan?

Quote:

Setelah kita berputar mengelililngi berbagai pesona pariwisata di Kabupaten Kuningan. Kini saatnya kita berburu kuliner dan oleh oleh khas Kuningan. Ada makanan apa aja sih di Kuningan dan oleh-oleh apa saja yang bisa kita bawa pulang?

Bicara soal kuliner, Kuningan tidak lepas dari makanan yang bernama "Hucap". Hucap adalah sejenis kupat tahu dengan bumbu kacang, kecap, dan ketupat. Setiap daerah dimanapun boleh saja punya jenis makanan yang sama. Tapi rasa tak bisa berbohong makanya tak salah juga untuk membuktikan sendiri seperti apa nikmatnya hucap ala Kuningan.

Selain hucap, Kuningan juga punya oleh-oleh khas yang namanya "peuyeum ketan". Nah, makanan yang satu ini betul betul menjadi trade mark kota Kuningan. Terbuat dari ketan putih atau hitam yang dibungkus dengan daun jambu kemudian di fermentasi menggunakan ragi. Rasanya yang manis dengan aroma yang khas sangat cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Selain itu Kuningan juga punya jajanan khas lain seperti kwecang, Kiripik gadung, dodol pasir (jawadah), sirop jeruk nipis, dan lain lain.

Spoiler for











Adat dan budaya

Quote:

Seren taun Cigugur

Upacara Seren taun merupakan upacara masyarakat agararis adalah penyerahan hasil panen yang diterima pada tahun yang akan berlalu serta salah satu media dalam mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala berkah yang telah diterima seiring dengan harapan agar dimasa yang akan datang, hasil panen seluruh anggota masyarakat dapat lebih melimpah lagi.

Spoiler for











Bahasa

Quote:

Sunda Jawareh (Jawa Sawareh)

Kalo boleh ane asumsikan 95% masyarakat Kuningan berbicara dalam bahasa Sunda (ada yang Sunda halus maupun kasar). Adapun sisanya yang 5% berbicara dalam bahasa campuran antara Jawa dan Sunda atau disebut dengan "Jawareh" (Jawa Sawareh = Separuh Jawa).

Beberapa warga Kuningan yang berbicara bahasa Jawareh biasanya tinggal di wilayah yang berbatasan langsung dengan Cirebon dan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

yang unik dari bahas Sunda Kuningan adalah banyaknya berbagai macam dialek atau logat khas dimana antara satu desa dengan desa yang lain cenderung berbeda beda. Selain itu banyak istilah dalam bahasa Sunda Kuningan yang cuma dikenal oleh sebagian orang Kuningan saja.

Contoh : Sebagian orang Kuningan ada yang menyebut istilah "handap" atau bawah dengan sebutan "Teoh". "Teoh" Artinya "bawah atau handap" dalam bahasa Sunda. Ada juga istilah atau kata lain dalam bahasa Kuningan yaitu "gageh". "Gageh" adalah istilah untuk menyebut "cepat, lekas atau buruan". Kemudian "nyaneh" yang artinya "kamu" atau "maneh" dalam bahasa Sunda.

Dan yang paling lucu sekaligus unik menurut ane adalah kata "Menit" yang oleh sebagian orang Kuningan disebut dengan "pusing atau puyeng". heheheheeeee


Quote:Demikianlah beberapa hal tentang pesona keindahan Kabupaten Kuningan yang bisa ane buat, mohon maaf jika ada kekurangan.....Semoga thread ini bisa bermanfaat agar kita sebagai orang Indonesia, selalu senantiasa mencintai keindahan Indonesia dengan segala keaneka ragamannya. Salam......^^



Quote:Beberapa foto dan gambar diambil dan diolah dari berbagai macam sumber di internet. Dan dipergunakan sebatas untuk informasi belaka.

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5370af868b07e7eb618b4850

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)