Home » » Beberapa Kesalahan yang Sering Dilakukan Penumpang Kapal Feri

Beberapa Kesalahan yang Sering Dilakukan Penumpang Kapal Feri




Quote:Quote:Mukaddimah

Quote:Kapal Feri adalah Kapal Laut yang melayani rute penyebrangan antar pulau melewati Selat, Laut atau Sungai dalam Jarak Pendek, biasanya dalam hitungan menit, atau beberapa Jam. Sebagai seorang yang hampir tiap minggu harus bolak-balik menggunakan kapal feri, ane sering melihat beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh para penumpang, baik yang menggunakan kendaraan ataupun penumpang biasa. Pada awalnya dulu ane juga sering melakukan hal tersebut, tetapi karena seringnya wara-wiri dan sering berbincang dengan kru kapal atau penumpang yang sudah berpengalaman naik kapal laut, ane jadi tahu kalo yang ane lakukan itu adalah sebuah kesalahan. Dalam kesempatan ini ane ingin menuliskan beberapa kesalahan yang sering dilakukan tersebut, semoga bisa bermanfaat.


Quote:Kesalahan yang sering dilakukan penumpang kapal Feri

Quote:Quote:Tidak Meminta Potongan Tiket Saat Masuk Dermaga

Quote:Dalam setiap pintu masuk dermaga pelabuhan selalu ada papan peringatan yang berbunyi “Mintalah Potongan Tiket anda dan simpan selama pelayaran”, tapi yang terjadi malah kebanyakan potongan tiket itu tidak diminta oleh penumpang, terutama penumpang biasa dan penumpang yang menggunakan motor. Mungkin karena malas menunggu atau ingin cepat-cepat masuk ke kapal sehingga hal tersebut sering dilakukan, padahal itu adalah kesalahan. Jika tiket yang dipakai sudah menggunakan E-Tiket, kesalahan itu mungkin bisa diminimalkan, tetapi jika masih menggunakan tiket manual, maka kesalahan itu sebaiknya jangan dilakukan. Dengan menyobek tiket, berarti kita sudah terdaftar secara resmi sebagai penumpang, jika kita tidak meminta, kita tidak tau apakah petugas akan menyobeknya bukan ? bisa saja mereka adalah petugas yang “nakal” dan malah menjual kembali tiket tersebut, artinya kita tidak ada jaminan keselamatan serta tidak ada pendapatan bagi pemerintah. Potongan tiket itu adalah bukti syah kita menjadi penumpang sehingga jika nanti terjadi hal yang tidak diinginkan, itu bisa menjadi barang bukti untuk klaim Asuransi dan sebagainya.

Quote:Quote:Tidak Mengikuti Arahan Petugas saat keluar masuk kapal

Quote:Kesalahan kedua yang sering dilakukan oleh penumpang kapal, khususnya pengguna kendaraan adalah tidak mau mengikuti arahan petugas saat keluar atau masuk kapal. Pada saat keluar kapal, kita biasanya selalu ingin keluar lebih dahulu, sehingga yang terjadi adalah kesemrawutan saat keluar yang justru menyebabkan kita terhambat untuk keluar. Tidak hanya pada saat keluar kapal saja, pada saat masuk kapal hal itu juga sering terjadi, malah sebelum masuk dermaga kita sudah saling ingin mendahului, petugas juga punya standar dan aturan dalam menyusun kendaraan di dalam kapal, bukan sekedar naik dan asal ditata saja, aturan kendaraan di dalam kapal mempengaruhi kenyamanan selama pelayaran, jika salah pengaturan, maka kapal tidak akan nyaman dalam berlayar

Quote:Quote:Berada diatas kendaraan selama pelayaran

Quote:Kesalahan lain yang sering dilakukan juga oleh penumpang kapal adalah mereka tidak meninggalkan kendaraannya selama pelayaran, entah karena waktu tempuhnya yang sedikit atau karena ingin beristirahat, kapal sudah menyediakan tempat untuk penumpang, jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang sifatnya darurat, maka penumpang bisa dengan segera untuk melakukan tindakan penyelamatan. Jadi sangat dilarang untuk berada di dalam kendaraan selama pelayaran.

Quote:Quote:Kesalahan saat meninggalkan kendaraan

Quote:Beberapa kesalahan yang sering dilakukan penumpang kapal saat meninggalkan kendaraannya seperti tidak mematikan mesin kendaraan, hal itu sangat berbahaya karena bisa menimbulkan kebakaran. Kesalahan lainnya adalah tidak memasang penahan pada roda kendaraan, khususnya kendaraan besar, jika gelombang dan arus cukup besar, maka posisi kendaraan bisa bergeser dan itu sangat berbahaya. Sedangkan bagi pengguna kendaraan roda dua, kesalahan yang paling sering dilakukan adalah mengonci leher motor, hal itu sangat tidak dibenarkan, sewaktu-waktu bisa saja terjadi pergeseran tempat motor oleh petugas, jadi petugas gak perlu repot-repot harus memanggil pemilik kendaraan untuk turun ke geladak bukan ? lagian siapa juga yang bakalan nyuri motor di tengah laut ?

Quote:Quote:Tidur Bukan Pada Tempatnya

Quote:Kesalahan ini adalah kesalahan yang paling sering dilakukan oleh penumpang kapal di ruang penumpang, mereka sering tidur bukan pada tempatnya, misalnya tidur pada kursi atau di Mushalla, namanya saja kursi, tentu saja itu untuk tempat duduk, bayangkan jika kebetulan sangat ramai oleh penumpang kemudian banyak tempat duduk yang dipakai tidur, lha semua kan punya hak yang sama untuk duduk, lagian kapal juga biasanya ada tempat khusus untuk tidur, misalnya lesehan atau menyewakan kamar, itu bisa dimanfaatkan untuk istirahat, bukan malah tidur di kursi atau Mushalla.

Quote:Quote:Membuang Sampah di Laut

Quote:Kesalahan lain yang sering dilakukan oleh penumpang kapal adalah membuang sampah di Laut, entah karena malas beranjak ke tempat sampah atau memang udah kebiasaan buruk yang akut dari orang tersebut, biasanya sampah terbanyak yang dibuang ke laut adalah bungkus makanan serta puntung rokok, padahal petugas kapal sudah menyediakan bak sampah dan selalu ada peringatan untuk tidak membuang sampah di laut. Kalo di bawah kursi mungkin bisa dibersihkan oleh petugas, kalau di laut ? itu laut gan, bukan bak sampah

Quote:
Sumber Tulisan : Pengalaman Pribadi
Sumber ilustrasi : T K P

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53fa93cda4cb17b4478b4588

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)