Home » » Tips Menikmati Masa Merantau

Tips Menikmati Masa Merantau



--Bismillahirrohmanirrohim--



Quote:Sumber
Diantara para pembaca sekalian pasti ada yang merantau saat ini.
Coba renungkan pertanyaan berikut ini :
Quote:Sudah berapa lama anda merantau? Bagaimana perasaan anda jauh dari keluarga dan sanak saudara? Seberapa sering anda pulang karena rindu yang tak terbendung?
Untuk tujuan apa anda merantau ke Pulau tetangga?
Seberapa BAHAGIA anda merantau?
Saat kita jauh dari keluarga, jauh dari teman masa kecil, jauh dari saudara-saudara kita, dengan niat yang baik, tujuan yang baik, entah mencari nafkah, entah menempuh pendidikan, entah ikut saudara, entah lain-lainnya yang diluar kebiasaan pada umumnya, seberapa bahagia anda di perantauan sana?

Quote:Bagi yang sudah menikmati masa perantauannya, yang sudah merasa rilax n enjoy di perantauan sana ane ucapin selamat sedalam-dalamnya dan bagi yang masih merasa menderita dan tidak krasan (nyaman) berikut ane kasih tips buat ente sekalian agar lebih menikmati dan terbuka mata dan hati ente buat tirakat di perantauan sana! (pengalaman pribadi)

Spoiler for Buka1. Mulai membaur dengan warga sekitar
Spoiler for 1Spoiler for PicSumberSebagai orang perantauan apalagi tidak punya kenalan/sanak saudara, tips pertama ini yang harus pertama kali ente lakuin. Sebagai seorang perantauan yang mandiri (datang sendiri tanpa ada sanak saudara) orang yang ente temui dan kenal pertama kali nanti adalah Ibu/Bapak Kos (kalau ngekos), dari situ ente sering2 ngajak ngobrol, mengenal keluarga ibu/bapak kos, dan sering2 mampir kerumahnya (perkenalan).
Selanjutnya cara membaur yang paling pas adalah nongkrong di warkop (agresif) di warung informasi berjalan begitu cepat gan, apalagi ente bisa ngimbangi topic yang mereka bicarakan, disono tempat ngumpul orang dari berbagai kalangan, kalau ente udah nguasain tuh warung (langganan) tiap hari ente bakal dengerin berita segar dari konsumen lainnya.
Selain itu bisa juga dengan rajin ke tempat ibadah (defensive), disana ente bakal ketemu dengan orang2 lokal, manfaatkan momen itu dengan mengajak berkenalan dan memperdalam karakter orang tsb. Berbeda dengan warung yang orangnya tidak jelas baik/buruknya, di tempat ibadah ini 90% penghuninya adalah orang baik, minimal mereka ingat sama Tuhannya. Jadi ente pasti disambut ramah dan baik kalau kesana.
Bisa juga ente ikut acara kerja bakti, pengajian, atau kegiatan social lainnya dengan ibu/bapak kos. Sukur2 agan bisa macarin anak bapak kos gan, yaaa yu kno lahhh minimal kosan didiskon/makan gratis.
2. Jalan2 pas weekend
Spoiler for 2Spoiler for PicSumberSetelah ente menemukan tempat bernaung/sarang/apalah itu yang nyaman, usahakan jangan hanya berdiam diri di kamar gan! Weekend ente musti keluar di minggu pertama ente di perantauan! Syukur kalau itu menjadi rutinitas ente nanti, karena dengan ente jalan2, ente jadi tau dimana tempat potong rambut, dimana tempat makan murah, dimana tempat belanja murah, dimana tempat rekreasi. Ente juga lebih hafal daerah tersebut, jadi pas ente bergaul sama orang sono minimal ente tau arah dan nyambung kalau diajak ngobrol.
Orang : “Bro itu orang di kemarin ane dari kotamara ada event color run ente kaga ikut?”
Ente : “Dimana itu kotamara?”
*hening*
Ente bakal didiemin selama seminggu lebih!!
3. Sering2 “kepo” untuk menanyakan “asli mana?”
Spoiler for 3Spoiler for PicSumberNah setelah agan melewati step ke 3, ini nih kebiasaan yang harus ente tanamkan kalau ente seorang perantauan. Sering bertanya “Asli mana?”
Ceritanya pas ente weekend ente laper terus mampir ke warung :
Ente : “Pak nasi kuning 1 yaa?”
Penjual : “Iya, lauknya?”
Ente : “Ayam”
Penjual : “Paha, dada, brutu?”
Ente : “Dada, eh bapak asli mana?”
Penjual : “Asli jawa mas”
Ente : “Walah podho pak, jowo pundhi?”
*pas selesai mau bayar*
Ente : “Pinten pak?”
Penjual : “15 mas”
Ente : “Mau iku tambah teh pak”
Penjual : “Wes gratis ae mas, podho podho perantauan.e”
Ente : (pura2 jaim) “Wah ojo pak, gak penak aku”
Penjual : “Wes tah gak popo nyoh!!”
Ente : “Suwun lo pak hehehhe :P”
*skip*
Contoh diatas adalah benar. Seperti itu kurang lebihnya. Jadi lain waktu ente bisa makan lagi disono (minimal dapet minum gra gra gra graaaatissss hehehe)
4. Adain event sama temen kos/temen kerja/temen sekolah/ngampus
Spoiler for 4Spoiler for Pic SumberTips yang keempat ini bonus gan! Kalau ente bisa nglakuin tips ke 4 ini ane yakin ente bakal betah banget tinggal di perantauan. Ente adain even sama temen2 ente, entah mendaki gunung, pergi ke pantai, air terjun, bakar ikan, dll dkk, dengan begitu akan muncul suasana kekeluargaan, dan akhirnya ente punya keluarga kecil di situ
5. Sering bertamu ke rumah/kosan/kontrakan temen (yang sudah kenal)
Spoiler for 5Spoiler for PicSumberIni juga bisa buat alternative ente pas weekend gan, setelah capek keliling2 hafalin jalan enta mampir kerumah temen ente, (minimal dapet snack sama bensinnya ente (minum). Selain itu juga dalam rangka silaturahmi, barangkali doi punya adik/kaka yang bisa ente lirik

6. Ikuti kegiatan yang ada di lingkungan sekitar (lingkungan kerja, lingkungan belajar,
Spoiler for 6Spoiler for PicSumberNah kalau yang ini ente musti aktif gan, ente musti cari info2 sama kenalan ente (setelah melewati tips ke 1-5), lalu setelah itu ente perluas jaringan ente dengan ikut kegiatan2 positif. Misal yang perantauan karena pendidikan, ente bisa ikut BEM, OSIS, Ekstra kurikuler, dll
Yang merantau karena kerja, ente bisa ikut pengajian kantor, bisa ikut futsal, ikut paguyuban dll Dengan begitu ente lebih membaur dengan rekan kerja/teman belajar ente gan

Quote:Demikian thread ini ane buat, kurang lebihnya mohon maaf, kritik dan saran ane arepin banget dari ente admin, mastah, sepuh sekalian. Thanks udah nyempetin mampir ke thread ane semoga bermanfaat Spoiler for BonusQuote:Hikmah Merantau
Sumber

1. Menghilangkan kesusahan (perasaan sumpek)Quote:Ketika dirumah kita sumpek maka dengan bepergian perasaan sumpek itu biasanya cepat hilang,perasaan sumpek biasanya terjadi karena apa yang di rasakan dan di lihat adalah itu-itu saja,dunia itu memang membosankan dan menyumpekkan bila apa yang kita makan,kita hadapi dan yang kita lihat serta urusi selalu sama,maka para pencari ilmupun dihimbau untuk kadang-kadang menghibur diri jarang sampai mencari ilmu membosankan.
2. Mendapatkan bekal hidup (harta)
Quote:Di dalam perantauan kita tidak akan bisa menggantungkan kepada orang lain,segala sesutau kitalah yang menangani,maka didalam perantauan mau tidak mau kita pasti harus bekerja sendiri,dan didalam kondisi seperti itu kita akan bisa mendapatkan suntikan kesemangatan yang tidak bisa kita dapatkan ketika kita di rumah, dan dengan modal kesemangatan inilah kita akan dengan sepenuh hati mencari apa yang kita inginkan, kita bisa lihat betapa kebanyakan orang-orang cina yang ada di daerah kita kebanyakan lebih kaya dari orang asli penduduk kita sendiri.
3. Mendapatkan ilmu,
Quote:Ketika kita berada di daerah sendiri maka mencari ilmu adalah sesuatu yang sangat sulit dan berat sekali,mungkin ketika kita ada di daerah sendiri kita ada kemauan dan kesemangatan mencari ilmu namun gangguan serta rintangan yang di hadapi sering tidak berimbang dengan kemauan dan kesemanagatan kita sendiri, dan karenanya perhatian dan konsentrasi kita sangat terganggu serta ilmu itu sulit kita dapatkan, berbeda dengan bila kita pergi dari rumah untuk mencari ilmu maka perhatian dan konsentrasi kita sepenuhnya tertuju pada pencarian ilmu,dan dengan perhatian serta konsentrasi yang sepenuhnya inilah ilmu akan dengan mudah di dapatkan, oleh karenanya seperti yang kita lihat walaupun seseorang sudah mempunyai pesantren namun anaknya tetap di pesantrenkan kepada pesantren lain.
4. Belajar Tatakrama

Quote:Orang yang dalam perantauan akan bertemu dengan banyak manusia dengan berbagai macam watak dan istiadatnya,maka kita bisa belajar dan mempelajari dari mereka mana yang baik dan mana yang buruk,bila apa yang mereka lakukan kepada kita adalah hal-hal yang menyenangkan maka hal itu akan menyenangkan pula kepada orang lain bila kita lakukan, dan bila apa yang mereka lakukan adalah hal yang menyakitkan maka hal itupun akan menyakitkan orang lain bila kita lakukan.
5. Mencari Teman Sejati
Quote:Teman sejati adalah teman yang bukan hanya ada ketika kita senang saja, dia akan selalu ada ketika kita dalam keadaan apapun,baik susah maupun senang, dia akan sakit bila kita tersakiti,akan senang bila kita mendapatkan kesenangan,dia akan bangga bila kita berada dalam jalan yang benar dan akan menasehati bila kita berada di jalan yang tidak benar. Untuk mencari teman sejati bila kita tidak merantau,maka dari itu ada sebuah makalah ulama, bila engkau mau tahu apakah temanmu adalah teman sejati maka ajaklah dia berkelana, sebab dalam perjalanan berkelana akan tampak semua sifat-sifatnya yang engkau tidak ketahui ketika tidak berkelana.






Apa kata mereka??
Spoiler for BelumQuote:Original Posted By perthmintâ–º
sampe saat ini ane belom merasakan hidup jadi perantau

Quote:Original Posted By dopoj0npen â–º
nice thread gan , ane sebenernya belom pernah merantau jadi bener2 ga bisa ngerasain gmn atsmosfer nya, tapi bisa jadi panduan buat ane isi thread ente gan , btw itu tulisan agan sendiri or dari sumber mana gan

ijin ya om

Quote:Original Posted By Son.ofBeach â–º
Ane bukan perantau , tapi di komplek ane biasanya perantau itu Ikuti kegiatan yang ada di lingkungan sekita + kalo misalnya dia pulkam , pasti ngasih oleh2 tuh ke tetangganya

Quote:Original Posted By bacy98 â–º
ane belom pernah merantau gan

Quote:Original Posted By smartprett â–º
ane masih sekolah gan
belum pernah ngerasain merantau


Spoiler for SudahQuote:Original Posted By inisial32â–º
ane udah 7 tahun jadi perantau di pulau sebrang gan pindah pindah sih

Update :

Plus nya jadi perantau :

1. Bisa tahan mental gan
2. Bisa bahas daerah yang di tempati ( walaupun sedikit-sedikit )
3. Dapet pengalaman budaya, tatak rama yang di tempatin beda beda
4. Punya banyak teman beda suku dan agama

Minusnya :

1. Suka Kangen sama keluarga, makanan, tempat kita dulu
2. Hampa ngejalaninnya meskipun kita sudah banyak kenalan
3. Kalo mau ngobatin rasa rindu, kangen keluarga,makanan, mau pulang mikiri" ongkosnya

Itu sih pengalaman ane hidup di rantau, pulang ke kampung halaman Setahun sekalipas lebaran aja, itupun kalo ada duitnya

Page one gan

HIDUP ANAK RANTAU

Quote:Original Posted By fazalia â–º
ane pernah merantau 6 bln aja gan..
ga betah panasnya..
makanan n bahasanya jg bikin puyeng

Quote:Original Posted By bukanchibi â–º
gw perantau ke salatiga, ya memang semua manusia pasti akan selalu berkembang menyesuaikan diri

Quote:Original Posted By lunar.knight â–º
Ane udh setahun merantau gan .. Suntuk bgt rasanya ..

Quote:Original Posted By armv6 â–º
dulu waktu sekolah ane merantau gan.

Quote:Original Posted By colot_nay â–º
biasanya di perantauan itu selalu ada teman satu daerah gan,ada baiknya kita mencari untuk meminta bimbingan atau bertanya apa saja tentang daerah itu, kebetulan sejak kuliah sampe skrg ane merantau gan

Quote:Original Posted By digitalwave â–º
ane pernah merantau jd buruh kadang suka kgn sm keluarga n temen2 lama gan




--KLIK LOGO UNTUK KE MARKAS KAMI--

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/541285d30e8b461673000006

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)