Home » » Panduan Hidup Anak Kost Biar Bisa Bertahan Sampai Akhir Bulan

Panduan Hidup Anak Kost Biar Bisa Bertahan Sampai Akhir Bulan


Quote:Tanggal berapa sekaraaaaang? Yap, pertengahan bulan! Berapa nih saldo rekeningmu saat ini? Kalau cuma cukup untuk mencegah agan meregang nyawa, sini tos dulu! Panduan yang satu ini buat agan!

Hidup sebagai anak kost yang jauh dari orang tua memang punya banyak tantangan. Apalagi menjelang waktu-waktu kritis seperti akhir bulan. Tapi sebenarnya, banyak lho hal-hal sepele yang tanpa agan sadari bisa membantu agan bertahan sampai dapat kiriman berikutnya

Quote:Quote:1. Jelang akhir bulan, senjatamu adalah recehan. Taruh di tempat khusus supaya siap pakai jika dibutuhkan.



Jangan pandang uang recehmu sebelah mata. Mereka itu sangat membantu terutama di musim paceklik seperti ini. Tempatkan recehan-recehanmu di dompet koin atau toples khusus. Bawa dompet atau toples itu kemana-mana, karena uang receh bisa Agan gunakan untuk:

  • Bayar parkir (kalau Agan terlalu malu buat kabur tanpa bayar)
  • Bayar pengamen
  • Mendapatkan kembalian berpecahan bulat di minimarket.
  • Massage ala Indonesia (baca: kerokan)


Lumayan, ‘kan?

Quote:Quote:2. Jangan pernah malas antri di POM bensin. Ingat, Agan gak punya banyak uang buat ngecer.



Mungkin Agan malas mengantri di POM bensin, dan kadang memang lebih praktis membeli bensin eceran di pinggir jalan. Tapi ingat: kalo di POM bensin Agan akan dapat seliter premium dengan harga Rp. 6.500. Nah, kalo Agan ngecer, Agan harus bayar Rp. 7000 untuk kualitas bensin yang lebih jelek.

Ya, sebagian penjual bensin eceran di pinggir jalan sering mencampur bensin mereka dengan minyak tanah. Itu bisa bikin mesin motormu cepet rusak. Pada akhirnya, yang rugi siapaaaa? Agan!

Quote:Quote:3. Pastikan Agan sarapan, biar bisa menghindar dari jajan



Quote:Mau ngirit tapi tetep sarapan? Bisa banget!

Agan bisa beli susu sereal yang cukup mengenyangkan untuk menu sarapan. Cukup dengan harga sekitar Rp. 15.000, bisa untuk 10 kali sarapan pagi. Jadi Agan cuma bakal ngabisin Rp. 1500 untuk tiap kali sarapan. Tuh, kurang ngirit apa coba?

Kalo kurang kenyang, Agan bisa kok nambahin roti tawar. Beli roti tawar pun ada triknya, Agan bisa pilih roti dengan tanggal tenggang kadaluarsa yang paling lama. Gak harus merk ternama juga lho, toh rasanya juga sama. TAWAR.

Quote:Quote:4. Haram pergi ke minimarket lebih dari sekali sehari



Quote:Menjelang akhir bulan, ada 2 hal yang haram: babi dan pergi ke minimarket lebih dari sekali.

Kalo udah masuk ke minimarket, Agan pasti tergoda untuk beli barang yang kurang penting. Dari yang semula gak pingin jadi pingin, barang yang gak penting pun langsung upgrade status jadi penting gara-gara Agan laper mata. Nah, kalo Agan memang terpaksa banget pergi ke minimarket, wajib catat barang-barang yang memang harus Agan beli. Jangan lupa juga bawa uang pas, karena ini bisa jadi cara jitu untuk mencegah penyakit laper matamu kumat.

Quote:Quote:5. Kurangi merokok. Kalau mau sebat/dua bat, minta aja rokok teman.



Quote: Rokok = Boros

Sama-sama punya 5 huruf dan diikuti oleh 2 huruf vokal yang sama. Emang rokok itu sama dengan boros. Beli ngecer aja boros, apalagi beli 1 pak terus ujungnya dimintain temen-temen. Taktik apapun yang Agan gunakan, tetep aja pemborosan kalo Agan beli rokok.

Satu-satunya cara yang bisa Agan lakukan adalah mengurangi jumlah rokok yang Agan hisap tiap harinya. Coba bayangkan, duit buat beli rokok tiap minggu bisa buat beli bakso berapa mangkok?

Quote:Quote:6. Kalo harus makan di luar, pesan minum air putih aja. Kalo makan di warung Padang, pesan teh tawar anget. Gratis



Yang paling penting, air putih itu sangat dibutuhkan untuk tubuh. Daripada Agan pesen es teh manis yang gak baik untuk kesehatan gigi dan bisa menyebabkan penyakit gula, lebih baik Agan pesen air putih aja. Selain karena lebih murah dan terkadang gratis, air putih itu juga sangat menyehatkan untuk Agan. Kalo mau agak segeran, Agan bisa pesen air putih ditambah es batu. Hehe.

Kalau Agan ke warung Padang, mungkin bermanfaat juga bagi agan untuk tahu bahwa biasanya teh anget tawar di warung Padang itu gratis. Yah, siapa tahu Agan bosen minum air putih…

Quote:Quote:7. Bawa botol minum kemana-mana itu penting



Minum alkohol? Akhir bulan? Pakai duit siapa?! Udah, minum air putih aja! Bawa botol minum dan simpan di tasmu!

Biasakanlah membawa botol minum kemana-mana, karena hal ini bisa jadi cara efektif untuk irit ketika Agan tiba-tiba haus. Gak usah ngeluarin duit buat jajan minum kalo Agan bawa minum Agan sendiri, ya ‘kan?

Quote:Quote:7. Butuh beli baju? Nggak usah beli yang baru, pergi aja ke garage sale



Garage sale adalah alternatif sempurna buat anak kost yang kere tapi masih mau tampil gaya. Banyak baju yang dijual di garage sale yang mengikuti mode. Agan juga bisa mendapat pakaian yang jarang dipakai oleh pemilik aslinya, hingga kualitasnya hampir sama persis seperti baru. Pakaian pun bisa dijual mulai harga Rp. 5000, sehingga sehat juga buat kantong agan!

Tapi ingat ya, jangan kalap. Agan nggak akan hemat juga ujung-ujungnya kalau sampai membeli 10 potong baju. Dikira-kira aja deh, kemampuan agan berapa.

Quote:Quote:8. Jangan beli pulsa di tukang pulsa. Beli pulsa di ATM aja!



Kebanyakan dari Agan pasti lebih milih beli pulsa di counter penjual pulsa atau minimarket. Memang hal itu lebih praktis karena Agan sekalian berbelanja, tapi Agan tau gak sih kalo mereka mematok harga pulsanya lebih mahal 500 sampai 2000 rupiah? Nah, kalo Agan beli di ATM, uang yang terpotong dari saldo tabungan Agan ya cuma sebesar jumlah pulsa yang Agan terima aja. Irit banget ‘kan jadinya?

Quote:Quote:10. Cari tabungan yang punya minimal saldo dan potongan bulanan kecil. Misalnya? Simpedes.



Kalo Agan berencana untuk membuka rekening, gak usah gengsi milih bank. Pilihlah bank yang memberikan potongan terkecil dan jumlah minimal saldo sedikit. Gak usah malu juga dikatain kampungan gara-gara pakenya tabungan simpedes. Diiiih biarin, yang penting ‘kan ada duitnya!

Quote:Quote:11. Buat Modem, Jangan Isi Ulang. Beli Kartu Perdana Aja.



Modem itu emang penting banget buat anak kos. Bisa dikatakan kalo ini merupakan satu-satunya penghiburan buat anak kos. Mulai dari cari bahan-bahan tugas, eksis di media sosial, sampe download lagu dan film. Nah untuk menyiasatinya, Agan bisa beli kartu perdana terus menerus untuk mengisi ulang kuota modemmu. Harganya yang lebih murah dan kuota internet yang lebih besar tentu sangat efisien. Sebelum itu, jangan lupa juga untuk cari info terlebih dahulu tentang provider yang koneksi internetnya gak lelet di area kosmu.

Quote:Quote:12. Kalau punya rice cooker, masak nasi dan beli lauknya aja



Daripada Agan ngabisin uang saku buat beli makan tiga kali sehari, mulailah taktik baru ini. Caranya adalah Agan beli beras sendiri dan masak nasi di kamar kost-mu. Harga beras sekilo lebih murah dan cukup untuk makanmu hingga 3-4 hari kedepan. Agan tinggal beli sayur dan lauk yang jauh lebih irit dan cukup buat makan pagi-siang-sore.

Kalo Agan emang lagi pingin makan di luar bareng temen-temen Agan, Agan bisa mengatur strategi baru . Dari tanggal 1 hingga pertengahan bulan Agan bisa masak nasi di kos, sementara dari pertengahan sampai akhir bulan Agan bisa tetep makan di luar bareng temen-temen agan!

Quote:Quote:13. Ngapain pacaran ke bioskop, kalau ngopi film di warnet aja bisa?



Quote: Berapa tiket nonton? 35.000. Popcornnya? 35.000 â€" 50.000. Artinya? Pemborosan!

Sekali-kali gak papalah kalian nonton di bioskop atau jalan-jalan ke mall. Tapi akan lebih murah lagi kalo ke warnet aja. Warnet sejamnya cuma 6.000. Kalian bisa dapet 20 macam film dengan uang gak lebih dari 20.000.

Eh tapi terserah sih, soalnya ini sebenarnya nggak baik juga bagi hak cipta. Jangan sering-sering lah ya. Dan kalau kalian cinta banget sama filmnya, terutama kalau itu film Indonesia… ya nonton di bioskop aja. Kasian orang kita udah capek-capek bikin.

Ikutin hati nurani aja deh. Hehe.


Quote:Sekian dari ane Gan, kalo berkenan mohon ya Gan.
Akhir kata, semoga bermanfaat.


Cerita Pengalaman Dari Kaskuser

Quote:Original Posted By hashtag â–º
Agak OOT sedikit gan tentang uang receh, ane punya pengalaman nih.

Beberapa minggu kebelakang ane mau jalan ke bandung bedua bareng temen ane pake mobile ortu. Kebetulan ane baru aja isi bensin sebelum masuk tol dan ntu uang ane yang terakhir alias gk pegang duit seribu pun di dompet.

Ternyata di jalan lagi macet parah gan, mau berenti ke atm aja susah , karena macet itu ntu ane malah jadi lupa juga mau ngambil duit dulu.

Setelah kita masuk tol, udah deket pintu tol keluar ane baru NGEH kalo ane gak bawa duit seribu pun di dompet. Ane tanya temen ane, ternyata dia juga gak bawa duit sama sekali, tadinya sama2 mau ngambil dulu di atm tapi kita bedua malah lupa

Akhirnya ane berenti dulu di pinggiran tol sambil keringet dingin gan , di tol kagak bisa kemana2 soalnya. Dan keajaiban tiba2 datang gan .

Ane nemu recehan sekitar 4000, pecahan 100, 200 sama 500 di dashboard mobil. Kayanya bapa ane sering ngumpulin recehan2 gitu. Untungnya lagi tarif tol cuma 3000 jadi ane bisa lolos dari tol.

Semenjak itu ane bener2 baru ngerasain manfaat uang recehan. Walopun receh tapi bisa nyelamatin agan loh

Quote:Original Posted By KumisGueBaplang â–º
bagus gan trik nya..
inget masa masa kuliah dulu, masak nasi, trus beli gorengan.. ngambil cabe nya yang banyak..
tu gorengan bisa jadi lauk buat dua hari
yah, banyak bersyukur gan


Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/546acaa01a99755f148b456c

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)