Home » » Ingat 7 Hal Ini, Biar Agan Gak Nyebelin Pas Ngutang ke Temen

Ingat 7 Hal Ini, Biar Agan Gak Nyebelin Pas Ngutang ke Temen


Quote:
Salam buat agan dan aganwati semuanya … selamat datang di thread ane. Kali ini ane mau sharing tentang sedikit etika dalam meminjam uang ke temen. So, simak aja ya gan biar makin kece.

Quote:
Pendahuluan
Utang adalah satu hal yang gak bisa lepas dari kehidupan kita. Baik kita di posisi sebagai pemberi utang maupun yang berutang. Baik utang dengan nominal kecil maupun besar. Tentu saja masing-masing punya etika dan konsekuensinya sendiri-sendiri.


Quote:Terus terang … ane sebetulnya sungkan menulis trit ini, penuh rasa ketidakenakhatian. Tapi demi kebaikan kita semua, ane mau berbagi beberapa hal yang sepantasnya diperhatikan ketika kita meminjam uang kepada orang lain/ berutang. Berikut ane rangkum apa-apa saja uneg-uneg dan pengalaman ane selama meminjam uang dan meminjami uang ...



Quote:
1. Usahakan Berutang Dengan Disertai Saksi
Spoiler for
“Eh gue minjem duit dulu ya, dikit kok, 500 ribu doang … lu kan banyak duitnya bro …”
“Ada sih bro … tapi gue nyari saksi dulu ya.”
“Buat apa? Ribet amat, sekalian aja nikahan harus pake saksi segala.”
“Gak mau ribet ya ga usah minjem bro …” sambil pake nada becanda.

Adanya saksi itu penting lho, gan. Apalagi menyangkut uang yang tidak sedikit. Tapi jika tidak ada saksi, konsekuensinya sebagai peminjam, agan perlu ikhlaskan sejak awal, karena resiko tidak dilunasi selalu ada. Dan untuk yang meminjam jika tidak ada saksi, berusahalah menjaga kepercayaan sang peminjam dengan membayar secara tepat dan secepat yang agan bisa. Cari saksi yang amanah ya gan, biar nantinya gak ada pihak yang dirugikan.


Quote:
2. Bayar Tepat Waktu
Spoiler for
“Bro, ane pinjem dulu dong 500 ribu aja … nanti ane bayar deh bulan depan pas gajian, plisss bro ane lagi butuh banget soalnya.” kata seorang teman dengan muka memelas.
“Buat apa?”
“Pokoknya urgen banget bro …”

Gan, kayaknya kita gak tega kan kalo teman kita memelas begitu? Entah apapun yang sedang dia butuhkan, kita biasanya ngasih aja apa yang kita punya. Lagian ke temen mah jangan pelit ya ...

Tapi ingat ya gan, kalo kita berada di posisi yang meminjam uang. Usahakan bayar sesuai janji, jika agan berjanji melunasi pas gajian, ya bayarlah pas gajian. Jangan dinanti-nanti, percayalah gan, sebaik dan sepengertian apapun teman yang minjemin kita uang, dia pasti menunggu janji kita. Janji aja adalah ‘utang’ gan, masa’ harus nambah-nambah utang kita.



Quote:
3. Jika Belum Bisa Bayar, Berinisiatiflah Untuk Mengabari
Spoiler for “Bro maaf ya bro, gue belon bisa lunasin utang yang gue pinjem bulan kemaren. Ada urusan mendadak, tiba-tiba kucing ane ketabrak sedan, gue perlu biaya buat nguburin tuh kucing … hiks… hiks …hiks”
“Gapapa bro, nyantai aja … apa sih yang gak buat lo, bro.”
“Lu emang sahabat yang baik bro … makasih bro!”

Gan, kalo ternyata di hari H agan berniat mau lunasin utang ternyata belum ada uangnya. Ya mau gimana lagi ya gan, kalo gak ada uangnya masa’ iya mau bayar pake daun? Ya udah sih gan, minta dispensasi waktu aja dan berdoa supaya pemberi pinjaman baik hatinya. Misalnya Agan janji mau lunasin bulan depannya lagi, nah gan usahakan jangan nunggak lagi. Tunjukin kalau kita peminjam yang bertanggung jawab.

Serius deh gan, sebaik-baiknya si peminjam utang, kalo dibegituin ya bisa mangkel juga. Apalagi kalo agan yang ngutang malah sempet-sempetnya beli iPhone terbaru, dan justru mengabaikan utang agan sampai berlarut-larut.

Quote:
4. Jangan Remehkan Uang yang Sedikit
Spoiler for “Bro … uang baksonya dari lo dulu aja ya … gue bayar nanti, lagi gak bawa receh soalnya.”
“Oke deh bro … nyantai aja lagi.”
Besoknya …
“Bro … gue nitip pempek ya, gue lagi males ke kantin.”
“Sip bro …”
Besoknya lagi…
“Bro nitip beli jus ya, lagi haus banget nih.”
“Hmmm bro, kayaknya yang kemaren-kemaren belum bayar deh.” Dengan nada gak enak hati.
Bruuuuhh ….

Gan, kadangkala jengkel juga ya ngadepin tipe orang kek gini. Udah nitip, lupa bayar pula. Percaya deh gan, meskipun uangnya kecil itu kalo terus-terusan bisa jadi besar. Jadi jangan pernah menyepelekan uang yang sedikit. Lakukanlah minjem uang kecil jika memang betul-betul kepepet, ane saranin sih jangan dijadikan kebiasaan. Kasian temennya terzalimi kalo sampe agan lupa bayar kan? Kenapa rawan terlupakan? Ya itu tadi, karena uangnya kecil, jadi agak disepelekan kadang-kadang.

Percaya deh gan, mungkin 10ribu itu tidak begitu berharga di mata agan, tapi bisa jadi bagi orang yang minjemin, 10 ribu pun sangat berarti baginya. Karena sekecil apapun nominal utang kita, utang ya tetep aja utang gan, perlu dilunasin. Hehe.

Quote:
5. Jika Pelupa, Berusahalah Membayar Ketika Ingat atau Catat di Buku Catatan
Spoiler for “Bro, inget gak dua bulan yang lalu lu pernah minjem ke gue 30ribu? Gue mau pake nih, hehe.”
“Iya gitu bro? Kok gue gak inget ya bro?
Bruuuuhh

Kalo agan udah tau agan punya sifat pelupa. Usahakan bayar utang ketika agan ingat, atau jika situasi tidak memungkinkan. Usahakan buat catatan dulu biar gak lupa lagi. Misalnya di sticky notes di laptop agan, atau di buku diary, atau taruh catatan di depan cermin tempat biasa agan ngaca …. Jujur aja gan, ane juga termasuk tipe manusia pelupa, tapi untuk yang satu ini, ane selalu berusaha untuk sepenuhnya bertanggung jawab kalo pas ngutang. Pokoknya ketika ingat dan situasinya memungkinkan, langsung bayar.

Quote:
6. Jangan Marah Ketika Pada Akhirnya Agan Harus ditagih
Spoiler for “Bro maaf gue mau nagih utang lo yang bulan kemaren itu ya …”
“Duh bro nyantai dikit napa? Gue lagi gak ada juga nih. Lagian ke temen masak gak percaya?”
Atau parahnyaa, pas agan ditagih utang, agan malah marah-marah. Ngambek.

Jangan mentang-mentang agan gak ditagih, agan jadi nyantai-nyantai wae. Percaya deh gan, inisiatif bayar tepat waktu (secepat mungkin ketika uangnya ada) itu lebih baik dibanding harus sampai ada acara penagihan.

Serius gan, itu lebih baik untuk kebaikan bersama. Karena ketika si pemberi pinjaman terpaksa harus menagih utang itu, sungguh berat rasanya, serba salah, apalagi ke temen sendiri dan dia emang sedang butuh-butuhnya. Ujung-ujungnya malah dimusuhin. Padahal dia udah nagih secara baik-baik. Kayaknya si pemberi pinjaman udah harus siap-siap dicap “Raja Tega”. Pokoknya serbasalah deh gan.

Tapi gan woles aja ya, jangan menuduh macam-macam ketika agan ditagih utang. Wajar kok, itu kan hak si pemberi pinjaman. Lagian dulu juga agan kemungkinan besar minta pinjeman dengan cara baik-baik. Jadi menyikapi penagihan pun sebisa mungkin ya baik-baik juga. Siap gan?


Quote:
7. Jika Agan Bayar Utang Via Transfer Bank, atau Titip ke Orang Lain. Jangan Lupa Dikonfirmasi
Spoiler for “Bro, gue titip cireng sekilo, goreng tempe dua kilo ya, jadi utang lo bulan kemaren lunas …”
“Utang yang mana bro?”
“Yang kemaren itu lho, bro.”
“Bukannya gue udah transfer ke rekening lu minggu kemaren?”
“Iya kah? Kok lu gak ngabarin?”
“Gue dah sms ke nomor lu yang ujungnya 222 itu kok.”
“Itu udah gak aktif broww! ”

Jangan sampai ada kesalahpahaman kayak begitu ya gan. Jadi dipastikan jika agan bayar via transfer bank, agan udah konfirmasi dulu ke si peminjam. Jangan cukup hanya dengan sms kalau si peminjam tidak merespon. Karena bisa jadi sms agan tidak terbaca. So, make sure si peminjam uang udah menerima transferan dari agan.

Intinya sih, biar gak jadi salahpaham. Di satu sisi agan udah bayar lunas utang agan, tapi di sisi lain si peminjam harap-harap cemas nunggu kabar dari agan karena gak terjalin komunikasi dengan baik.

Begitupun jika agan terpaksa harus menitipkan utang agan ke orang lain. Selalu pastikan si pemberi pinjaman mengetahui kalo agan udah bayar.

Quote:Nah gan, sekian dulu sharing dari ane, semoga bermanfaat dan bisa menjadi solusi agar pinjam-meminjam uang itu jadi terasa indah, karena sudah sepantasnya kita sebagai manusia harus saling tolong-menolong ….

Quote:Spoiler for Kalo mau kasih rating
,
nyumbang cendolnya juga boleh
.
Dan kalo trit ini bermanfaat, silakan dikomenin gan, biar rame.


Quote:Spoiler for Sumber: Asli Pemikiran Ane Pribadi.
Kunjungi Blog ane juga ya gan kalau lagi senggang.

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5469fb070f8b46e8638b4578

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)