Home » » Ukuran Objek Luar Angkasa Dibandingkan dengan Bumi

Ukuran Objek Luar Angkasa Dibandingkan dengan Bumi



Quote: +
kalau berkenan gan

Sebagian besar benda-benda di luar sana di alam semesta cukup besar. Bulan, planet, bintang, galaksi, sehingga kadang menjadi sulit membayangkan ukuran mereka yang sebenarnya di kepala Anda. Di artikel yang dikutip dari Alam Mengembang Jadi Guru ini Anda akan melihat bagaimana beberapa objek ruang angkasa di luar sana dibandingkan dengan objek-objek yang ada di bumi di sini.

Quote:Bintang Neutron

Bintang neutron dibandingkan dengan Inggris Barat Laut

Sebuah bintang neutron yang khas akan pas tepat mengisi ruang antara Liverpool dan Warrington di barat laut Inggris. Bintang neutron hanya berdiameter sekitar 20 kilometer, dan ini bukanlah bintang normal Anda lihat bersinar di langit malam. Ini adalah objek aneh dan eksotis. Sebuah bintang neutron juga memiliki massa sekitar 1,5 kali massa Matahari, namun ukurannya sangat jauh lebih kecil dibandingkan ukuran Matahari. Jadi objek ini sangat padat, begitu padatnya sehingga satu sendok teh materi bintang ini akan memiliki berat lebih dari satu miliar ton, dan jika Anda bisa berdiri di permukaannya Anda akan merasakan tarikan gravitasi 200 miliar kali dari gavitasi planet kita dan tentu saja Anda tak akan pernah bisa bertahan disana.

Dari semua objek di galaksi, bintang-bintang neutron adalah satu di antara hal-hal aneh di luar sana. Tapi hal-hal ianeh ni melakukan sesuatu yang lain, mereka juga berputar. Anda mungkin memiliki blender di dapur, atau Anda pernah melihat sebuah benda yang berputar. Bayangkan sebuah bola dengan diameter 20-30 kilometer berputar lebih cepat dari blender dapur Anda, dan bintang neutron tercepat dikenal berputar pada 716 kali per detik. Laju putaran mereka sangat handal, mereka begitu akurat bahkan melebihi jam atom!

Bintang neutron, sebuah objek yang tidak lebih besar dari sebuah kota, dengan massa 1,4 â€" 3,2 kali massa Matahari, dan berputar pada tingkat yang fenomenal.

Quote:Olympus Mons

Gunung berapi Mars Olympus Mons akan menutupi negara bagian Arizona

Mars sebenarnya adalah dunia kecil tapi memiliki hal-hal yang berkala skala besar. Terletak di wilayah Tharsis Montes Mars, adalah gunung berapi terbesar di Mars, lebih besar daripada gunung berapi di Bumi, pada kenyataannya itu adalah gunung berapi terbesar di tata surya secara keseluruhan.

Gunung berapi tersebut disebut Olympus Mons, gunung berapi perisai dengan ukuran yang benar-benar kolosal. Lihat bagaimana ia muncul menjulang di Mars pada ilustrasi Nasa dibawah ini (atas tengah). Pada gambar di atas Anda dapat melihat bagaimana gunung itu akan muncul jika di letakkan di negara bagian Arizona. Lebih tinggi 3 kali dari Mount Everest (diatas permukaan laut), gunung berapi raksasa ini benar-benar akan menutup seluruh Arizona.


Berdiameter sekitar 624 km, gunung ini menjulang 16 mil ke langit Mars, dan berbingkai oleh 4 mil tebing tinggi. Di puncak struktur kolosal ini terdapat kaldera berdiameter 50 mil, mudah dilihat pada gambar di atas. Olympus Mons memiliki teman vulkanik lainnya, di wilayah Tharsis Montes ada tiga gunung berapi yang lebih kecil lainnya yaitu Arsia Mons, Pavonis Mons, dan Ascraeus Mons yang membentuk garis di tenggara Olympus Mons.

Quote:Bulan nya Jupiter, Io

Bulannya Jupiter Io dibandingkan dengan Amerika Serikat dan Kanada

Bulan Jupiter Io adalah tubuh yang paling vulkanik di tata surya, tampak seperti pizza keju itu akan pas cocok antara San Francisco dan Detroit atau 3636 kilometer. Ukuran bulan Jupiter ini kira-kira sama seperti Bulan Bumi (2,160 mil).

Io sangat kecil dibandingkan dengan Jupiter meskipun, gambar dibawah ini menunjukkan Io melayang di atas badai yang berkecamuk di Jupiter, namun badai itu jauh di bawah jauh jauh di bawah nya, Jupiter sebenarnya berjarak 350.000 km dari Io, atau kira-kira 2,5 kali diameter Jupiters.


Io adalah yang pertama dari empat bulan utama Jupiter, dan ini adalah mengapa Io memiliki banyak gunung berapi meletus. Gravitasi besar Jupiter menarik dan melenturkan Io selama perjalanan di dalam orbitnya. Pengaruh gravitasi dari jupiter ini membuat interior Io terus meleleh dan gunung gunung berapi di permukaannya terus memuntahkan lava pada permukaannya, dan menutupi datarannya dengan belerang berwarna kuning. Gunung-gunung berapi ini meletus tinggi di atas permukaan, begitu tinggi sehingga jika mereka di Bumi, material vulkanik mereka akan melewati Stasiun Antariksa Internasional.

Quote:Mars

Amerika Serikat dan Kanada jika diletakkan di Mars

Adik planet Bumi Mars menawarkan beberapa struktur besar seperti Olympus Mons dan Valles Marineris, tetapi planet ini tidak benar-benar begitu besar. Dalam gambar di atas terlihat seberapa besar Amerika Serikat dan Kanada jika berada di planet merah.

Jadi, jika Anda bisa naik pesawat dari satu sisi ke sisi lain Mars, maka akan butuh waktu sekitar 8 jam atau lebih. Dunia gurun berkarat yang mengorbit antara Bumi dan Jupiter ini hanya 53% ukuran planet kita, berdiameter sekitar 6.792 km di khatulistiwanya, dan dari kutub ke kutub, Mars 40 km lebih kecil. Inilah sebabnya mengapa bila dilihat melalui teleskop, Mars selalu cukup kecil dibandingkan dengan planet seperti Jupiter dan Saturnus misalnya, meskipun itu tidak berarti Anda tidak dapat melihat fitur pada dunia misterius ini. Melalui teleskop dengan ukuran yang layak, Anda dapat melihat lapisan es dan fitur tanah yang gelap dan terang.

Tetangga Bumi di tata surya ini adalah planet yang terkecil kedua setelah Merkurius. Massa lahan kering Mars sebenarnya adalah sekitar sama dengan Bumi, karena meskipun Mars jauh lebih kecil, planet itu tidak memiliki lautan, Anda harus kembali beberapa miliar tahun untuk melihat air biru dingin melimpah di Mars.

Quote:Saturnus

Banyaknya Bumi yang akan cocok dan pas di lebar cincin utama Saturnus.

Jupiter memegang gelar untuk menjadi planet terbesar di tata surya, namun Saturnus juga tidak kecil. Diameternya sekitar 14, 514 mil lebih kecil dari diameter Jupiter, dan Saturnus juga memiliki cincin yang luar biasa. Anda dapat melihat bagaimana bumi terlihat kecil dibanding Saturnus pada gambar di atas, dengan hampir 6 Bumi berbaris melintasi lebar cincinnya. Kesenjangan gelap dalam cincin utama Saturnus disebut Divisi Cassini, yang dapat menelan seluruh Amerika Serikat.

Sepanjang disk Planet Saturnus, anda bisa memuat hampir 10 Bumi, dan jika Anda bisa mengisi Saturnus dengan Bumi, maka akan butuh 764 bumi agar penuh.

Quote:Cincin Saturnus

Bila Saturnus diganti dengan Bumi, maka seperti inilah planet kita akan muncul di pusat cincin

Gambar diatas menunjukkan betapa raksasanya cincin Saturnus. Planet Saturnus telah diambil dan diganti dengan bumi pada skala yang sama. Cincin es Saturnus terdiri dari miliaran, dari partikel dan kerikil kecil hingga potongan yang seukuran gunung.

Ketebalan cincin sekitar 1 kilometer, dan rentang lebar sekitar 282.000 km dari cincin bagian dalam hingga bagian luar, itu sekitar 3/4 jarak dari Bumi ke Bulan.

Quote:Jupiter

Amerika Utara dan Kanada sangat kecil bila dibandingkan dengan besarnya Jupiter.

Jupiter adalah raja tata surya, ia memiliki massa lebih banyak dari semua planet dan bulan lainnya disatukan, dan membentang 142, 984 km di khatulistiwanya. Ini lebih dari 11 kali diameter planet kita, dengan kilat 1000 kali lebih kuat daripada Bumi, dan kecepatan angin di bagian atas atmosfer yang bisa mencapai 100 meter per detik.

Planet ini berputar sekitar hanya dalam 10 jam dibandingkan dengan Bumi yang 24 jam, menjadikannya planet berputar tercepat di tata surya. Gambar di atas menunjukkan gas raksasa dengan bagaimana Amerika Utara dan Kanada akan muncul untuk skala yang sama, akan terlihat sangat kecil jika dibandingkan dengan Jupiter Great Red Spot, badai yang telah berkecamuk mungkin sejak tahun 1665.

Quote:Matahari

Bumi dibandingkan dengan Matahari

Matahari memiliki massa jauh lebih besar daripada segala sesuatu yang lain di tata surya disatukan, dan sebenarnya massa matahari adalah 99,86% massa tatasurya. Yang berarti bahwa kita dan planet-planet dan bulan lainnya benar-benar hanya puing-
puing kecil dari pembentukan Matahari 4,5 miliar tahun lalu produk sampingan kosmik.

Pada skala Matahari, Bumi kini benar-benar mulai terlihat sangat kecil dan lemah, pada gambar di atas lidah api (prominence) matahari yang terlihat di sepanjang ekstremitas yang meledak ke ruang angkasa, berkali-kali ketinggian Bumi.


Sebuah sunspot (bintik hitam) yang biasanya terlihat pada sebagian besar hari di Matahari, beberapa lebih besar dari Bumi. Di seluruh disk Matahari Anda bisa memuat 109 Bumi berdampingan, dan untuk mengisi volume Matahari maka akan butuh 1,300,000 Bumi. Jika dilihat lebih dekat Matahari memiliki butiran atau tampilan seluler. Butiran-butiran (granula) pada fotosfer ini adalah puncak dari sel-sel konvektif dari plasma yang naik dari bawah. Disk matahari memiliki hingga 4 juta butiran ini di seluruh disk-nya pada satu waktu, dan rata-rata seukuran Texas.

Matahari melepaskan lebih banyak energi dalam 1 detik daripada energi yang pernah diproduksi oleh manusia sepanjang sejarah, dan kehilangan 4 miliar ton materialnya ke ruang angkasa setiap detik tetapi masih memiliki cukup banyak material untuk 5 miliar tahun ke depan. Sebuah suar surya, ledakan dari permukaan Matahari yang disebabkan ketika medan magnet yang sangat kuat pecah di bawah tekanan, dapat memiliki kekuatan satu miliar bom Hiroshima.

Matahari hanyalah salah satu di antara ratusan miliar bintang lain di galaksi Bima Sakti, tetapi sedikit lebih besar dari bintang rata-rata.

itulah gan sedikit dari banyaknya objek objek ruang angkasa yang dibandingkan dengan bumi

jika ada kesalahan mohon dikoreksi ya gan



Quote: +
kalau berkenan gan

Spoiler for sumbersumber

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5460f2a5582b2e35188b456c

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)