Home » » Sinetron Oh Sinetron..

Sinetron Oh Sinetron..





Sinetron Oh Sinetron
Sebelum Lebih Jauh Lagi jangan Lupa

lalu klik emot dibawah untuk cek No Repost



Quote: INTERMEZO DULU



Saya tergelitik membuat Thread Ini setelah melihat percakapan seorang anak kepada ibunya
Anak: Bu, Minta Uang dong
Ibu: Maaf nak ibu lagi ga punya uang
Anak: Ibu PELIT. Aa mau cari ibu lain aja!
saya yang sedang asyik ngaskus langsung terbelalak mengucapkan hal seperti itu. Kemudian saya coba searching di google kenapa bisa sampai anak sekarang dapat berucap seperti itu. Dan nyatanya ternyata salah satu itu pendidikan karakter yang mungkin "tidak senagaja" diberikan oleh totonan mereka di TV. Kali ini saya akan mengulas tentang sinetron sampai ke hubungannya dengan karakter masyarakat sekarang.
Yuk kita langsung ke TKP


Spoiler for TKP


Quote:
Quote: Kenapa Sinetron Menjamur Di Indonesia?

Spoiler for Ilustrasi
Quote:Jika merujuk kepada hukum ekonomi, ada demand, ada supply. Maka, saya pikir memang banyak orang yang suka menonton sinetron, hingga ratingnya tinggi, dan pihak lain yang melihat keberhasilan itu berbondong-bondong mengikutinya dengan memproduksi sinetron-sinetron lain. rating tiinggi ini karena menyajikan konflik yang sangat menarik. Kalau teman-teman belajar bahasa indonesia, kalau di suatu cerita itu pasti ada konflik klimaks dll. Nah Kemasan ini lah yang di fokuskan oleh penggiat sinetron.


Quote:Quote:Kenapa banyak orang suka menonton sinetron?
Quote:
Quote:1. Mengisi Waktu Luang

Spoiler for ilustrasi
Quote:Suatu pagi, di sebuah rumah, ada seorang ibu yang baru selesai membereskan rumah. Dengan badan letih, beliau menghempaskan badannya diatas sofa dan mulai menyalakan televisi. Setelah mengganti-ganti channel, dia tidak menemukan acara menarik selain tayangan yang menampilkan kekonyolan tokoh perempuan kota yang sedang berkunjung ke desa. Sang ibu tersenyum sejenak, dan menaruh remote control tv. Satu jam kemudian, beliau baru tersadar bahwa beliau sedang memasak air. Besok harinya, beliau akan mencari channel yang sama untuk menonton sinetron yang sama.

Quote:
Quote: 2. Tema Sesuai

Spoiler for Ilustrasi
Quote:Tema sinetron sesuai dengan imajinasi anak remaja. Di sore hari, sering sauya temukan sinetron bertema kehidupan remaja SMA dan SMP. Tema cerita pada sinetron remaja ini berkisar pada persahabatan, persaingan, dan eksistensi. Hal-hal ini begitu dekat dengan kehidupan remaja sebenarnya (jika tidak diperbuas), maka banyaklah remaja yang menonton sinetron seperti ini.

Quote:
Quote:3. menemani keluarga menonton

Spoiler for Ilustrasi
Quote:Umumnya sinetron itu ditayangin sore atau malam hari dan ini menurut saya quality time dengan keluarga. Dan tentu saja waktu yang berharga ini digunakan unuk interaksi bersama, menghibur satu sama lain. Bagi kebanyakan orang hiburan meraka iu televisi dan ya ga jauh-jauh dari nonton sinetron.


Quote:Hal Positif dan Negatif Sinetron
Quote:
Quote:Hal Positif Sinetron

Spoiler for Ilustrasi
Quote:Tidak bisa dipungkiri kalau sinetron itu sarana yang paling ampuh untuk menghibur diri. Mungkin ini salah satu sisi poaitif sinetron, selain itu juga sinetron dapat memberi keuntungan dan penghidupan bagi penggiat di bidang ini. Karena iklan yang banyak sehingga kentunganpun banyak

Quote:
Quote:Hal Negatif Sinetron
Quote:
Quote:1. Karakter ekstrim

Spoiler for ilustrasi
Quote:Saya menemukan istilah ini ketika melihat beberapa tokoh dalam sinetron dengan penokohan yang saya anggap berlebihan. Ketika menonton sinetron, saya selalu dapat dengan mudah menebak tokoh baik dan jahat. Dari penampilan, tokoh baik sering digambarkan sebagai orang yang sabar ketika teraniaya, tidak jarang, tokoh baik berbaju rombeng dengan muka polos (make up natural). Sebaliknya, tokoh jahat adalah tokoh yang ambisius, banyak bicara, judes, berpenampilan mewah (sebagai pelambang kekayaan) dan bentuk alis yang cenderung meninggi. Dari cara bicara, tokoh jahat seringkali lebih lantang dari tokoh baik, dengan ucapan-ucapan jahat dan penuh provokasi. Tokoh baik tidak jarang sebagai orang yang sabar, tidak banyak berkomentar, nrimo, dan pada akhirnya, ta daa….. mereka tetap menjadi pemenang atau menyelesaikan masalah karena takdir sutradara membuatnya seperti itu. Untuk sinetron remaja, sering pula saya temukan bahwa karakter jahat tidak segan untuk mengeluarkan kata-kata bernada sinis dan melakukan tindakan bully kepada tokoh baik. Ini tidak baik jika sampai ditiru remaja kita karena itu kasar dan bisa menyakiti orang lain. Hal yang satu ini benar-benar ATK (Asa Teu Kudu, istilah bahasa sunda untuk _____ sulit mendapat padanannya). Seketika saya teringat tetangga yang saya jabarkan di Intermezo

Quote:
Quote: 2. Melupakan waktu

Spoiler for Ilustrasi
Quote:Bagi anda yang suka menonton sinetron, ada baiknya jika anda membatasi waktu menonton anda. Karena, bisa jadi anda menghabiskan 2 hingga 4 jam untuk menonton sinetron dan melupakan apa yang seharusnya anda kerjakan. Seperti kasus ibu diatas, beliau lupa bahwa beliau sedang menjerang air karena keasyikan nonton sinetron. Hati-hati, ini bisa membahayakan.

Quote:
Quote:3. Kecanduan

Spoiler for Ilustrasi
Quote:Sama halnya dengan poin sebelumnya. Orang yang sudah menyukai sinetron biasanya bisa kecanduan karena alur sinetron itu selalu menyisakan konflik di akhir episode. Hal ini membuat orang ingin menonton lagi dan lagi untuk mengetahui akhir dari cerita tersebut. Tapi sepengetahuan saya, alur sineton tidak akan sesederhana itu. Jika banyak orang yang suka, maka konflik akan terus bergelombang, naik, turun, naik lagi, turun lagi, dan begitu seterusnya hingga pemirsa bosan dan sudah bersiap-siap meninggalkan sinetron itu, dan akhirnya pihak yang berkepentingan, dengan berat hati, memberikan ending yang sudah lama ditunggu-tunggu penonton.

Quote:
Quote:4. Gaya hidup mewah

Spoiler for Ilustrasi
Quote:beberapa Tidak jarang dalam sinetron yang saya lihat, para tokoh hidup di rumah mewah, dengan mobil yang tak kalah mewah. Anak-anak selalu diantar supir dan para ibu selalu bermake up lengkap meskipun ada dirumah. Saya pikir, sinetron seperti ini hanya memberikan impian kosong bagi penonton. Orang di desa akan berpikir begitulah hidup di kota, semua serba hebat, sedangkan orang di kota akan berusaha mendekati gaya hidup sepert itu, meski dengan berbagai cara. Ayolah, itu bukan kehidupan rata-rata orang Indonesia, kebanyakan adalah kehidupan yang biasa saja atau bahkan kekurangan. Janganlah terbuai, saudara-saudara…

Quote:
Quote:5. Penggunaan atribut agama yang tidak mendidik

Spoiler for Ilustrasi
Quote:Saat ini marak sinetron yang menggunakan atribut agama sebagai bumbu ceritanya. Dua diantaranya adalah: tukang bubur naik haji dan kutunggu kau di pasar minggu. Dari sinetron pertama, ada sepasang suami istri yang diceritakan sudah pergi haji, tapi menjadi tokoh jahat dalam sinetron itu. Mereka suka memprovokasi dan memfitnah. Ini tidak sesuai dengan atribut haji yang mereka sandang dan terlebih lagi, ini jelas tidak sesuai dengan ajaran agama. Judul kedua, sejujurnya saya baru melihat trailernya di televisi. Saya melihat seorang gadis berkerudung, diajak jalan-jalan oleh seorang lelaki (yang saya rasa bukan suaminya) di malam hari, mereka bergandengan tangan, dan duduk berdekat-dekatan di bioskop. Atribut kerudung disini tidak menggambarkan seorang muslimah yang sebenarnya.
Saya harus akui, bahwa di kehidupan sehari-hari, hal ini sudah sering kita temukan, tapi, dengan diangkatnya hal ini di layar televisi, ini bisa menjadi pembiasaan dan pada akhirnya menjadi pembenaran. Mana esensi dari atribut-atribut tersebut?




Quote:
Quote:Pesan TS

Quote:seseorang atau suatu keluarga harus memiliki filter atas sinetron yang mungkin sudah tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Ada baiknya pula jika waktu menonton televisi dibatasi, karena berdasarkan penelitian, tayangan tv bisa mempengaruhi psikologi manusia, terutama anak-anak



Kalo suka timpuk ane

Klik cendol untuk memberi TS cendol
Jangan lupa

TS sangat menolak







Quote:
THREAD INI DIDUKUNG OLEH Klik Banner Untuk Mampir Ke Markas Kami

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53b50fe41a9975a2058b465b

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)