Home » » Kenali Neuroblastoma, Kanker yang Diderita si Cantik Ashira

Kenali Neuroblastoma, Kanker yang Diderita si Cantik Ashira

WELCOME TO MY THREAD


Quote:Neuroblastoma lebih banyak ditemui pada balita berusia lima tahun atau kurang. Ketahui gejala dan penyebabnya sejak dini.


Spoiler for 'Berita Duka'
Balita ini begitu lucu. Setiap ada kesempatan berhadapan dengan kamera, putri kecil ini tak canggung langsung berpose. Itulah dia Ashira Shalva.

Tapi mulai hari ini, tingkah lucu baby Ashira tak akan lagi mewarnai hari-hari ayah dan bundanya. Sakit Neuroblastoma yang diidap Ashira telah membuatnya kembali ke pangkuan Illahi tepat pada usia yang ke 2 tahun 4 bulan.

Selama dia berjuang melawan sakit, banyak sekali yang menyampaikan dukungan pada Ashira. Bahkan para netizen menyampaikan rasa prihatin dan doa untuk kesembuhannya lewat tagar #prayforashira. Tak hanya itu, Komunitas Jersey Forum, juga menggalang donasi untuk pengobatan Ashira.

Tapi Tuhan punya rencana lain. Setelah menjalani perawatan di Guangzhou Modern Cancer Hospital, China, Ashira akhirnya mengembuskan napas terakhir kemarin malam.

Duka mendalam bukan hanya dirasakan keluarga. Tagar #prayforashira bahkan menjadi tranding topic di beberapa akun media sosial.

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un..setelah berjuang keras melawan penyakitnya, Ashira Shalva akhirnya menutup usia pada pukul 21.31 (waktu Guanghzhou). Terima kasih atas doa dan bantuannya selama ini. Non telah kembali pangkuannya dan sudah tidak merasakan sakit lagi. Mohon doanya supaya kedua orang tua Ashira, Reivina dan Riko Yoi diberikan kekuatan dan kebesaran hatinya," begitulah bunyi postingan dalam akun instagram #prayforashira.





Kepergian balita mungil Ashira akibat mengidap penyakit neuroblastoma membawa duka mendalam bagi keluarga. Siapa sangka, keluhan sakit perut berujung membesarnya bagian itu dan dideteksi tumor ganas.

Namun apa sebenarnya neuroblastoma hingga menggerogoti tubuh mungil cantik Ashira? Dikutip dari laman Mayoclinic, neuroblastoma merupakan kanker yang berkembang dari sel-sel saraf yang belum matang, yang dapat ditemui di beberapa bagian tubuh dan kerap dirasakan pada masa kanak-kanak.

Neuroblastoma paling sering muncul di dalam dan di sekitar kelenjar adrenal di perut, yang memiliki asal-usul yang sama dengan sel-sel saraf. Jaringan pada tubuh akan meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah, mengkerutkan pembuluh darah dan merangsang hormon tertentu.

Selain perut, neuroblastoma biasanya juga berkembang di daerah terletak kelompok sel-sel saraf seperti kelenjar getah bening, hati, tulang, sumsum tulang, dada, dan leher. Anak berusia lima tahun atau kurang biasanya paling sering diserang neuroblastoma dan kasus ini lebih banyak ditemui pada anak laki-laki.

Quote:Gejala


Gejala kemunculan neuroblastoma berbeda-beda tergantung di mana tumor berapa dan luas penyebarannya. Namun, gejala paling awal biasanya perut terasa penuh dan nyeri. Diikuti dengan ukurannya mulai membesar. Massa di bawah kulit yang terasa kasar saat disentuh, perubahan kebiasaan buang air besar, hingga pembengkakan kaki.

Sementara itu, neuroblastoma di dada memiliki tanda dan gejala seperti, suara menciut saat bernapas, nyeri di dada, perubahan pada mata, termasuk kelopak mata terkulai dan ukuran pupil yang tidak sama.

Ada juga tanda-tanda dan gejala lain yang menunjukkan hadirnya neuroblastoma. Di antaranya, gumpalan jaringan di bawah kulit, bola mata yang terlihat menonjol dari soket (disebut proptosis atau penonjolan bola mata abnormal), lingkaran hitam yang mirip dengan memar di sekitar mata, nyeri punggung, demam, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, kulit pucat, mudah lelah, diare, keringat berlebih, serta nyeri tulang.



Quote:Penyebab


Hingga saat ini penyebab pasti munculnya neoroblastoma tidak diketahui. Namun secara umum, kanker dimulai dengan mutasi genetik pada sel-sel normal dan sehat yang terus tumbuh tanpa menanggapi sinyal berhenti. Sementara sel normal akan menanggapi.

Sel-sel kanker tumbuh dan berkembang biak di luar kendali. Hingga berujung pada adanya akumulasi sel abnormal yang membentuk suatu massa atau tumor.

Neuroblastoma dimulai di neuroblast, yakni sel saraf yang belum matang yang dibuat janin sebagai bagian dari proses perkembangannya. Seiring matangnya janin, neuroblast berubah menjadi sel-sel saraf dan sel-sel yang membentuk kelenjar adrenal.

Saat sebagian besar neuroblast matang karena kelahiran, sejumlah kecil neuroblast yang belum matang ditemukan pada bayi baru lahir. Pada banyak kasus, neuroblast akan matang dan menghilang. Namun ada juga yang justru membentuk tumor yang disebut neuroblastoma.

Anak-anak yang memiliki riwayat keluarga neuroblastoma lebih mungkin mengidap penyakit ini. Jika ada satu atau dua gejala yang mungkin ditemukan pada balita anda, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis.


Sumber 1 : http://www.merdeka.com/peristiwa/kis...an-kanker.html
Sumber 2 : http://www.dream.co.id/fresh/mengena...a-141113r.html

Spoiler for 'PESAN DARI ANE'
SEMOGA GAK REPOST DAN SEMOGA BERMANFAAT. Minta cendol nya gan

THREAD ANE YANG LAIN :
5 Gamer Wanita Terkaya


Jangan lupa di

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/54660f6fbdcb17e2308b4577

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)