Home » » 10 Puncak Gunung Tercantik di Bumi Pertiwi

10 Puncak Gunung Tercantik di Bumi Pertiwi

Quote:Quote:Puncak Gunung Terindah di Indonesia
Quote:Quote:
Puncak gunung yang selama ini selalu menjadi tujuan para pendaki gunung. Di puncak gununglah segala keindahan alam dari ketinggian dapat dinikmati oleh mata dan dirasakan oleh hati. Itulah sebagian kecil dari karya Tuhan Yang Maha Perkasa untuk mahluknya di Bumi ini.

10 puncak gunung tercantik Indonesia. Tentunya menjadi sebuah kalimat yang salah jika mengatakan hanya ada 11 puncak gunung tercantik di Indonesia. Karena faktanya, Indonesia memiliki banyak gunung dengan pesona sama-sama indahnya. Namun tidak ada salahnya jika mencoba mengangkat beberapa diantaranya sebagai yang memiliki keindahan dan keunikan tersendiri.

Berikut inilah 10 diantara sekian banyak gunung tercantik di Indonesia.


Quote:Quote:Puncak Jaya, Papua
Spoiler for Kilik Gan
Gunung tercantik terakhir dalam daftar 10 gunung tercantik di Indonesia kali ini adalah Puncak Jaya di Papua. Letaknya berada di kordinat 04º 03′ 48″ LS 137º 11′ 09″ BT. Gunung yang termasuk dalam Barisan Sudirman ini mempunyai ketinggian 5.030 m dpl yang membuatnya menjadi gunung tertinggi di Indonesia. Bahkan termasuk dalam salah satu Seven Summit di tujuh benua dunia versi Reinhold Messne.
Spoiler for Kilik Gan
Keunikan dan kecantikan utama gunung ini adalah terdapatnya gletser Carstensz, yaitu lapisan salju atau es abadi. Ini juga menjadi satu-satunya gunung di Indonesia yang puncaknya diselimuti salju abadi.
Spoiler for Kilik Gan
Tahun 2024, es abadi di Puncak Jaya, Papua, diperkirakan akan hilang. Demikian simpulan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Prediksi hilangnya es abadi (gletser) yang selama ini menutupi Puncak Jaya (Carstenzs Piramid) didasarkan atas analisis data empiris menggunakan pendekatan linier yang dilakukan BMKG.
Spoiler for Kilik Gan


Quote:Quote:Gunung Ijen, Jawa Timur
Spoiler for Kilik Gan
Gunung tercantik di Indonesia selanjutnya adalah gunung Ijen. Gunung yang terletak di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur ini berada di koordinat 8,058° LS dan 114,242° BT. Tingginya 2.799 mdpl.
Spoiler for Kilik Gan
Pesona utama gunung Ijen adalah kawahnya yang membentuk danau yang bersifat asam. Kedalaman danau 200 meter dengan luas mencapai 5466 Hektar. Kawah ini termasuk dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen.Spoiler for Kilik Gan


Quote:Quote:Gunung Kelimutu, Nusa Tenggara Timur
Spoiler for Kilik Gan
Gunung Kelimutu merupakan gunung berapi di pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Gunung setinggi 1.639 meter dpl ini berada di koordinat 8° 77′ LS dan 121° 82′ BT.
Spoiler for Kilik Gan[CENTER]
Keunikan yang menjadi daya tarik di gunung ini adalah keberaan danau Kelimutu atau yang dikenal juga sebagai danau Tiga Warna. Danau seluas 1.051.000 meter persegi ini sebenarnya terdiri atas tiga danau yang masing-masing dipisah oleh dinding kawah yang terjal dan tipis. Uniknya masing-masing danau memiliki warna yang berbeda-beda.
Spoiler for Kilik Gan[CENTER]


Quote:Quote:Gunung Rinjani, Lombok Nusa Tenggara Barat
Spoiler for Kilik Gan
Gunung Rinjani terletak di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Secara astronomis terletak pada 8° 25′ LU dan 116° 28′ BT. Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian 3.726 m dpl.
Spoiler for Kilik Gan
Merupakan salah satu gunung favorit bagi para pendaki gunung karena terkenal akan keindahannya. Saat cuaca bagus, dari puncak gunung ini terlihat puncak Gunung Agung (Bali), Gunung Ijen (Banyuwangi), dan Gunung Tambora (Sumbawa). Selain puncak Rinjani, yang banyak diminati para pengunjung adalah Segara Anakan. Segara anakan adalah danau di ketinggian ± 2.010 m dpl, sedalam ± 230 meter, dan luas 1.100 ha yang berbentuk seperti bulan sabit.
Spoiler for Kilik Gan


Quote:Quote:Gunung Papandayan, Jawa Barat
Spoiler for Kilik Gan
Gunung tercantik selanjutnya adalah gunung Papandayan. Gunung di Garut, Jawa Barat (7° 19 ′ LS 107° 44′ BT) ini mempunyai ketinggian 2665 meter. Salah satu yang menarik dari gunung Papandayan keberadaan beberapa kawah yang diantaranya Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Masing-masing kawah mengeluarkan uap dari dalamnya.
Spoiler for Kilik Gan
Obyek-obyek lain yang kerap menarik minat pengunjung adalah Blok Pondok Saladah (areal padang rumput seluas 8 ha) dan Sumber Air Panas.Spoiler for Kilik Gan


Quote:Quote:Gunung Tambora, Nusa Tenggara Barat
Spoiler for Kilik Gan


Quote:Quote:Gunung Tambora, Nusa Tenggara Barat
Spoiler for Kilik Gan
Gunung Tambora terletak di pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Tepatnya pada titik koordinat 8°15′ LS dan 118° BT. Gunung setinggi 2.800 meter dpl ini mempunyai sejarah letusan besarnya pada tahun 1815. Letusan ini tercacat sebagai salah satu letusan gunung terbesar di duni (The Largest Volcanic Eruption in History) yang suaranya terdengar hingga pulau Sumatera. Abu vulkaniknya menyebar hingga pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku. Diperkirakan sedikitnya 71.000 orang meninggal akibat letusan gunung Tambora.
Spoiler for Kilik Gan
Letusan tersebut pun menghasilkan kawah raksasa, terbesar di Indonesia. Diameter kawah mencapai 7 km, keliling kawah 16 km, dan kedalaman kawah 800 m. Kawah ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Juga hamparan padang pasir di bibir kawah dengan tumbuhan edelweis.Spoiler for Kilik Gan


Quote:Quote:Gunung Merbabu, Jawa Tengah
Spoiler for Kilik Gan
Gunung tercantik selanjutnya adalah gunung Merbabu di wilayah Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali,Kota Salatiga, dan Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Lokasinya berdasarkan titik astronimis adalah pada 7,5° LS dan 110,4° BT.
Spoiler for Kilik Gan
Merbabu mempunyai beberapa puncak dengan dua puncak tertingginya Puncak Trianggulasi atau Kenteng Songo (3.142 mdpl) dan puncak Syarif ( 3.119 Mdpl). Memiliki 5 kawah yaitu kawah Condrodimuko, Kombang, Kendang, Rebab, dan Sambernyowo.
Spoiler for Kilik Gan
Bagi pendaki gunung, gunung Merbabu dikenal sebagai lokasi pendakian populer lantaran memiliki tingkat kesulitan yang relatif sedang. Namun pemandangan sepanjang jalur pendakian sangat indah.
Spoiler for Kilik Gan


Quote:Quote:Gunung Bromo, Jawa Timur
Spoiler for Kilik Gan
Gunung Bromo adalah salah satu gunung berapi aktif. Gunung dengan ketinggian 2.392 mdpl ini terletak di empat kabupaten sekaligus, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Titik kordinatnya 7° 56′ 30″ LU dan 112° 57′ 0″ BT.
Spoiler for Kilik Gan
Gunung Bromo merupakan salah satu obyek pariwisata favorit di Jawa Timur bahkan Indonesia. Pesona tercantik dari gunung Bromo antara lain keindahan sunrise (pemandangan matahari terbit), padang pasir seluas, dan sepasang kawah aktifnya. Pun tradisi upacara suci Yadnya Kasada atau Kasodo yang diselenggarakan masyarakat Tengger.
Spoiler for Kilik Gan


Quote:Quote:Gunung Kerinci, Sumatera
Spoiler for Kilik Gan
Gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi di pulau Sumatera sekaligus gunung berapi tertinggi di Indonesia. Puncaknya, Indrapura, mempunyai ketinggian 3.800 m dpl. Terletak di perbatasan Sumatera Barat dan Jambi pada lintang 10°45,50′ LS dan 1010°160′ BT.
Spoiler for Kilik Gan
Dari puncak Indrapura, pendaki gunung dapat menyaksikan indahnya pemandangan Kota Jambi, Padang, dan Bengkulu. Bahkan dalam cuaca yang cerah, samudera Hindia pun bisa terlihat dengan jelas. Pesona lainnya adalah kawahnya yang berisi air berwarna hijau, danau Bento, dan Taman Nasional Kerinci Seblat dengan keanekaragaman flora dan faunanya.Spoiler for Kilik Gan


Quote:Quote:Gunung Semeru, Jawa Timur
Spoiler for Kilik Gan
Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa. Gunung dengan puncaknya yang bernama Mahameru, setinggi 3.676 m dpl. Gunung yang berlokasi di Jawa Timur (Kabupaten Malang dan Lumajang) terletak di antara 8° 6′ 28″ LS, 112° 55′ 12″ BT.
Spoiler for Kilik Gan
Pendaki gunung akan disuguhi pemandangan tercantik mulai dengan keberadaan Oro â€" oro Ombo, sebuah padang bunga yang sangat cantik. Juga danau Ranu Kumboro dengan pesona sunrise-nya dan Kalimati, sebuah spot unik dengan hamparan pasir hitamnya. Tidak kalah menarik adalah pemandangan dari puncak tertingginya, Puncak Mahameru.
Spoiler for Kilik Gan
Sumber
Sumber Gambar

Kilik Gambar Untuk Melihat Thread Menarik Lainnya

Quote:"Kaskuser bermartabat mengerti apa yang harus Dia lakukan."

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/537a38ad138b4684458b4572

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)