Home » » Serba-Serbi Jam Pelajaran Kosong di Sekolah

Serba-Serbi Jam Pelajaran Kosong di Sekolah




Quote:MUKADDIMAH


Image courtesy of tri-thirty.blogspot.com
Jam Pelajaran Kosong adalah Suatu Kondisi dimana Kegiatan Belajar mengajara tidak bisa dilakukan karena ada faktor pendukung yang tidak tersedia, paling sering adalah karena guru tidak masuk. Kondisi ini mempunyai dampak serta perlakuan yang berbeda-beda diantara setiap siswa. Hal ini menjadi sebuah hal yang menarik untuk diangkat menjadi sebuah Thread, Apa yang ane tulis adalah apa yang ane pernah ane alami, rasakan dan ada sebagaian juga merupakan sebuah opini dari ane pribadi.

Semoga thread sederhana ini bisa bermanfaat.




Quote:Jam Pelajaran Kosong itu Menyenangkan Jika….

Image courtesy of istyzulaida.blogspot.com

Kapan Jam Pelajaran Kosong Itu Menyenangkan ? Menurut ane saat kayak gini gan :
Quote:Pelajaran Itu Tidak Disukai

Ada beberapa faktor yang menyebabkan siswa-siswi tidak menyukai suatu mata pelajaran, diantaranya adalah faktor guru atau pada dasarnya siswa-siswi tersebut memang tidak suka dengan pelajaran tersebut. Bagi siswa-siswi yang tidak menyukai suatu mata pelajaran tertentu, jam pelajaran kosong tentu saja merupakan sesuatu yang menyenangkan.
Quote:Jam Pelajaran benar-benar kosong

Ini yang paling penting, jam pelajaran itu benar-benar kosong, artinya tidak ada aktivitas yang diberikan oleh guru sehingga siswa-siswi benar-benar tidak belajar, Jika tidak ada guru terkadang ada saja guru yang mengisi, misalnya Kepala Sekolah, Guru BK/BP, Wali Kelas atau malah dititipkan tugas oleh guru yang berhalangan tersebut, jika itu semua tidak ada, sudah bisa dipastikan,,, sangat menyenangkan
Quote:Berada di Jam Terakhir

Jam Pelajaran kosong di jam terakhir itu ibarat mendapatkan durian runtuh, sangat menyenangkan sekali,,, jam kosong di jam terakhir artinya adalah pulang lebih ceppat dari waktu yang biasanya… menyenangkan bukan ?


Quote:Jam Pelajaran Kosong itu Tidak Menyenangkan Jika….

Image courtesy of alvinono.blogspot.com

Lalu Kapan Jam Pelajaran Kosong Itu Tidak Menyenangkan ? Menurut ane saat kayak gini gan :
Quote:Pelajaran Itu Disukai

Ada beberapa faktor yang menyebabkan siswa-siswi menyukai suatu mata pelajaran, diantaranya adalah faktor guru atau pada dasarnya siswa-siswi tersebut memang suka dengan pelajaran tersebut. Bisa dibayangkan jika itu terjadi, maka siswa-siswi yang menyukai pelajaran tersebut akan merasakan momen yang tidak menyenangkan.
Quote:Hanya Guru Saja yang Tidak ada

Terkadang kita mengalami yang namanya jam pelajaran kosong, namun gurunya saja yang tidak masuk, sedangkan tugas dan kegiatannya masih tetap dilaksanakan, dan itu sering terjadi, guru tidak masuk namun menitipkan tugas dan harus dikumpulkan, menyenangkan ? sebagian besar siswa-siswi akan mengatakan tidak
Quote:Ada Guru Lain yang Mengisi

Salah Satu Momen tidak menyenangkan saat jam pelajaran kosong lainnya adalah saat ada guru lain yang menggantikan guru yang berhalangan tersebut, paling sering adalah Kepala Sekolah, Guru BP/BK atau wali kelas, namanya bukan jam pelajaran kosong dong


Quote:Apa Yang Biasa Dilakukan Saat Jam Kosong ?

Image courtesy of smkn1jenpo.sch.id

Apa yang biasa dilakukan oleh Siswa-siswi saat jam pelajaran Kosong ? Menurut pengalaman ane yang biasa dilakukan oleh siswa-siswi saat jam kosong adalah :
Quote:Tetap Belajar

Salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh siswa-siswi jika ada jam pelajaran kosong adalah belajar sendiri, misalnya di Perpustakaan, di Mushalla, atau dimana saja. Namun siswa-siswi semacam ini sangat langka adanya
Quote:Bermain

Ini adalah kegiatan yang paling banyak dilakukan oleh siswa-siswi jika ada jam pelajaran kosong, bermain.. paling sering dilakukan di dalam kelas karena jika diluar bisa menarik perhatian guru lain dan bisa mengganggu kelas lain yang sedang belajar.
Quote:Ngobrol dan Ngerumpi

Hal yang satu ini memang menjadi kebutuhan utama bagi setiap orang, apalagi seorang siswa. Bagi mereka yang merasakan kejenuhan karena terus-terusan belajar, Meskipun memang slalu ada jam istirahat, tapi kalau dibandingkan dengan lamanya jam belajar, seperempat jam itu hanya satu per dua puluh delapan bagian dari waktu yang kita miliki 7 jam disekolahan. Bayangkan? Wajar saja bila jam kosong sering digunakan untuk bercengkrama dengan teman.
Quote:Belanja

Untuk yang satu ini biasanya dilakukan oleh siswa-siswi yang mempunyai uang saku banyak, jam kosong digunakan untuk belanja di kantin, memang ada jam istirahat, namun jika jam kosong tentu akan bebas berbelanja tanpa harus mengantri dan berdesak-desakan dengan siswa-siswi dari kelas lain
Quote:Mengerjakan Tugas

Jam Kosong bisa menjadi sebuah berkah bagi siswa-siswi yang kebetulan lupa mengerjakan tugas pada jam berikutnya, jam kosong tersebut akan dimanfaatkan untuk mengerjakan tugas, entah itu mengerjakan sendiri atau menyalin tugas teman, masing-masing siswa-siswi punya cara sendiri-sendiri.
Quote:Menggoda Teman yang Sedang Belajar

Kegiatan yang satu ini pasti banyak yang pernah dan sering melakukannya, menggoda teman di kelas lain yang sedang belajar, tentu saja ini sedikit mengandung resiko, tapi namanya usil, tentu saja sesuatu yang menantan itu menyenangkan


Quote:Hal Yang Harus Diketahui Tentang Jam Pelajaran Kosong

Image courtesy of kaphaaceh.blogspot.com

Sepintas Jam Pelajaran Kosong Itu Terlihat Menyenangkan
Namun Ternyata Jika dikaji lebih dalam lagi ternyata itu sangat Merugikan
Quote:Waktu Terbuang Percuma

Coba renungkan kembali apa sebenarnya tujuan kita pergi sekolah. Ilmu, ya ilmu memang ingin kita dapatkan disana. Tapi dengan kosongnya pelajaran, kepergian kita ke Sekolah menjadi sia-sia. Tak ada ilmu yang didapat. Waktu yang seharusnya sangat ideal untuk belajar dan mengisi otak yang lapar dengan ilmu hanya digunakan diluar niatan, santai-santai bercanda, bermain dan sebagainya.
Quote:Hak sebagai pelajar tidak terpenuhi

Ketika Seorang anak dititipkan oleh Orang tuanya untuk belajar dan menimba ilmu dan membayar sejumlah uang yang jumlahnya tidak sedikit serta mempersiapkan segala biaya lainnya untuk menunjang aktivitas kita (seragam, buku dan alat penunjang lainnya) itu artinya segala kewajiban sudah dilaksanakan, namun kenyataannya ? hak belajar dan mendapatkan ilmu malah tidak terpenuhi karena adanya jam pelajaran kosong tersebut.


Quote:Ada Yang Punya Pendapat Berbeda ???
Quote:

HASIL PEMIKIRAN SENDIRI


Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5469634cdc06bd39068b4579

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)