Home » » Percuma Kalau Asal Komplain dan Emosi, Masalah Tidak Akan Selesai

Percuma Kalau Asal Komplain dan Emosi, Masalah Tidak Akan Selesai


Quote:Spoiler for #norepsolSpoiler for #sumursumber : keretasenja08

Quote:
sumber
Seringkali kita mengalami masalah ketika menggunakan jasa atau barang tertentu. Masakan restoran yang tidak sesuai pesanan, penerbangan yang tertunda, mesin yang sering ngadat, pelayanan yang tidak menyenangkan, dan beragam masalah lainnya. Ketika masalah itu datang, beragam cara pula yang kita lakukan dalam menyampaikan keluhan atau komplain. Dari sekedar curhat ke teman, sampai emosi mencaci-maki di social media.

Setiap orang berhak untuk menyampaikan pendapat, termasuk mengekspresikan keluhannya. Namun, juga perlu diingat bahwa orang lain juga punya hak yang sama dalam menyampaikan pendapat, termasuk dalam menanggapi keluhan orang lain. Sederhananya, seperti hukum fisika, jika ada aksi, maka ada reaksi.

Jika keluhan disampaikan bercampur dengan luapan emosi yang berlebihan di social media, bukan tidak mungkin ada pihak yang bereaksi keras karena tersinggung dengan keluhan tersebut. Reaksinya bisa beragam.

Trus bagaimana tips dan cara yang tepat menyampaikan keluhan atau komplain? Berikut simak dulu pengalaman TS.Spoiler for Quote:Pengalaman
Ketika itu di Kaskus ada event seru tentang Nobar Seru Final Piala Dunia 2014 dengan foto dapat hadiah dan badge bagi yang submit foto. Untuk partisipasi sekaligus mengetes keberuntungan moga dapat hadiah, akhirnya untuk putuskan ikut.

Tapi setelah pengumuman pemenang dan pembagian badge seluruh peserta selesai, kecewa dan marah itu datang. Engga menang engga masalah, cuma badgenya kok engga dapat. Ya, itu wajar ketika kenyataan tidak sesuai harapan, padahal sudah melaksanakan sesuai rule yang ada.

sumber : pribadi
Lalu apa yang harus diperbuat? Buat thread dengan marah-marah karena engga dapat badge? Ngambek trus engga Ngaskus lagi? Dijamin tidak menyelesaikan masalah.

Cara pertama ane kirim PM ke pihak Kaskus yang menyelenggarakan event tersebut. Dengan bahasa yang baik dan benar, serta meminta kejelasan untuk klarifikasi apakah keikutsertaan dalam event tersebut ane sesuai rule yang ada atau tidak.

Setelah selang beberapa hari pihak Kaskus akhirnya membalas dan mengkonfirmasi keluhan atau komplain yang sudah ane kirim via PM. Setelah itu melaksanakan apa yang disampaikan untuk membuktikan sudah ikut serta dalam event tersebut.

sumber : pribadi
Kemudian dalam beberapa hari kemudian, di halaman profil sudah nangkring satu badge Nobar Seru dan jumlah badge pun jadi bertambah.

Quote:Setelah membaca pengalaman di atas, bisa digaris bawahi tentang menyampaikan komplain atau keluhan tanpa perlu emosi yang berlebihan. Masalah lambat laun akan menemukan jalan keluar dan mendapatkan hasilnya. Mungkin ane bisa berbagi tips dan cara menyampaikan masalah komplain yang tepat. Cekibrot gan!!Quote:
sumber
1. Bersikap dan berpikiran positif
Hal ini sangat membantu untuk menjernihkan pikiran dan bertindak tanpa emosi, sehingga bisa membuat kita menyampaikan keluhan dengan benar.
2. Bertindak Segera
Menyampaikan keluhan sebisa mungkin tidak berada waktu yang lama dari kejadian, sehingga dapat ditelusuri dan diselesaikan dengan cepat.
3. Tetap Tenang
Tanpa perlu emosi berlebihan, penyampaian keluhan yang kalem dan tenang akan mudah diterima.
4. Bersahabat
Layaknya berbicara kepada sahabat atau teman baik, pastinya akan melakukan hal yang nyaman. Tulis atau sampaikan kata-kata yang bersahabat dan enak didengar.
5. Jelaskan Apa Adanya
Berikan informasi kronologi dengan benar dan tanpa perlu ditambah-tambahkan dalam menyampaikan.
6. Toleransi
Pahami dan beri waktu tanpa perlu buru-buru untuk mendapatkan hasil. Karena mereka perlu tahu kronologi kejadian dan permasalahan.
7. Tepat Sasaran
Komplainlah kepada yang bersangkutan, bukan mengumbar tidak jelas dan tidak ke arah tujuan. Tepat ini juga dengan melakukan komplain dengan cara yang benar.
8. Siap Menerima
Apapun hasilnya harus siap menerima, baik dan buruk tinggal disikapi secara pribadi. Semua dapat diambil hikmahnya dalam setiap kejadian.

Quote:Thread sederhana ini semoga dapat diambil hikmahnya dan semoga bermanfaat bagi agan-aganwati yang membacanya. Salam sukses dan sehat selalu ya
Quote:Bila berkenan, mampir di gerbong kereta ane
Silahkan klik pada gambar

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5402674332e2e653178b4567

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)