Home » » Mengapa PC Gaming Lebih Baik Dari Console?

Mengapa PC Gaming Lebih Baik Dari Console?


Sudah menjadi rahasia umum perang console antar 3 produsen besar tidak pernah berhenti, Sony vs Microsoft vs Nintento dan di generasi terbaru ini console yang saling bertarung memperebutkan tahta adalah Playstation 4 vs Xbox One vs Nintento Wii U bersama fanbase nya masing-masing. Namun diantara perang besar ini sebenarnya ada satu lagi platform yang mulai kembali dilirik akhir-akhir ini, PC!

Quote:Glorious PC Gaming Master Race

Seperti kubu lainnya para fans PC Gaming juga mengklaim PC lah yang terbaik dengan jargon nya yang terkenal “Glorious PC Gaming Master Race”. Pertanyaannya, kenapa PC Gaming lebih baik dibanding Console?
Quote:One for All

PC Gaming pada dasarnya sebuah PC / Computer namun dibuat sedemikian rupa sehingga memaksimalkan fungsi gaming-nya, baik penggunaan spesifikasi part hingga aksesoris dan software khusus gaming. Dan seperti computer pada umumnya PC Gaming tentu bisa digunakan untuk melakukan hal lain, mulai dari mengerjakan pekerjaan kantor / kuliah, mendesain sesuatu, bersosial media, menonton film, dan banyak hal lainnya.

Meski dengan update firmware terbarunya yang memungkinkan PS4 memainkan lagu dari USB, dan dengan Xbox One yang dari awal diposisikan sebagai media center, namun apa keduanya mampu membantumu mengerjakan skripsi misalnya?
Quote:Flexibility

Faktor fleksibilitas sering sekali disebut sebagai kelebihan terbesar PC Gaming dibanding Console. PC benar-benar dibangun sebagaimana kamu inginkan, kamu bisa memilih hampir seluruh komponen yang ada, mulai dari Processor, RAM, Storage, VGA dan sebagainya. Kamu sendiri yang menentukan apakah PC yang kamu bangun nantinya menjadi low budget atau PC dengan spesifikasi super tinggi dengan harga yang super mahal. Tentu saja spesifikasi yang lebih rendah ini nantinya harus dibayar dengan kualitas graphic game yang dihasilkan.

Fleksibilitas juga ditunjukan dengan banyaknya pilihan input device yang digunakan sesuai gaya bermainmu, mulai dari mouse+keyboard standard, hingga joystick controller seperti yang ada di console game. Satu yang pasti, hingga saat ini untuk game-game bergenre FPS atau 3D RPG pilihan control dengan mouse+keyboard masih menjadi pilihan utama dan tidak tergantikan. Hal ini sekaligus menjadi salah satu keuntungan terbesar PC dibanding Console yang umumnya hanya hadir dengan controller di paket standarnya.
Quote:There’s No Limit
Melihat spesifikasi “Gila” Assassin’s Creed Unity dan CoD: Advanced Warfare kemarin seorang teman mengeluh pada saya, ia mulai lelah dengan spesifikasi minimum game-game terbaru yang terlalu tinggi untuknya. Ia memutuskan akan meninggalkan PC Gaming dan kembali ke Console, karena menurutnya ia tidak mau terus-terusan upgrade komponen baru setiap tahun.

Memang benar di console kita tidak perlu memikirkan spesifikasi dan FPS yang akan didapat ketika memainkannya, semua game yang dirilis dipastikan bisa berjalan dengan lancar. Tapi coba dipikir lagi dengan logika seperti ini, game console bisa berjalan dengan lancar karena memang game nya dikembangkan sesuai kemampuan console tersebut. Itu artinya gamenya yang mengikuti spek consolenya (dibatasi). Sebaliknya di PC Gaming para developer mengembangkan gamenya sebaik mungkin tanpa batasan apapun, artinya spek nya yang akan mengikuti permintaan gamenya nanti. Padahal seperti diketahui teknologi berkembang dengan cepat.
Logika sederhana: Bagaimana cara mu memasukan 6 liter air ke ember berkapasitas 5 liter? Ada dua pilihan, pertama kamu tuang airnya sampai ember penuh lalu buang 1 liter air yang tersisa. Atau kamu ambil ember dengan kapasitas yang lebih besar baru kamu tuangkan seluruhnya tanpa kehilangan airnya sama sekali. Pertanyaan selanjutnya, bagaimana jika terus bertambah tidak lagi 6 liter dan jumlah air yang harus terbuang semakin banyak?
Hal ini bisa dilihat dengan banyaknya game terbaru dimana versi consolenya punya batasan tertentu dibanding versi PC nya, yang terbaru adalah Assassin’s Creed Unity PS4 yang kualitasnya terpaksa diturunkan ke 900p @30 FPS demi Xbox One. Jadi kalau kamu tetap ingin memainkan game terbaru terus di PC mu tanpa perlu upgrade setiap tahun, ya mainkan saja, tapi turunkan setting kualitasnya. Toh sama saja dengan di console, tetap bisa main tapi kualitasnya tidak maksimal.

Tentu saja hal ini kembali ke para developernya masing-masing serta di platform apa game itu pertama dibuat, karena biasanya platform utama selalu memiliki kualitas paling baik dan efisien dibanding platform lainnya karena pada platform utama developer benar-benar memaksimalkannya sementara platform lain hanya porting atau penyesuaian. Salah satu game yang berhasil dikembangkan dengan baik, dengan kualitas graphic yang sama baiknya di PC ataupun Console adalah Tomb Raider 2013.
Quote:Kata Developer
PCgamer mewawancarai beberapa developer game di acara PAX Prime kemarin dengan pertanyaan sederhana “Apa yang kalian sukai dari PC Gaming?”. Silahkan simak videonya berikut ini.

Quote:Verdict
Baik PC maupun Console memang memiliki kelebihan masing-masing, dan hak setiap gamer memilih platform yang mereka inginkan sesuai kebutuhannya. Jika PC Gamer lebih memilih sesuatu yang fleksibel, bisa digunakan untuk banyak hal, serta performa yang bisa di tingkatkan tanpa batas, para Console gamer lebih memilih sesuatu yang lebih simple, yang bisa mereka beli 1 kali dan bisa dipakai sampai 5 tahun kedepan atau lebih tanpa perlu memikirkan upgrade.

Jadi untuk kamu yang memilih PC, bagaimana menurutmu? Kenapa kamu memilih PC Gaming? Dan apa yang membuat PC lebih baik dari consol? Silahkan tinggalkan jawabannya di bagian komentar.
Quote:Sumber
Quote:Oke gan Sementara itu dulu. Bangga aja gan jadi Gamer PC, meskipun nggak semua game konsol juga ada di PC. Tapi dengan PC secara nggak langsung kita bisa nambah pengetahuan tentang perakitan komputer saat kita melakukan upgrade hardware
Quote:TERIMAKASIH UDAH MAU BACA
DITUNGGU KOMEN, RATE DAN CENDOLNYA GAN

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5456ab1214088d63328b4572

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)