Home » » Tips Ngurangin Resiko Bisnis

Tips Ngurangin Resiko Bisnis

Biasanya, founder dari sebuah startup itu YAKIN banget sama ide bisnisnya. Ngga salah sama sekali, malah bagus. Ya jelas lah, kalo foundernya aja ngga yakin sama ide bisnisnya, ya gimana mau yakinin calon investornya? Jangankan dapet investor, dapet karyawan aja bakal susah kali?!

Anyway, tapi ada kejelekannya juga nih kalo foundernya terlalu yakin sama ide bisnisnya. Apa itu?

Biasanya si founder kalo emang terlalu yakin sama ide bisnisnya, dia akan merogoh koceknya dan keluarin semua uang yang dia punya. Misal bisnisnya untuk bisa jalan perlu Rp.10 juta, kalau si founder kebetulan punya Rp. 10 juta uang tabungan, dia akan ngga segan-segan untuk mendanai ide bisnisnya.

Ingat! Ngga ada bisnis yang dari sejak direncanakan, dimulai, dan dijalankan.. mulus selalu. Ya mungkin ada, tapi itu 1 berbanding sejuta (mungkin?) Jadi, dengan kata lain, bersiaplah juga untuk gagal.

Pernah denger ada orang yang gagal bisnisnya trus dia bunuh diri? Ini dikarenakan si pemilik bisnisnya udah ngga punya apa-apa lagi (termasuk malu), jadi jalan pintasnya ya dia memilih untuk mengambil nyawanya sendiri. Jangan ya! Semua masalah pasti ada jalan keluarnya kok. Masa gara-gara bisnis aja harus ninggalin dunia yang indah ini?

Anyway, untuk ngurangin resiko bisnis jadinya mesti gimana?

1. Kalo emang perlu Rp. 10 juta dan cuma punya tabungan Rp. 10 juta, ya coba cari partner bisnis. Ngga gampang i know, tapi usaha dulu. Kalau emang ngga dapet seorang partner bisnis yang bisa bantu ikut mendanai 50% dari modal tersebut, coba cari 9 partner bisnis yang mungkin masing-masing bisa bantu Rp. 1 juta.

2. Atau, cari bisnis yang ngga perlu Agan pake semua uang tabungan yang Agan punya. OK, ide bisnisnya Rp. 10 juta, tapi daripada kalo gagal habis uang tabungan Agan, mending Agan coba muter otak lagi dan cari ide bisnis yang hanya perlu (MISAL) Rp. 1 juta aja. <- Kalau usaha Agan gagal, percaya deh, Agan ngga akan jadi gila, kenapa? Ya karena uang yang Agan hilang hanya 10% dari tabungan yang Agan punya.

Ya, kedua poin ini adalah "teori", tapi.. teori yang saya pake dalam berbisnis. Dulu saya juga seperti founder yang saya ceritain di awal paragraph, tapi sejalan dengan waktu, saya menjalankan kedua poin ini. Makanya pada kesempatan ini, saya share kedua poin ini.. semoga bermanfaat ya!

See you ON TOP!
@billyboen

CEO, PT. YOT Nusantara - @youngontop
Chairman, PT. Generasi Digital Internasional - @GDILab (digital analytic)

Website: www.youngontop.com
Facebook: /youngontopYOT
Instagram: @youngontop

Baca juga tulisan saya: "Tips Membuat CV Yang Tepat" -> http://www.kaskus.co.id/thread/54088...8b46837f8b4567

#CVCreator, free, easy, bisa didownload, diprint, dan diemail (pdf): [CV.youngontop.com]

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5468de7ac1cb1718578b4569

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)