Home » » Kondisi-kondisi Saat Air Putih Tidak Lagi Menyehatkan

Kondisi-kondisi Saat Air Putih Tidak Lagi Menyehatkan



Proud to be Part of


No Repost:
Spoiler for NoRepsol

Selamat Datang di Thread JoyBoyX



Oke, langsung mulai ya. Jangan lupa siapin ama
Quote:
Kondisi-Kondisi Disaat Air Putih Tidak Lagi Menyehatkan

Sebelum ane mulai ke kondisi-kondisi yang ingin ane bagi, ane mau agan-agan agar tidak salah paham dengan isi thread. Air putih sudah pasti menyehatkan. Bahkan jika agan berobat,gak jarang dokter menyarankan untuk memperbanyak minum air putih.
Namun, seperti kebanyakan hal baik lainnya, apabila dikonsumsi secara berlebih tentu efeknya tidak seperti yang kita harapkan.

Nah, agar gak salah paham, yuk kita kenalan dulu dengan si air putih
Quote:

Air menutupi hampir 71% permukaan Bumi. Terdapat 1,4 triliun kilometer kubik (330 juta mil³) tersedia di Bumi.Air merupakan zat pelarut yang penting untuk makhluk hidup dan adalah bagian penting dalam proses metabolisme.
Tubuh manusia terdiri dari 55% sampai 78% air, tergantung dari ukuran badan.Agar dapat berfungsi dengan baik, tubuh manusia membutuhkan antara satu sampai tujuh liter air setiap hari untuk menghindari dehidrasi; jumlah pastinya bergantung pada tingkat aktivitas, suhu, kelembaban, dan beberapa faktor lainnya. Selain dari air minum, manusia mendapatkan cairan dari makanan dan minuman lain selain air.

Beberapa manfaat air:
1. Memperlancar peredaran darah
2. Detoksifikasi racun dalam tubuh
3. Zat pelarut berbagai senyawa penting bagi tubuh
4. Menyehatkan jantung dan ginjal
5. Membantu memperlancar saluran cerna
6. Banyak dan gak ada habisnya kalau ane tulis 1-by-1



Kayaknya bagus semua gan, kok bisa sih banyak minum justru bahaya?

Nih ane kasih tau beberapa kondisi yang membuat "banyak" minum gak lagi sehat gan:
Quote:
1. Saat Makan

Saat agan makan sebaiknya agan tidak banyak minum air. Mengapa? Karena hal tersebut dapat membuat proses pencernaan makanan yang agan makan terganggu. Saat makan otomatis lambung akan kompensasi dengan mengeluarkan asam lambung untuk mencerna dan melarutkan makanan yang agan telan.
Namun hal tersebut bisa terganggu saat agan banyak minum. Air putih akan bercampur dengan asam lambung dan mengubah kepekatan dan tingkat asam sehingga makanan akan lebih sulit dicerna. Para peneliti sudah mengkonfirmasi bahwa sebaiknya agan minum 10-15 menit setelah agan makan.
*hal ini gak berlaku bagi yang lagi keselek ya


Quote:
2. Saat Berolahraga

Salah satu kondisi paling berbahaya gan. Pada kondisi seseorang yang sedang lelah, semisal sehabis olahraga, biasanya langsung menenggak air putih dalam jumlah yang banyak dan seringkali tanpa kontrol. Hal ini berbahaya, karena pada saat itu, tubuh sedang bekerja keras, dan kinerja ginjal berkurang. Pasokan air putih dalam ginjal tidak bisa keluar sebanyak yang ditambahkan, sehingga kemudian oleh ginjal ditambahkan ke dalam darah. Darah kemudian menjadi terlalu encer, dan kandungan sodium berkurang. Kondisi ini disebut dengan hyponatremia.
Kelebihan air ini kemudian akan diserap oleh sel sel tubuh, demikian pula dengan sel otak. Otak membengkak karena tekanan darah naik. Otak yang membengkak ini tertahan oleh tengkorak kepala, sehingga bisa mengakibatkan kerusakan pada banyak tempat.
*kalau haus saat sedang olahraga, munumlah air sewajarnya gan. jangan keburu nafsu


Quote:
3. Saat Sedang Mengobrol

Ini hal yang banyak kita lakukan saat lagi buru2. Minum sambil ngobrol. Perilaku ini bisa jadi sangat berbahaya gan. Bahaya paling umum terjadi adalah tersedak. Hal ini karena saat kita bicara dan saat kita minum, terjadi tabrakan fungsi dari katup di tenggorokan yang mengatur aliran udara saat bicara dan aliran air saat minum.
Hal ini bisa jadi sangat berbahaya saat air yang kita minum malah masuk ke saluran napas (aspirasi) dan masuk ke paru2.
*inget gan, makan/minum sambil ngomong temennya.....


Quote:
4. Saat Tiduran/Berbaring

Bahaya minum saat tiduran sama seperti diatas gan, aspirasi. Dalam jumlah yang banyak bahkan bisa menyumbat jalan napas dan menyebabkan gagal napas. Terutama yang harus diperhatikan adalah saak kita memberi minum orang yang sedang sakit.
Pengalaman ane, pernah ada pasien yang awalnya sehat2 aja, namun karena kelalaian keluarga memberi minum pasien saat sedang berbaring (180 derajat), pasien tiba2 tersedak dan sulit bernapas. Saking bahayanya, kalau terlambat ditangani, dalam hitungan menit pasen gagal napas dan meninggal.
*yang suka males2an minum saat baring, hati2 ya gan

Quote:
5. Usia Renta dan Penyakit Ginjal

Air yang agan minum di filter di ginjal. Nah, pada usia lanjut, fungsi ginjal akan menurun karena rusaknya sel-sel ginjal akibat usia. Sehingga kalau terlalu banyak air yang disaring, kerja ginjal menjadi berat dan tidak semaksimal saat masih muda.
Begitu juga dengan orang dengan sakit ginjal. Air yang harusnya disaring dan dibuang malah akan dilepas ke darah. Hal ini akan mengakibatkan penumpukan cairan di jaringan yang sehat yang tidak semestinya (misal: kaki) dan mengakibatkan bengkak akibat timbunan cairan tersebut (edema)
*jangan lupa ingetin kakek-nenek agan atau orang yang agal kenal yg lagi sakit ginjal


Quote:6. Saat Sebelum Tidur

Banyak dari kita yang sebelum tidur, gak afdol kalau belum minum. Padahal ini kondisi yang gak bagus gan. Saat tidur, air minum dapat bercampur dengan asam lambung. Karena kondisi tidur yang datar, air yang sudah bercampur tadi akan ikut mengalir ke tenggorokan dan menyebabkan korosif di saluran cerna dan saluran napas atas.
Kondisi ini juga sering mengakibatkan GERD (gastroEsoFageal Refluks) atau loncatan asam lambung. Gejalanya adalah rasa panas di daerah kerongkongan dan rasa asam-pahit di mulut
*dan, sebelum tidur jangan lupa baca do'a gan

Itu baru sebagian kondisi aja gan yang kurang bagus bila kita terlalu banyak minum. Sebenarnya masih ada lagi kondisi-kondisi lain yang akan ane update secara berkala


Quote:
Jadi, gimana sih gan aturan minum air yang benar??
1. Minumlah air putih secukupnya dan sewajarnya (tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak)

2. Yang dikatakan terlalu banyak dan berlebihan itu seberapa sih?
Terkait berbagai dampak fatal yang terjadi pada perlari maraton akibat terlalu banyak minum air putih, International Marathon Medical Directors Association (IMMDA) menyarankan agar kita mengkonsumsi air minum saat kita merasa haus dan dahaga. Konsumsilah air minum secukupnya dan tidak berlebihan, yaitu tidak lebih dari 0.03 liter per kg berat badan. Jadi, misalnya seseorang memiliki berat badan 50 kg, konsumsi air minum yang diperbolehkan untuk orang tersebut adalah tidak lebih dari 1.5 liter per hari. Rekomendasi ini menjadi sangat logis, karena berat badan seseorang tentunya berpengaruh pada jumlah kebutuhan air yang harus diminumnya perhari. Orang yang lebih gemuk (berat badan lebih besar) tentunya membutuhkan air dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan orang yang kurus.

3. Bila kita sering mendengar anjuran untuk mengkonsumsi air sebanyak 2 liter perhari, itu bukan berarti semua kebutuhan air yang diperlukan tubuh harus berasal dari air putih. Dua liter yang dianjurkan tersebut bisa juga termasuk dari makanan atau minuman yang banyak mengandung air, misalnya sup, air susu, buah, atau jenis

4. Aturan minum 2 liter perhari berlaku bagi orang sehat. Sementera untuk penderita ginjal tentulah harus dibatasi, tidak boleh minum air putih terlalu banyak, karena akan semakin memperberat kerja ginjalnya.

5. Minumlah air putih secara bertahap, jangan sekaligus dalam satu waktu. Contohnya, 1 gelas setelah bangun tidur, dilanjutkan 1 gelas sebelum dan sesudah sarapan, kemudian 1 gelas sebelum dan sesudah makan siang, satu gelas sebelum dan sesudah makan malam

6. Kebutuhan air per hari untuk tiap-tiap orang berbeda bergantung pada kondisi-kondisi tertentu, yaitu aktivitas fisik, cuaca, diet, berat badan, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan. Untuk itu, minumlah secukupnya disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing dan minumlah saat Anda merasa haus, karena haus dan dahaga adalah indikator terbaik untuk mengetahui kapan saatnya tubuh kita membutuhkan minum



Sekian Thread info dari ane, semoga bermanfaat buat agan sekalian.
Ingat, apapun itu dan sebaik apapun itu, kalau sudah berlebihan dan "terlalu",
maka akan hilang kebaikannya.
Maka lalukanlah apapun sewajarnya dan jangan melampaui batas



Jalan-jalan ke Sumur 1 Sumur 2 Sumur 3

Sekian Thread kece dari ane
Pesan ane



Komeng kece ada di Post-2 yak

Yuk Mampir ke Thread Kece yang Lain
Spoiler for Thread Kece
[HT-1] Artis-Artis Yang Menolak Tampil Di Dahsyat
[HT-2] Haji Agus Salim, Pakar 9 Bahasa Termasuk Bahasa "KAMBING"
[HT-3] Kata-Kata Dari Berbagai Bahasa Yang Sulit Dicari Padanannya
[HT-4] Nasihat-Nasihat Medis Terbaru Yang Perlu Diketahui Pasien Cerdas
[HT-5] Berbagai Mitos Tentang Hewan Dan Fakta Dibaliknya
[HT-6] Bahaya-Bahaya Yang Mengancam Saat Kita Berada Dalam Pesawat
5 Suplemen Yang Belum Tentu Agan Butuhkan
Mengenal Endorphin Massage Untuk Ibu Hamil
Ulat Berwajah Hello Kitty
Kuil Dewa Payudara di Jepang
Serba-Serbi Injil Setan
6 Band Rock Favorite Jokowi
Organisasi Rahasia Dari Indonesia
Manfaat Lain Kopi Selain Diminum
Didalam Hujan Ada Lagu Yang Hanya Bisa Didengar Oleh Mereka Yang Rindu
Perbedaan Illuminati Dengan Freemason
Kata-Kata Mutiara Nan Jenaka
Ngakak Bareng Gambar-Gambar Kocak Khas Indonesia

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5370ecd2fcca173920000299

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger